Mengenal Baia, Kota Penuh Dosa yang Kini Tenggelam di Bawah Laut | Akibat Kutukan?

Default

Jika kota Las Vegas dikenal sebagai kota yang glamor di era modern, maka Baia merupakan versi yang sama pada era kekaisaran Romawi Kuno.

Pasalnya, kedua kota ini juga dijuluki dengan 'surga dunia', sebab di sana lah orang-orang kaya dan berkuasa datang untuk memuaskan nafsu duniawi mereka.

Setidaknya pada 2.000 tahun yang lalu, orang-orang berduit dari Romawi banyak menghabiskan waktu liburan mereka di Baia.

Tentu tujuan utamanya adalah untuk pesta pora sekaligus menikmati kehidupan dunia malam di sana.

Mereka yang punya modal dan kuasa, banyak membangun vila-vila mewah di area pantai, lengkap dengan fasilitas spa dan kolam berlapis mozaik keramik yang indah berkilau.

Salah satu di antaranya bahkan pernah membangun sebuah nymphaeum, yang mana merupakan monumen batu yang bentuknya mirip gua serta dipenuhi patung-patung marmer.

Semua itu dibangun demi memberikan 'kenikmatan duniawi' kepada orang-orang kaya tersebut.

Dengan hasrat duniawi yang ditawarkan kota tersebut, kota yang berjarak 30 kilometer dari Naples itu menjadi magnet tersendiri bagi para jenderal, penyair, dan siapa saja.

Orator besar era Romawi Kuno, Cicero pernah menyusun pidatonya di rumah peristirahatannya di dekat teluk Baia.

Sementara itu, penyair Virgil dan naturalis Pliny juga punya rumah yang letaknya tak jauh dari sana.

Berbicara tentang Baia, maka juga tak akan terlepas dari drama politik yang pernah terjadi di kota tersebut.

"Banyak kisah permasalahan politik yang berkaitan dengan Baia, ujar seorang peneliti," John Smout, seperti dikutip dari BBC, Selasa (13/07/2021).

Rumor yang berkembang menyebutkan bahwa Cleopatra pernah melarikan diri dari Baia setelah Julius Caesar tewas terbunuh pada tahun 44 Sebelum Masehi.

Di Baia pula, Julia Agrippina merencanakan skenario pembunuhan suaminya sendiri, Claudius, agar putranya Nero bisa melanjutkan tahta sebagai Kaisar Romawi.

"Dia meracuni suaminya (Claudius) dengan jamur beracun, namun selamat. Pada malam yang sama, Agrippina menyuruh tabibi membuat ramuan labu manis beracun, dan suaminya pun mati," kata Smout.

Terlepas dari intrik tersebut, iklim yang hangat di Baia membuat banyak masyarakat Romawi Kuno tertarik untuk berkunjung ke sana.

Bahkan Baia juga tak ketinggalan akan perkembangan teknologi yang cukup pesat, misalnya saja seperti penemuan semen tahan air yang dibuat dari campuran gamping dan bautan vulkanis.

Penemuan tersebut akhirnya dimanfaatkan banyak orang untuk membuat kubah-kubah raksasa, fasad atau eksterior marmer, kolam ikan, dan kamar mandi yang mewah.

Kota Baia 64fc7

Namun entah karena kutukan atau peristiwa alami, Baia yang dianggap sebagai 'kota penuh dosa' ini telah melewati berbagai peristiwa vulkanik.

Permukaan tanahnya beberapa kali naik dan turun akibat panas bumi dan gerak seismik, sehingga membuat sebagian besar wilayah Baia terkubur di bawah laut hingga sekarang.

Situs kota kuno yang sekarang tenggalam di bawah laut itu, mulai diperhatikan pada 1940-an. Butuh waktu dua dekade bagi pemerintah Italia untuk memulai penelitian terkait situs tersebut.

Hingga pada 2002, situs sejarah bawah laut itu baru ditetapkan sebagai kawasan dilindungi setelah adanya beberapa temuan penting, termasuk Kuil Venus yang ternyata sebuah pemandian geotermal.

Kini, situs arkeologi ini sudah lebih mudah untuk ditemui. Pergerakan lempeng Bumi membuat situs ini sudah berada di area yang lebih dangkal, yakni hanya kedalaman 6 meter.

Turis pun bisa melihat situs ini langsung dari atas perahu berlantai kaca. Meski begitu, diperlukan izin yang ketat untuk bisa menyelam langsung ke area situs tersebut.

BACA JUGA

Sajikan Konten Kehidupan Desa, YouTuber Ini Raup Rp72 M dan Masuk Guinness World Records

Inget, Nggak? 6 Artis Ini Sering Banget Dapat Peran Jadi ART | Jago Ngelawak Semua!

Download KineMaster Pro MOD APK Terbaru 2021 | No Watermark + Unlimited Feature Unlocked!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Bukan Editan, 5 Penemuan Hewan Berukuran Besar Ini Sempat Bikin Heboh | Gede Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page5 38950
5 Bukti Ilmiah Ini Menunjukkan Keberadaan Benua Atlantis, di Indonesia?
Reruntuhan Desa Curon 69e3a
Bak Atlantis di Dunia Nyata, Desa Ini Kembali Muncul Setelah Tenggelam Selama 7 Dekade
Kota
Ada Kota NERAKA! Ini 12 Kota Paling Aneh di Dunia
Kota Indonesia Internet Paling Ngebut Banner A2965
Bukan Jakarta, Inilah Daftar Kota di Indonesia dengan Internet Paling Ngebut!
Untitled Design 2021 06 15t180002 065 0f220
Cerita Pengusaha Tempe Sukses di AS | Terinspirasi oleh Kota Malang Meski Belum ke Sana
1 3b0d6
Cuma Terkenal Sesaat! 7 Aktor yang Tenggelam Setelah Satu Peran Besar
Tags Terkait: iptek
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal