Mengharukan, Seorang Ayah di Lebak Keliling Kampung Cari Seragam Bekas untuk Anak

Default

Seorang ayah adalah sosok yang berjasa dalam hidup kita. Ia akan berusaha semampunya untuk memberi kasih sayang pada anak-anaknya, sekaligus memastikan semua kebutuhan kita tercukupi.

Itulah yang coba dilakukan oleh seorang ayah di Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, bernama Tanto Gunawan.

Pria 47 tahun ini rela berjalan kaki keliling kampung dan mengetok setiap rumah di sana untuk meminta seragam bekas untuk sang anak.

Barangkali seragam tersebut bisa Tanto beli atau bahkan didapatkan secara gratis. Hal ini terpaksa ia lakukan karena dirinya tak punya uang untuk membeli seragam baru.

Mengutip Dream.co.id, sejumlah sekolah di Kabupaten Lebak memang sudah menggelar kegiatan belajar mengajar tatap muka sejak Senin, 23 Agustus 2021 lalu. Anak-anak bisa datang ke sekolah karena kasus Covid-19 yang mulai menurun.

Tanto Ayah Yang Ketuk Pintu Tiap Rumah Demi Seragam Bekas Dream Co Id 1b28b

Anak Tanto bernama Bagas Panca Wijaya (16) bersekolah di SMKN 1 Bayah. Sekolahnya ini sudah menerapkan sistem tatap muka sehingga ia memerlukan seragam sekolah untuk bisa belajar di sana.

Selama ini Bagas terpaksa mengenakan seragam SMP dulu. Namun sayangnya setelah berkeliling ke beberapa rumah, Tanto belum berhasil mendapatkan seragam yang ia cari.

Kerja sebagai nelayan

Tanto sendiri bekerja sebagai nelayan serabutan dan penambal perahu. Ia memiliki 4 orang anak yang masih sekolah.

Ia merupakan seorang ayah tunggal. Sang istri sudah meninggalkannya. Sehingga hanya ia seorang yang mengurus ketiga anaknya.

"Saya gak punya uang, pak. Butuh seragam sekolah buat anak saya saja di Bagas. Baju bekas saja, asalkan bisa dipakai sekolah," kata Tanto seperti dikutip dari akun Instagram @top_world.id, Senin (30/9/2021).

Tanto mengatakan ia memiliki uang Rp100.000. Tapi uang itu akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya untuk 3 hari ke depan. Tanto terbiasa dibayar dalam 3 hari atau 1 minggu sekali dengan upah yang terbilang kecil.

Tak hanya dialami anak pertama

Mengutip Kompas.com, kisah pilu ini tak hanya dialami Bagas saja. Namun juga dialami sang adik yang bernama Putri Nurhayati (7).

Saat ini Putri memasuki kelas 1 SD. Namun ia belum memiliki seragam. Akhirnya ia terpaksa bergantian mengenakan seragam dengan kakaknya, Teti Nurhayati (9) yang duduk di kelas 3 SD.

"Pakai baju musim saja, atau nanti kalau kakak sudah pulang sekolah, bajunya gantian aku pakai," tutur Putri seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Tanto menyebut sosok anaknya ini memang sangat mengerti dengan kondisi keluarganya. Ia tidak pernah mengeluh dan merengek minta jajan.

Kisah pilu yang dialami Tanto ini berhasil terdengar oleh pihak sekolah tempat Bagas menuntut ilmu.

Pihak sekolah tersentuh dan berjanji akan membantu soal seragam dan keperluan sekolah lainnya. Selain itu, ada juga beberapa pihak lain yang berjanji akan membantu Tanto dan keluarga.

Tanto Dan Keempat Anaknya Kompas Com 5c012

Seperti Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho dan juga para relawan dari Respek Peduli Lebak.

Para relawan ini juga yang sempat memberikan bantuan mendirikan rumah yang kini ditinggali Tanto. Sebelumnya, ia dan keluarganya hanya tinggal di sebuah tenda lusuh.

Viral di media sosial

Kisah pilu Tanto ini tak ayal viral di media sosial. Banyak netizen yang merasa miris dan prihatin dengan kondisi Tanto dan keluarganya ini.

"nilah knp dr kecil gue ga mau coret2 baju seragam pas lulus, di tempatku dlu banyk yg masih blm bisa pake seragam layak lalu aku ksh adek2 itu," komentar akun @angela_Waruwu98.

"kalau anaknya sudah fix masuk di sekolah tersebut, sebenarnya bisa minta bantu ke pihak sekolah untuk menanyakan seragam pada alumni sekolah tersebut. Atau bisa juga dibantu oleh guru2 sekolah tersebut. Seperti di sekolah tempat saya mengajar. Kalau ada siswa baru yang tidak mampu, kami swadaya bersama rekan2 untuk mengumpulkan dana untuk membeli seragam bagi siswa yang kurang mampu. Tinggal komunikasi aja dengan pihak sekolah, insyaAllah mungkin bisa dibantu," tulis akun @miyati_rhose memberikan saran.

BACA JUGA

Mengenal Orang Terkaya di Afrika yang Borong Ribuan Mobil Buatan Indonesia | Pengusaha Muslim Ternama!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Tuyul dan Babi Ngepet Tak Bisa Curi Uang dari Bank

100+ Bio IG Keren, Lucu, & Aesthetic 2021, Followers Auto Nambah!

5 Orang Terkaya yang Terkenal Pelit | Hobinya Pura-pura Miskin!

ARTIKEL TERKAIT
Jika Anak Diasuh Ayah Banner
Ini Jadinya Jika Anak Diasuh Oleh Ayah
D382b3d893a6f1ffd3a7bd7a720f1508
GILA! Ayah Ini Tertangkap CCTV Membunuh Anak Balitanya Sendiri
Konten Pamer Kekayaan Di Tiktok A11bc
Gadis 18 Tahun Ini Beli Rumah Seharga Rp244 M Pakai Kartu Kredit Ayahnya!
Page1 22de1
Ditinggal Ayah Sejak Bayi, Ini Curhatan Reza Rahadian | Ingin Bertemu Lagi!
Jual Anak
Ayah Ini Tega Menjual Anaknya Seharga 20 Juta Dollar di Facebook
Film Kematian Aktor Cilik A3b83
7 Aktor Cilik yang Meninggal Secara Tragis, Ada yang Dibunuh Ayah Kandung?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal