Nyatanya, Ahok Lebih Sering Diperbincangkan Daripada Anies! Calon Menang?

Default

Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendominasi pembicaraan dan pemberitaan media sebanyak 64 persen dibanding cagub Anies Baswedan yang meraih 36 persen pembicaraan serta pemberitaan menurut hasil riset terbaru periode 10-20 Maret dari Isentia, perusahaan media monitoring asal Australia, melalui kantor perwakilannya di Jakarta.

Monitoring ini telah dilakukan di semua bentuk media, baik media tradisional maupun media sosial. Total pembicaraan dan pemberitaan yang menyangkut cagub-cawagub DKI Jakarta putaran kedua pada periode ini adalah 467.354.

BACA JUGA
  • 3 Game PALING SERU Bertemakan PILKADA Karya Anak Bangsa

Ahok Lebih Sering Diperbincangkan Daripada Anies! Calon Menang?

Infografik Ahok

Sumber foto: Foto: Isentia

Dari hasil yang ditemukan, lagi-lagi volume ekspos terhadap Ahok sangat tinggi diperbincangkan media. Terdapat total 259.382 perbincangan di sosial media dan 7.165 artikel media tradisional, dimana Ahok selalu mendapat porsi pemberitaan lebih dari 35 persen dibanding nama cagub-cawagub peserta Pilkada DKI 2017 lainnya. Ini menunjukkan perhatian sosial media dan media tradisional saat ini dipengaruhi pemberitaan Ahok.

Sementara itu, porsi pemberitaan terhadap Anies tidak bisa mencapai lebih dari 25 persen. Anies secara total mendapat 142.688 pembicaraan di sosial media dan 4.062 artikel di media tradisional.

Hasil yang cukup menarik terdapat di jumlah coverage cawagub DKI. Sandiaga Uno justru unggul sebesar 55 persen dalam jumlah pemberitaan media dan pembicaraan di sosial media terhadap cawagub Djarot Syaiful Hidayat. Cawagub pasangan Anies tersebut unggul 10 persen daripada pesaingnya Djarot Syaiful Hidayat yang memperoleh porsi 45 persen pemberitaan dan perbicaraan.

Sandiaga Uno secara total memperoleh 26.109 pembicaraan di sosial media dan 3.732 artikel media tradisional. Sebaliknya, jumlah pembicaraan Djarot di sosial media adalah 20.974 serta terdapat 3.245 artikel menyangkut namanya.

Pilgub Dki 640x320

Sumber foto: Foto: Newsantara.co

Menariknya lagi, Sandiaga juga lebih banyak diperhatikan media tradisional seperti koran dan majalah dibandingkan Anies. Sebanyak 26 persen majalah dan 21 persen koran memberitakan Sandiaga. Sementara Anies memperoleh jumlah sedikit lebih kecil dengan komposisi 21 persen majalah dan 20 persen koran.

Namun Anies cenderung lebih banyak disebut oleh media televisi dan online dibandingkan pasangannya. Anies sendiri diberitakan di TV sebanyak 24 persen dan media online 22 persen. Sandiaga hanya mendapatkan porsi 11 persen di TV serta 20 persen di media online.

Key Topic yang Jadi Pembicaraan di Medsos

Battle For Dki 1 Pilkada Dki 2017 Source Wartadotco

Sumber foto: Foto: Warta.co

Seperti laporan Isentia sebelumnya, percakapan tentang cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta 2017 dominan berasal dari sosial media Twitter, yang sedikitnya berkontribusi 85.66 persen dari total pembicaraan tentang cagub-cawagub DKI Jakarta.

Pada periode ini, tingginya pembicaraan tentang Ahok terjadi pada 14 dan 19 Maret terkait komentar Sekretaris Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman dalam sidang kasus dugaan penistaan agama dan pertandingan basket Ahok-Djarot bersama selebritis Augie Fantinus serta Yosi Project Pop. Netizen juga membicarakan Djarot yang disoraki pengunjung acara peringatan Supersemar dan haul Soeharto di masjid At Tin serta program bedah rumah.

Di sisi lain, Anies Baswedan menjadi topik pembicaraan hangat di sosial media pada tanggal 11 Maret, menyangkut dugaan kampanye di rumah ibadah. Lalu, Sandiaga mendapatkan respon dari sejumlah netizen tentang progam Ok Otrip yang akan mengintegrasikan bajaj dengan transportasi massal. Sandiaga juga mendapatkan reaksi netizen saat tegas mendukung KPK tuntaskan dugaan korupsi Frankfurt Book Fair 2015 yang ditudingkan kepada cagubnya.

Foto banner: Halloindo.com

ARTIKEL TERKAIT
Plesetan Alexis Banner
Bikin Ngakak! Inilah 25+ Gambar Lucu Plesetan Ornamen Hotel Alexis
APPS TERKAIT
Pilkada The Game Icon
Pilkada The Game 1.0.3
Games Madfal Studio
Game Pilkada 2015 Icon
Game Pilkada 2015 1.0
Games GameKita
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal