J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Sutradara Terbaik Asal Indonesia, Berprestasi Level Internasional!

Jumat, 30 Agt 2019, 18:00 WIB
Sebuah film yang berkualitas bersumber dari tim produksi yang baik, begitu juga dengan sutradara terbaik Indonesia ini yang memiliki karya yang mendunia!

Apakah kamu suka menyaksikan film Indonesia? Siapa sutradara yang menciptakan film kesukaanmu?

Menonton film adalah salah satu hiburan yang sangat menarik, entah itu sendiri atau bersama teman. Namun, penonton biasanya tidak memerhatikan siapa orang dibalik pembuatan film tersebut.

Kebanyakan orang hanya mengingat aktor tampan atau cantik yang ada dalam film. Padahal, tanpa adanya tim produksi maka tokoh dalam film tidak akan tercipta.

Salah satu yang sangat berpengaruh dalam pembuatan film adalah sutradara. Berikut adalah sejumlah sutradara film asal Indonesia terbaik dan bertalenta. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Sutradara Terbaik Asal Indonesia, Kurang Diapresiasi!

Sutradara atau pembuat film adalah seorang yang bertugas untuk mengarahkan film sesuai dengan skrip yang telah disetujui. Sutradara juga bertanggung jawab atas aspek kreatif pembuatan film.

Wajarnya, sutradara mengontrol segala teknis seperti gerakan kamera dan pencahayaan. Serta mengatur segala hal yang ada di dalam frame kamera agar tercipta gambar yang diinginkan.

Umumnya, apa yang kamu saksikan dalam sebuah film adalah arahan dan standar dari sang sutradara. Sehingga sutradara adalah salah satu bagian terpenting dalam proses pembuatan film.

Tak semua sutradara dapat mengarahkan film dengan baik, hanya beberapa orang saja yang dapat menciptakan film berkualitas dan seru untuk disaksikan. Salah satunya adalah Alfred Hitchcock.

Namun, Indonesia juga memiliki sejumlah sutradara bertalenta yang sudah mengarahkan film terbaik di kelasnya. Siapa saja mereka?

1. The Mo Brothers

Sutradara Terbaik Asal Indonesia 1 24ca9

Pertama adalah The Mo Brothers yang merupakan kolaborasi antara Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto. Mereka telah mengarahkan sejumlah film dengan tema yang cukup gore.

Salah satu karya terbaiknya adalah film-film thriller seperti Rumah Dara dan Killers, selain itu tiap dari mereka juga memiliki karya film sendiri yang gak kalah kecenya.

Debut film mereka ada dalam Takut: Faces of Fear yang dirilis pada 2008 bernama Dara yang diangkat menjadi film terpisah dengan nama Rumah Dara.

2. Joko Anwar

Sutradara Terbaik Asal Indonesia 2 3a418

Kamu suka dengan film Pengabdi Setan (2017)?

Jika iya, kamu harus tahu orang dibalik pembuatan film horor Indonesia tersebut. Ia adalah Joko Anwar asal Medan yang sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan bergengsi.

Ia memiliki karya film horor yang sangat mencekam, melebihi level sekelasnya di Indonesia. Selain Pengabdi Setan, ia juga pernah mengarahkan film pendek berjudul A Mother's Love.

Film terbarunya yang tayang di bioskop adalah Gundala, sebagai salah satu film superhero Indonesia dari Bumi Langit Cinematic Universe. Mantap!

3. Riri Reza

Sutradara Terbaik Asal Indonesia 3 Af7c2

Selanjutnya adalah Mohammad Rivai Riza atau Riri Reza yang dikenal dari film Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi. Debut filmnya adalah Kuldesak yang dirilis pada 1998.

Ia sering berkolaborasi dengan sahabatnya, Mira Lesmana dalam membuat film seperti Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Laskar Pelangi. Sutradara ini sangat legendaris di Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang ia terima seperti sutradara terbaik Festival Film Indonesia 2016, Asian Film Festival 2013, Festival Film Bandung 2008, dan lainnya.

4. Mira Lesmana

Sutradara Terbaik Asal Indonesia 4 Ead54

Mira Lesmana adalah sahabat dekat Riri Reza yang juga memiliki karya film yang sangat menarik seperti Ada Apa Dengan Cinta? dan Pendekar Tongkat Emas.

Debut film pertamanya adalah Kuldesak sebagai sutradara dan memiliki sebuah rumah produksi bernama Miles Productions. Wanita asal Jakarta ini pun memiliki sejumlah penghargaan bergengsi.

Ia sempat memenangkan Piala Hendrick Gozali untuk Sosok Maestro Perfilman Indonesia, Piala Citra untuk Film Cerita Panjang Terbaik, dan lainnya.

5. Nia Dinata

Sutradara Terbaik Asal Indonesia 5 483cf

Siapa bilang sutradara terbaik tidak bisa berdandan dengan baik?

Buktinya Nia Iskandar Dinata atau Nia Dinata adalah salah satu sutradara Indonesia dengan paras yang rupawan. Ia dikenal sebagai seorang sutradara yang beberapa kali mendapat penghargaan.

Ia dikenal sebagai seorang sutradara terbaik untuk film komedi romantis Indonesia seperti Arisan! dan Janji Joni. Debut pertamanya adalah Ca Bau Kan yang dirilis pada 2002.

Nia Dinata sempat mendapat sejumlah penghargaan seperti Citra Award for Best Film 2014, Best Director MTV Indonesia Movie Awards 2014, dan Best Feature Hawaii International Film Festival 2006. Nice!

6. Angga Dwimas Sasongko

Sutradara Terbaik Asal Indonesia 6 26f6a

Nah, kalau Angga Dwimas Sasongko ini adalah seorang sutradara asal Indonesia yang berkali-kali berhasil membuat film ternama seperti Filosofi Kopi dan Wiro Sableng 212 (2018).

Pria asal Jakarta ini memulai debutnya pada 2006 dengan film berjudul Foto Kotak dan Jendela saat masih berusia 21 tahun. Sejak itu, ia mengarahkan film lainnya dan mendapat sejumlah penghargaan.

Penghargaan tersebut di antaranya adalah nominasi Sutradara Terbaik FFI (Festival Film Indonesia) 2010 dan Sutradara Terpuji FFB (Festival Film Bandung) 2015.

7. Hanung Bramantyo

Sutradara Terbaik Asal Indonesia 7 53f14

Terakhir adalah Hanung Bramantyo yang merupakan sutradara terbaik yang mendapat banyak penghargaan karena karya filmnya yang melegenda.

Ia memulai debut filmnya pada tahun 2000 yang berjudul Topeng Kekasih, lalu terus membuat film lainnya setiap tahun. Film terbaiknya adalah Brownies, Jomblo, dan Ayat-Ayat Cinta.

Dalam perjalanannya menjadi sutradara, ia mendapat sejumlah penghargaan seperti Sutradara Terbaik dan Terpuji dari Piala Citra serta Film Festival Bandung.

Akhir Kata

Itu dia sutradara terbaik asal Indonesia yang bertalenta dan mampu menciptakan film berkualitas. Mana sutradara yang paling kamu sukai?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film Indonesia atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT
Rekomendasi Film Indonesia F9247

30 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Update 2020)

Untitled 1 E8a81

15 Film Action Indonesia Terbaik & Terbaru 2020 | Lebih Kece dari Hollywood!

Film Indonesia Yang Go International Banner 11c0b

Bikin Bangga! Inilah 7 Film Indonesia yang Go International

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Warkop Dki Banner A2e44

10 Film Warkop DKI Paling Lucu yang Wajib Ditonton Saat Liburan!

Film Islam Indonesia Banner B14d9

11 Film Islam Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Sangat Menyentuh Hati!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Film Terbaik Indonesia

Film Terbaik Indonesia

10 Film Jadul Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Gak Mengecewakan!

10 Film Jadul Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Gak Mengecewakan!

Bikin Bangga! Inilah 7 Film Indonesia yang Go International

Bikin Bangga! Inilah 7 Film Indonesia yang Go International

10 Situs Download Film Indonesia Terlengkap dan Terbaru 2019

10 Situs Download Film Indonesia Terlengkap dan Terbaru 2019

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal