J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Apa itu Wi-Fi 6? Lebih Ngebut dan Lebih Aman dari 5G?

Selasa, 12 Mar 2019, 19:00 WIB
Wi-Fi 6 sedang dipersiapkan untuk dirilis di akhir tahun 2019. Berikut penjelasan mengenai Wi-Fi 6.

Ngerasa kalau Wi-Fi kamu lemot banget padahal sudah pakai paket internet unlimited? Kamu pernah mendengar bahwa akan ada teknologi Wi-Fi 6 yang akan hadir di tahun ini?

Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata internet cepat memang dibutuhkan oleh semua orang, termasuk berkembangnya teknologi Wi-Fi.

Sebenarnya agak sedikit teknis untuk membahas apa itu Wi-Fi 6. Tetapi sebagai penikmat teknologi ter-update kamu perlu tahu apa itu Wi-Fi 6 yang sedang ramai dibahas oleh banyak orang akhir-akhir ini.

Penasaran apa saja yang harus kamu ketahui mengenai Wi-Fi 6? Berikut penjelasannya!

Apa itu Wi-Fi 6 dan Hal-Hal yang perlu kita ketahui!

Wifi 6 52bdd

WiFi 6 merupakan generasi penerus dari generasi Wi-Fi sebelumnya yang sudah ada (Wi-Fi 5). WiFi 6 merupakan versi terbaru yang dikenal dengan 802.11ax. Wi-Fi 6 diperkirakan akan muncul pada akhir tahun 2019 dan bisa dinikmati mulai tahun 2020.

Penerus Generasi Wi-Fi

Aturan dan peciptaan mengenai Wi-Fi 6 ini dicetuskan oleh The Wi-Fi Alliance, selaku badan resmi yang menciptakan, mengembangkan, dan membuat standarisasi mengenai Wi-Fi di seluruh dunia.

Artinya, setiap generasi Wi-Fi yang ada di dunia saat ini ditentukan dan dikembangkan oleh The Wi-Fi Alliance. Dalam 10 tahun kebelakang, setidaknya teknologi Wi-Fi sudah berkembang sebanyak tiga kali.

  • 802.11n (2009) = Wi-Fi 4
  • 802.11ac (2014) = Wi-Fi 5
  • 802.11ax (upcoming) = Wi-Fi 6

Penamaan tiap Wi-Fi memang sengaja dibuat berbeda agar dapat membedakannya antara Wi-Fi generasi x dengan Wi-Fi generasi y. Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk ketika ada orang yang menyebut Wi-Fi 5 = 802.11ac.

Memuat Lebih Banyak Perangkat dan Lebih Cepat

1 8ea42

Wi-Fi 6 tentu akan mendapat pemutakhiran dalam hal kecepatan transfer data yang dijamin lebih cepat. Diperkirakan WiFi 6 akan memiliki data transfer lebih tinggi 40% dibanding WiFi 5.

Wi-Fi 6 juga akan dibekali kemampuan MIMO (Multiple In/Multiple Out) yang lebih baik. Sejumlah antena tambahan akan disertakan pada perangkat Wi-Fi 6, sehingga setiap akses jaringan mampu bekerja dengan banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Wi-Fi 5 sebenarnya bisa membuat akses jaringan dapat berbicara dengan perangkat lain secara bersamaan. Namun, tidak dapat menerima respon secara bersamaan.

Pembaharuan di Wi-Fi ini kemungkinan akan sangat berguna ketika IoT sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Lebih Efisien

Kalau kamu penggemar game dengan kualitas super HD, pasti akan merasa senang dengan kehadiran Wi-Fi 6 ini. Bandwidth keseluruhan per pengguna yang terhubung dengan Wi-Fi 6, cocok untuk video Game ultra-HD dan streaming virtual reality.

Wi-Fi 6 memiliki jangkauan maksimal titik akses (access point) yang lebih tinggi dan bisa 4x lebih jauh dibandingkan dengan Wi-Fi 5. Wi-Fi 6 juga dianggap cocok untuk lingkungan outdoor dan dijadikan Wi-Fi Publik.

Wi-Fi 6 mampu mengelola koneksi data dari jaringan seluler jika sinyal yang diterima buruk, sehingga koneksi di Wi-Fi 6 bisa lebih maksimal.

Oh iya, patut digaris bawahi, Wi-Fi 6 tidak terkait langsung dengan Teknolgi 5G yang kemungkinan hadir di akhir tahun 2019 ini juga. 5G lebih fokus pada kecepatan internet dan Wi-Fi 6 lebih pada hal pendistribusian.

Bisa Menghemat Baterai

Wifi 6 F639c

Sebenarnya ada lebih dari 50 teknologi baru yang akan berubah dari Wi-Fi 5 ke Wi-Fi 6, salah satunya adalah mengenai penghematan baterai yang mungkin akan terjadi.

Secara sederhana, Wi-Fi 6 memungkinkan perangkat smartphone, laptop atau perangkat lainnya yang terhubung dengan Wi-Fi 6 menjadi "lebih pintar" karena bisa memberi sinyal otomatis kapan perangkat tersebut harus terhubung Wi-Fi, kapan harus terputus dengan jaringan Wi-Fi.

Jadi, kalau kamu merasa ribet harus download aplikasi penghemat baterai di Android atau iPhone kamu, masalah ini akan terselesaikan jika teknologi Wi-Fi 6 sudah benar-benar ada.

Video: Ini Keunggulan Wi-Fi 6 yang Kamu Wajib Tahu

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Wi-Fi 6 yang perlu kamu ketahui. Sampai saat ini sih, belum ada kepastian kapan Wi-Fi 6 muncul di Indonesia.

Kira-kira bakal secepat apa ya kalau Wi-Fi 6 sudah benar-benar ada di Indonesia?

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengetahui Pencuri Wifi Banner
Cara Mengetahui Siapa Saja yang Sedang Mencuri WiFi Kamu
Bahaya Wifi
10 Bahaya WiFi untuk Kesehatan Manusia, Termasuk Merusak SPERMA!
Negera Koneksi Wi Fi Tercepat Di Dunia
20 Negara Ini Punya Koneksi Wi-Fi Tercepat di Dunia
Cara Setting Proxy Wi Fi Di Android Banner
Cara Setting Proxy Wi-Fi di Android
Cara Ubah Android Menjadi Wifi Hotspot Portable
Cara Ubah Android Menjadi Wi-Fi Hotspot Portable
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Sering Pakai, Kamu Tahu Enggak Kepanjangan dari Wi-Fi?
Sering Pakai, Kamu Tahu Enggak Kepanjangan dari Wi-Fi?
Inilah Perbedaan Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz, Mana Lebih Kencang?
Inilah Perbedaan Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz, Mana Lebih Kencang?
Daftar Harga Pasang Wi-Fi Terlengkap 2020 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)
Daftar Harga Pasang Wi-Fi Terlengkap 2020 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)
Hari Wi-Fi Sedunia, Google Rayakan Internet Cepat Gratis Bersama Semua!
Hari Wi-Fi Sedunia, Google Rayakan Internet Cepat Gratis Bersama Semua!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal