J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Telah Berpulang, Ceramah 6 Ustaz ini Akan Selalu Dikenang Saat Ramadhan

Selasa, 13 Apr 2021, 15:45 WIB
Indonesia memiliki banyak ustaz terkenal. Di antaranya adalah ada yang sudah berpulang ke Maha Pencipta. Simak selengkapnya di artikel berikut.

Dalam agama Islam, ada sejumlah orang yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menyampaikan ceramah atau dakwah berisi syiar agama kepada masyarakat. Salah satunya adalah ustaz.

Ustaz-ustaz ini menyampaikan ceramahnya melalui berbagai tempat. Ada yang menyampaikan ceramahnya di masjid dan ada pula yang melalui TV yang bisa menjangkau banyak orang, sehingga menjadi terkenal.

Dari ustaz-ustaz terkenal yang ada di Indonesia, sebagian di antaranya telah berpulang ke hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ada yang dikarenakan sakit dan ada pula yang karena kecelakaan.

Berikut adalah 6 ustaz yang selalu dikenang oleh jutaan masyarakat Indonesia berkat ceramah-cermahnya yang menyejukan dan memotivasi.

1. Kiai Haji Zainuddin MZ

Kiai Haji Zainuddin MZ 55dfd
Sumber foto: Republika.co.id

Kiai Haji Zainuddin MZ lahir di Jakarta pada 2 Maret 1952. Kiprah berceramahnya dimulai pada 1971 di mana dia jadi penceramah dari kampung ke kampung dan menjadi juru kampanye Nahdatul Ulama (NU).

Pendakwah yang punya julukan Dai Sejuta Umat ini mulai merekam ceramah-ceramahnya pada tahun 1975. Kala itu, dia dikontrak oleh perusahaan rekaman Virgo Record & Naviri Record.

Zainuddin MZ semakin dikenal banyak orang pada tahun 1977. Dia pun didapuk menjadi juru kampanye oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Lantas pada tahun 1990-an, Zainuddin MZ kerap mengisi ceramah di TV. Tidak jarang pula, dia selalu muncul dalam iklan TV.

Dalam sebuah iklan, Zainuddin MZ berpesan:

Hakikat puasa adalah membentuk manusia yang bertakwa. Intinya pengendalian diri, agar kita terhindar dari sifat-sifat tercela, sekaligus memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

Gaya berceramah Zainuddin MZ juga sangat khas. Dia selalu menggunakan pertanyaan, "Betul?" yang pernah ditiru oleh pelawak, Kiwil, dan bahkan pandai membuat orang tertawa dengan ceramahnya.

Zainuddin MZ meninggal dunia pada tanggal 5 Juli 2011 karena beberapa komplikasi penyakit seperti gula darah dan serangan jantung.

2. Ustaz Cepot

Ustad Cepot 6ee00
Sumber foto: Instagram.com/ustad_solmed

Ustaz yang memiliki nama lengkap KH Ahmad Ihsan ini lahir di Tangerang, pada 9 April 1958.

Dia dikenal dengan ceramah yang selalu jenaka dan menghibur masyarakat karena penampilan, gaya bahasanya mirip Cepot saat diperankan sang dalang.

Dari cara tertawa, nada suara, begitu mirip cepot. Saat berdakwah Ustaz Cepot selalu membawa tongkat. Sehingga tidak heran bila orang menyebut dia sebagai Ustaz Cepot.

Dalam menyampaikan ceramah, nasihat atau wejangan, tidak sedikit para penonton di dalam studio TV maupun di rumah dibuat tertawa terpingkal-pingkal.

Ustaz Ahmad Ihsan menikahi seorang perempuan asal Pruworejo bernama Ruqoyyah pada 1995. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai 5 orang anak.

Pada tahun 2001, Ahmad Ihsan mendirikan Pondok Pesantren Ibadurrahman. Lalu tahun 2006 menjadi awal dakwahnya di TV dan dikenal luas oleh masyarakat.

Ustaz Cepot meninggal dunia karena menderita radang usus pada hari Senin, 27 Agustus 2018, di RSCM Kencana, Jakarta.

3. Ustaz Arifin ilham

Ustad Muhammad Arifin Ilham 55833
Sumber foto: Dream.co.id

Arifin Ilham adalah salah satu ustaz dan dai yang cukup terkenal. Dia memiliki gaya ceramah yang tenang dan suara serak yang ciri khas sehingga membuatnya dicintai oleh banyak umat muslim.

Salam ceramah atau dakwahnya, Ustaz Arifin sering membuat orang yang hadir tersentuh dan menangis karena larut dalam haru. Dia selalu mengajak jemaah untuk bersalawat dan mengingat dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia dalam usia 49 tahun pada 22 Mei 2019 di salah satu rumah sakit di Malaysia akibat mengidap kanker nasofaring dan kelenjar getah bening.

4. Kiai Haji Maimun Zubair (Mbah Moen)

Mbah Moen 15840
Sumber foto: Liputan6.com

Lahir pada 28 Oktober 1928, Kiai Haji Maimun Zubair yang biasa disebut Mbah Moen adalah putra ulama Kiai Zubair, seorang alim dan fakih, murid dari Syaikh Said al-Yamani dan Syaikh Hasan al-Yamani al-Makky.

Mbah Moen muda meninggalkan kampung halaman di Rembang, Jawa Tengah, menuju Mekkah, Arab Saudi, untuk belajar mengaji. Di sana, dia dibimbing oleh banyak ulama. Di antaranya seperti Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki, Syekh al-Imam Hasan al-Masysyath, dan Sayyid Amin al-Quthbi.

Mbah Maimun juga belajar mengaji di beberapa ulama dan pesantren di tanah Jawa. Salah satunya adalah Pesantren Lirboyo, Kediri, di bawah bimbingan Kiai Abdul Karim.

Mungkin tak sesohor para ustaz di TV, Mbah Moen dikenal sebagai seorang alim, fakih, muharrik (penggerak), dan menjadi rujukan ulama Indonesia dalam bidang fiqh dan ushul fiqh yang didalaminya.

Al-Ulama Al-Mujaddidun adalah salah satu kitab yang pernah ditulisnya dan menjadi rujukan para santri. Mbah Moen tutup usia pada 6 Agustus 2019 saat tengah melaksanakan ibadah haji.

5. Ustad Jefri Al Buchori

Jefri Albuchori A7147
Sumber foto: Twitter

Ustaz beken yang akrab disapa Uje ini lahir di Jakarta, pada 12 April 1973. Dia memiliki nama lengkap Jeffry Al Buchori Modal.

Sebelum menjadi penceramah, Uje sempat melewati proses kehidupan yang berliku. Sejak kecil, dia menyukai pelajaran agama mengingat lingkungan keluarganya yang taat agama.

Namun, menginjak remaja, Uje mulai nakal dan berulah. Dia sering kabur dari pesantren demi main atau nonton di bioskop. Semasa SMA, dia semakin nakal dan mulai mengenal narkoba dan dunia malam (diskotik, miras, serta perempuan malam).

Tahun 1990, Uje mulai mengenal dunia film dan pernah membintangi sinetron "Pendekar Halilintar".

Saat ayahnya meninggal dunia pada tahun 1992 karena sakit, Uje semakin keras kepala dan makin tenggelam dengan narkoba dan jauh dari Tuhan.

Hingga pada suatu hari, mimpi soal kematian dan penyiksaan pun menyadarkannya. Dia selalu bermimpi melihat jasadnya sendiri dalam kain kafan.

Hal tersebut pun mengubah Uje menjadi baik. Hingga akhirnya dia diminta oleh kakak keduanya Fathul Hayat untuk menggantikannya memberi khotbah Jumat di Mangga Dua. Semenjak itu, dia menjadi ustaz hingga akhir hayatnya.

Uje meninggal di usia 40 tahun karena kecelakaan tunggal pada Jumat dini hari, 26 April 2013. Meski sudah tiada, petuah dan pelajarannya masih dikenang masyarakat dan umat.

6. Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber 6ea16
Sumber foto: Tempo.co

Ali Saleh Muhammed Ali Jaber atau biasa dipanggil Syekh Ali Jaber adalah pendakwah sekaligus ulama dari Madinah, Arab Saudi. Dia lahir pada tanggal 3 Februari 1976.

Selama belajar agama, dia rutin mengajar dan berdakwah ke mana-mana, khususnya di tempat di mana ia tinggal, di Masjid tempat Ayahnya menyiarkan Islam dan ilmu Al-Qur'an.

Syekh Ali Jaber juga aktif sebagai guru hafalan Al-Qur'an di Masjid Nabawi dan menjadi imam shalat di salah satu Masjid di Madinah.

Pada tahun 2008, Syekh Ali Jaber menikahi Umi Nadia, wanita asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dia dan istrinya dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Hasan.

Sejak saat itu, dia mulai berdakwah di Indonesia dan terkenal di masyarakat Indonesia karena ceramah yang disampaikannya menyejukkan, terperinci, dan menggunakan ayat Al-Quran dan Hadits.

Lalu pada 2012, Syekh Ali Jaber resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun, perjuangan Syekh Ali Jaber untuk menyebarkan kebaikan agama Islam terhenti di usia 45 tahun. Pasalnya pada hari Kamis, 14 Januari 2021, dia meninggal dunia di RS Yarsi Jakarta, usai dinyatakan negatif COVID-19.

Akhir Kata

Itulah beberapa ustaz dan dai yang sudah meninggal dunia. Meskipun begitu, ceramah-ceramah menyejukannya soal agama akan tetap dikenang oleh masyarakat, khususnya umat muslim.

Yuk, mari kita doakan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa mengampuni dosa-dosanya dan menempatkan mereka di tempat yang terbaik. Amin.

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Andri Alfansyah.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 19t133744 593 E93fc
5 Artis Ini Putuskan Jadi Ustadzah, Dedikasikan Hidup Untuk Berdakwah
Hukum Keluar Dari Grup Whatsapp
Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Keluar Dari Group WhatsApp?
Hukum Menelan Ludah Pacar
Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menelan Ludah Saat Puasa?
Mudik Dalam Islam 3
Ustadz Jaka: Hukum Mudik Saat Lebaran
Hukum Update Status Sosial Media Puasa 3
Ustadz Jaka: Apakah Amalan Puasa Hangus Gara-gara Update Status?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal