Mengenal Ambergris, Muntahan Paus Bernilai Miliaran Rupiah yang Langka dan Bikin Kaya

Default

Pada akhir bulan Februari lalu, seorang wanita di Thailand menemukan bongkahan padat berwarna kekuningan saat dirinya sedang berjalan menyusuri pantai.

Menurut berita Kompas, bongkahan tersebut berukuran 30 centimeter dengan bobot 6,8 kilogram yang perlahan meleleh ketika dibakar, tapi mengeras kembali pada suhu normal.

Wanita bernama Siriporn Niamrin tersebut awalnya tidak mengetahui bahwa benda itu adalah ambergris sebelum diberi tahu oleh salah seorang tetangganya.

Penemuan Ambergris Eb41a
Sumber foto: Kompas

Apabila gumpalan tersebut benar-benar ambergris atau muntahan paus, maka dirinya bisa-bisa menjadi milyarder dalam semalam dengan memperoleh 3,7 miliar rupiah untuk menemukan ambergris sebesar itu.

Sebenarnya apa sih, benda bernama ambergris ini? Mengapa harganya bisa sangat tinggi? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut!

Seputar Ambergris atau Muntahan Paus

Menurut Business Insider, ambergris, ambergrease, atau grey amber adalah muntahan paus yang berupa zat padat berlilin yang mudah terbakar dan diproduksi dalam sistem pencernaan paus sperma.

Perlu diketahui bahwa ambergris sangat langka karena hanya ada satu persen dari 350.000 paus sperma jantan yang dapat memproduksinya, geng.

Biasanya ambergris berwarna abu-abu kusam atau kehitaman, ada juga yang sebagian besar bongkahannya berwarna kekuningan.

Bongkahan Ambergris 40c98

Zat lilin tersebut diproduksi oleh sistem pencernaan paus sperma untuk melindungi ususnya dari paruh tajam cumi-cumi yang biasa dimangsanya.

Waktu demi waktu, zat lilin terus menerus terbentuk di dalam pencernaan paus sebelum dikeluarkan bertahun-tahun setelahnya.

Meski terbentuk dalam usus paus, ambergris tidak dikeluarkan melalui proses ekskresi - sesuai namanya, ia dimuntahkan oleh paus pada saat-saat tertentu.

Ambergris memang harus dikeluarkan oleh paus karena gumpalan itu bisa membuat usus besar paus membesar hingga lima kali lipat dan menyebabkan kematian - seperti dikutip dari Kompas.

Pemanfaatan Ambergris C8a70

Pada saat dikeluarkan, ambergris berbau amis dan mirip kotoran, tetapi seiring berjalannya waktu baunya akan berubah menjadi manis dan memiliki bau khas seperti tanah.

Benda yang juga digambarkan sebagai "emas terapung" ini sering ditemukan mengambang di permukaan laut atau teronggok begitu saja di garis pantai - seperti kasus di atas.

Terkadang, ambergris juga ditemukan di perut paus sperma yang sudah mati.

Karena ambergris sangat jarang dan sulit untuk ditemukan, pada abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-19 manusia sering sekali membunuh paus sperma untuk mencari ambergris.

Perburuan Paus 6d364

Perburuan terhadap seluruh jenis paus akhirnya dilarang sebagai akibat dari menurunnya populasi paus - khususnya paus sperma - yang diburu manusia.

Di masa sekarang, ambergris umumnya ditemukan secara tidak sengaja dan biasanya ditemukan di Samudra Atlantik dan di pantai Afrika Selatan, Brasil, Madagaskar, Hindia Timur, Maladewa, Cina, Jepang, India, Australia, Selandia Baru, dan Kepulauan Maluku.

Sementara itu, sebagian ambergris yang dikumpulkan secara komersial berasal dari kepulauan Bahama, bahkan di sana pernah ditemukan ambergris yang telah membatu sejak 1,75 juta tahun lamanya.

Kegunaan Ambergris dan Harga Jual yang Fantastis

Pasti kamu penasaran banget apa kegunaan ambergris hingga diburu habis-habisan dan memiliki harga jual yang sangat tinggi, kan?

Muntahan paus ini ternyata adalah komoditas berharga bagi industri parfum dan kosmetik karena aroma yang dihasilkannya.

Hal tersebut karena ambergris mampu mengikat aroma parfum, khususnya parfum dengan aroma langka seperti musk agar wanginya menjadi lebih tahan lama.

Ambergris Untuk Parfum F5865

Pakar parfum dunia juga sangat menyenangi sifat ambergris yang dapat larut dengan mudah dalam banyak jenis cairan dan minyak, ditambah penguapannya cenderung lambat.

Disamping kegunaannya dalam bidang kosmetik, pada abad pertengahan ambergris juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran makanan dan minuman.

Masih ada lagi manfaat ambergris, yaitu sebagai obat sakit kepala, pilek, epilepsi, dan berbagai penyakit lainnya.

Peran ambergris dalam produksi wewangian saat ini sudah secara luas digantikan oleh ambroksida sintetis untuk menjaga populasi paus sperma.

Lantas, berapa harga ambergris?

Menurut sebuah artikel The Conversation tahun 2016, bongkahan ambergris dengan bobot 1,57 kilogram bisa dihargai sekitar 71.000 dollar AS atau 1,01 miliar rupiah!

Sayangnya, beberapa oknum yang tergiur dengan kekayaan instal ini nekat membunuh paus demi mencari 'harta karun' tersebut.

Hukum Penjualan Ambergris di Berbagai Negara

Menurunnya populasi paus sperma secara signifikan akibat perburuan hingga abad ke-19 membuat Komisi Perburuan Paus memberlakukan larangan perburuan paus pada tahun 1982.

Namun, meski perburuan paus sudah sangat jarang terjadi dan ambergris ditemukan secara tak sengaja, banyak negara melarang perdagangan ambergris sebagai bentuk pelarangan secara menyeluruh.

Hukum Penjualan Ambergris 33dee

Beberapa negara yang mengkategorikan penjualan ambergris sebagai tindakan ilegal adalah Australia dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Inggris, Prancis, Swiss, dan Maladewa menganggapnya sah-sah saja bila memang penemuannya bukan dilakukan dengan cara yang dilarang oleh hukum.

Akhir Kata

Nah, itulah kira-kira pengetahuan seputar ambergris, muntahan paus yang sangat langka dan berharga!

Kalau lagi jalan-jalan di pantai dan menemukan bongkahan yang mirip-mirip ambergris, jangan dilewat begitu saja geng, siapa tau kamu memang lagi beruntung! Hihi.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

9 Unsur Indonesia di Film Raya and the Last Dragon | Bikin Bangga Kita Semua!

5 Netflix Luncurkan Fast Laugh Untuk Ngakak Instan, Tampilannya (Lagi-lagi) Mirip TikTok!

Waduh! Roket SpaceX untuk ke Mars Meledak saat Mendarat, Elon Musk Gagal?

Orangutan Sumatera yang Terancam Punah, Dikabarkan Melahirkan di AS!

ARTIKEL TERKAIT
Paus Terdampar Di Madura Banner Bc31a
52 Paus Terdampar di Pantai Madura Jadi Fenomena Langka, Apa yang Terjadi?
Makhluk Paling Berbahaya Di Bumi Banner B3945
7 Makhluk Paling Berbahaya di Muka Bumi | Ada yang dari Indonesia!
Hewan Laut Dalam Paling Mengerikan 96067
7 Makhluk Paling Mengerikan yang Hidup di Laut, Dianggap Alien Saking Seremnya!
Untitled Design 2021 02 06t202403 222 Fc106
7 Makhluk Raksasa yang Hidup di Laut, Lebih Besar dari Kamar Kamu!
Fosil Megalodon Dan Hewan Purba Ditemukan Di Sukabumi Banner 4926e
Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi, Dulunya Lautan?
Fdd2ef6ff672a60ee1e1ee45e923303a
Jadi Persembunyian Monster Raksasa?! 5 Misteri Laut Dalam yang Perlu Kamu Ketahui
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal