J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Anti Mainstream, 10 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

Minggu, 16 Mei 2021, 10:00 WIB
Bingung mau kuliah apa? Coba simak 10 jurusan anti mainstream di bawah ini. Siapa tahu ada yang cocok untukmu, geng.

Para pelajar yang sedang duduk di bangku kelas 3 SMA tidak hanya galau di dalam memutuskan perguruan tinggi yang hendak dituju, tetapi juga terkait jurusan yang akan dipilih.

Tak jarang calon mahasiswa yang memilih jurusan berdasarkan popularitas atau bahkan sekadar mengikuti sobat karibnya.

Tak heran, setiap tahunnya, jurusan yang populer selalu ramai peminat, bahkan hingga membeludak, tetapi ada pula jurusan yang selalu sepi peminat.

Jika kamu juga bingung untuk memilih jurusan, coba cek jurusan-jurusan langka ini, deh. Mungkin saja sesuai minat dan bakatmu.

Pendidikan dari setiap jurusan anti mainstream ini hanya difasilitasi oleh satu perguruan tinggi di Indonesia, antara lain:

1. Astronomi - Institut Teknologi Bandung

Sebagai seorang mahasiswa astronomi, kamu akan mempelajari seputar benda langit, seperti bintang dan planet dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika, biologi, dan kimia.

Hanya ada satu perguruan tinggi yang memiliki program studi astronomi di Indonesia, yaitu ITB, tepatnya di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB.

FMIPA ITB bahkan menyediakan jurusan Astronomi untuk jenjang S1, S2, dan sampai S3, lho, geng.

Selain itu, kita juga patut berbangga, karena di Asia Tenggara sendiri, ITB ternyata merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang memfasilitasi pendidikan astronomi, geng.

Tak perlu mengkhawatirkan masa depan, karena prospek pekerjaan bagi lulusan astronomi juga sangat luas, geng.

Mulai dari menjadi dosen di perguruan tinggi, menjadi ilmuwan di lembaga penelitian atau lembaga antariksa atau observatorium atau planetarium, bahkan science communicator di media massa.

2. Sastra Belanda - Universitas Indonesia

Mahasiswa yang diterima di jurusan Sastra Belanda akan mempelajari bahasa dan kebudayaan Belanda, mulai dari sejarah, kebiasaan masyarakat, hingga dunia politiknya.

Seperti jurusan sastra pada umumnya, pembelajaran di jurusan anti mainstream ini meliputi linguistik, sastra, sejarah, dan kebudayaan Belanda.

Setelah memperoleh gelar Sarjana Sastra Belanda, lapangan kerja juga terbuka luas untukmu, geng.

Kamu bisa bekerja di Kedutaan Besar Belanda atau Kementerian Luar Negeri. Kemudian, kamu juga bisa bekerja di berbagai perusahaan Belanda baik di Indonesia maupun di Belanda sendiri.

Selain itu, Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia pun membutuhkan arsiparis yang mampu mengurus dokumen dari zaman Belanda, menilai tingkat keberhargaannya, dan menganalisisnya lebih dalam.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadi penerjemah, penulis atau editor buku Bahasa Belanda, guru atau dosen, dan tentunya tour guide bagi turis Belanda yang mengunjungi Indonesia.

3. Teknik Nuklir - Universitas Gadjah Mada

Tak selalu berkaitan dengan perang dan pemusnahan manusia, nuklir juga digunakan sebagai sumber energi.

Energi nuklir bahkan juga digunakan di dalam bidang kedokteran, seperti untuk keperluan radioterapi dan radiodiagnosis.

Di dalam jurusan teknik nuklir sendiri, kamu akan mempelajari ilmu inti atom menggunakan berbagai prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material.

Pembelajaran teknik yang satu ini meliputi perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian, perawatan sistem, komponen fisi nuklir seperti reaktor nuklir dan PLTN.

Perusahaan pertambangan dan perminyakan, seperti Pertamina, PLN, dan PLTN sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir, lho, geng.

Di bidang kedokteran sendiri, Sarjana Teknik Nuklir bisa bekerja sebagai peneliti.

Sayangnya, hingga saat ini, belum banyak lulusan teknik nuklir yang dicetak untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Ilmu Keluarga dan Konsumen - Institut Pertanian Bogor

Nah, jurusan ini akan memberimu pengetahuan terkait 3 hal penting, yaitu: keluarga, anak, dan konsumen.

Ketiga hal itu akan dikaji dari sisi keilmuan dengan tujuan untuk mengembangkan kualitas anak dan memberdayakan keluarga serta konsumen.

Jika kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan dibimbing untuk memberikan advokasi demi meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas dan perlindungan anak, dan pemberdayaan konsumen.

Untuk prospek kerjanya sendiri, kamu bisa bekerja sebagai seorang konsultan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar atau pengelola pendidikan di sekolah, peneliti konsumen, dan bahkan menjadi bagian dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - Universitas Airlangga

Sesuai namanya, jurusan yang baru dibuka oleh Universitas Airlangga pada tahun 2020 lalu ini akan memberikan ilmu pengetahuan tentang robot dan Artificial Intelligence (AI).

Di dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari kombinasi ilmu elektronika, komputer, dan mekanika.

Dengan kombinasi ilmu itu, kamu akan mampu mengembangkan integrasi antara robot dengan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem cerdas yang bisa diaplikasikan ke berbagai bidang.

Lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi data scientist di berbagai perusahaan teknologi yang tersebar di seluruh dunia.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja di berbagai lembaga penelitian milik pemerintah, geng.

6. Sains Atmosfer dan Keplanetan - Institut Teknologi Sumatera

Jurusan yang satu ini akan berfokus pada kajian ilmu sains atmosfer dan astrofisika.

Jadi, kamu akan mengkaji atmosfer antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di bumi, geng.

Selain itu, kamu juga akan mengkaji atmosfer antariksa jauh yang mempelajari hubungan antara matahari dan bumi serta planet-planet lainnya di dalam sistem tata surya.

Setelah lulus, kamu bisa menjadi peneliti di BMKG, LAPAN, LIPI, serta konsultan sistem navigasi, telekomunikasi, dan satelit, geng.

7. Teknik Transportasi Laut - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari perencanaan dan analisis angkutan laut, multimoda, kegiatan dan infrastruktur pelabuhan, serta desain konseptual kapal yang berorientasi internasional.

Mencerminkan sektor transportasi laut, pendidikan yang bersifat multidisipliner ini meliputi teknik perkapalan, kepelabuhanan, logistik, ekonomi, informatika, dan matematika.

Lulusan jurusan ini amat dibutuhkan untuk mengisi kekosongan di bidang industri pelayaran, pelabuhan, logistik dan angkutan multimoda, industri minyak dan gas, bahkan perbankan dan asuransi.

8. Rekayasa Nanoteknologi - Universitas Airlangga

Di dalam jurusan langka ini, kamu akan mempelajari materi yang berukuran nano alias sangat kecil. Kemudian materi ini bisa dimanipulasi untuk menciptakan benda baru sesuai keinginanmu.

Contohnya adalah menciptakan pakaian dengan serat khusus, sehingga membuat penggunanya merasakan kehangatan, di tempat dingin sekalipun.

Setelah lulus, kamu bisa menjadi peneliti di lembaga penelitian, pengusaha di bidang teknologi nanomaterial, tenaga ahli di industri farmasi dan kedokteran, hingga menjadi seorang konsultan mandiri.

9. Manajemen Industri Katering - Universitas Pendidikan Indonesia

Di dalam jurusan yang terkait dengan pariwisata ini, kamu mempelajari pengetahuan dasar bidang kuliner lokal sampai internasional, geng.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari manajemen operasional usaha kuliner, termasuk perencanaan, pengelolaan, dan pemasarannya.

Cocok sekali untuk kamu yang ingin menggeluti bidang kuliner, nih, geng. Bagi kamu yang kurang pro di dalam memasak, tenang saja, karena kamu juga akan diajarkan cara memasak yang baik dan benar.

Setelah lulus, kamu tentu bisa bekerja di berbagai restoran, hotel berbintang, dan bahkan membuka usaha katering sendiri.

10. Teknologi Batik - Universitas Pekalongan

Berlokasi di pusat batik Indonesia, Universitas Pekalongan menjawab kebutuhan lembaga pendidikan untuk pelestarian dan pengembangan batik dengan membuka jurusan teknologi batik pada tahun 2011.

Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan dididik untuk menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaan IPTEK di bidang batik untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Itu berarti kamu juga turut mendukung upaya pemerintah untuk melestarikan, melindungi, dan mengembangkan batik tradisional Indonesia, geng.

Akhir Kata

Itulah 10 jurusan anti mainstream yang hanya difasilitasi oleh 1 perguruan tinggi di Indonesia. Kira-kira mana, nih, yang menarik untukmu, geng?

Sebelum memutuskan untuk memilih suatu jurusan, pastikan kamu memang memiliki kemampuan yang memadai dan minat terhadap jurusan tersebut, yah, geng.

Jangan sampai menyesal karena salah pilih jurusan. Good luck!

Baca juga artikel Ragam atau artikel menarik lainnya dari Brenda Prima.

BACA JUGA

5 Misteri Samudera Pasifik Paling Seram, Ada Monster di Indonesia?

Nonton Film Mortal Kombat (2021) | Ketika Joe Taslim Jadi Villain Super Kuat

Kosmonot China Ketakutan! Ini 7 Hal Aneh Dialami Astronot di Luar Angkasa

Download Higgs Domino MOD APK v1.69 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

5 Perubahan Wajah Artis Indonesia Paling Drastis, Bikin Pangling!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 935a5
5 Artis Indonesia yang Kuliah di Jurusan Anti Mainstream, Salah Satunya Filsafat!
Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa 2983e
15 Laptop Untuk Mahasiswa Sesuai Jurusan, Anak Kuliahan Merapat!
Jurusan Kuliah Paling Susah Di Indonesia Banner 2 5200e
5 Jurusan Kuliah Paling Susah di Indonesia, Bikin Pusing dan Frustrasi!
Kuliah
Bahas Kiamat Hingga Pornografi, 8 Mata Kuliah Ini Sangat Unik dan Aneh!
Banner Daftar Kuliah Gokampus F7133
Efek COVID-19, Daftar Kuliah di Kampus Lokal Bisa Lewat Aplikasi!
Mahasiswa Wajib Masuk 7 Aplikasi Kuliah Online Terbaik Untuk Nambah Ilmu Afe9d
Mahasiswa Wajib Masuk! 7 Aplikasi Kuliah Online Terbaik untuk Nambah Ilmu
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal