MUI Indramayu Haramkan Game Pokemon GO!

Default

Siapa di antara kamu yang tidak main Pokemon GO? Permainan karya Nintendo ini berhasil membuat setiap umat manusia menundukkan kepalanya dan memfokuskan mata mereka ke smartphone yang sedang digenggam asyiknya main Pokemon GO. Permainan Pokemon GO memang menghadirkan pengalaman dan sensasi yang berbeda dibandingkan game yang pernah ada sebelumnya, sehingga tidak heran kalau game ini banyak digandrungi meski umurnya belum mencapai satu bulan.

Kontroversi terkait Pokemon GO semakin marak, terlebih di tanah air kita sendiri, Indonesia. Ya, di negara ini, beragam kontroversi sudah banyak terjadi akibat hadirnya Pokemon GO di dalam dunia permainan mobile. Bukan hanya warga sipil yang berbicara, bahkan sampai wakil presiden Indonesia pun turut menyuarakan pendapatnya mengenai Pokemon GO. Selain itu, belum lama ini juga ada berita mengenai 'pengharaman' Pokemon GO oleh MUI Indramayu. Penasaran?

Benarkah Permainan Pokemon GO Diharamkan?

Pokemon Go Haram 1

Majelis Ulama Indonesia atau disingkat MUI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi ulama, zu'ama dan cendikiawan Islam untuk membimbing kaum muslim di Indonesia. Nah, kabarnya MUI Indramayu Kabupaten Jawa Barat ini telah membuat fatwa bahwa permainan Pokemon GO ini haram hukumnya. Waduh, kenapa bisa begitu ya?

Kenapa Permainan Pokemon GO Diharamkan Ya?

Pokemon Go Haram 2

Benar, pihak MUI Indramayu memang sudah mengharamkan permainan Pokemon GO. Pasalnya, main Pokemon GO memang dapat membuat kamu terhipnotis. Apa maksudnya terhipnotis? Ya, kamu bisa secara tidak sadar masuk tanpa izin dan menerobos sejumlah tempat hanya untuk mencari Pokemon. Maka dari itu, hal inilah yang menjadi acuan MUI Indramayu untuk mengharamkan Pokemon GO.

Menurut wakil ketua MUI Indramayu, Sofyan Tsauri menerangkan, "Jadi permainan itu dikiaskan seperti orang mabuk arak sehingga melupakan pekerjaan dan kewajibannya." Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa tidak boleh main Pokemon GO, bahkan permainan itu pun diharamkannya. Sebab, sudah banyak dampak negatif yang ditimbulkan, seperti menyia-nyiakan waktu untuk digunakan mencari Pokemon, padahal masih banyak hal yang lebih bermanfaat ketimbang memburu Pokemon.

Sofyan memberikan contoh yang nyata, yaitu akibat permainan Pokemon GO, para pelajar menjadi tidak belajar serta karyawan jadi tidak bekerja bahkan sampai mereka lalai untuk beribadah. Tidak hanya itu, beliau juga kembali menegaskan, "Allah SWT mengharamkan arak karena memabukkan layaknya seperti permainan Pokemon Go, dalam firman Allah pada surat Al Maidah Ayat 90 yang berbunyi, hai orang-orang beriman sesungguhnya meminum arak (mabuk) itu perbuatan setan'." Berarti, dapat disimpulkan bahwa menurut Sofyan, main Pokemon GO itu merupakan perbuatan setan, karena dampaknya dapat memabukkan.

Ada yang Bilang Pokemon Artinya "Aku Yahudi", Benarkah Itu?

Pokemon Go Haram 3

Mendengar kata Pokemon, saat ini pasti mindset kamu akan lari ke permainan Pokemon GO. Nah, jika kamu belum tahu, ternyata ada rumor yang mengungkap bahwa arti kata dari Pokemon adalah "Aku Yahudi". Hal ini diartikan melalui bahasa Syriac, atau bahasa Suryani yang jika diterjemahkan maka akan memiliki arti seperti itu. Wow, hal ini bisa menjadi bukti bahwa Pokemon GO itu haram ya?

Sudah Banyak Kejadian dari Pokemon GO yang Berujung Membahayakan Nyawa

Pokemon Go Haram 4

Permainan Pokemon GO memang banyak digandrungi. Namun, karena hadirnya Pokemon GO, banyak orang yang kurang waspada dengan situasi dan kondisi di sekitarnya. Apa dampaknya? Seperti yang pernah dibahas, penulis dari JalanTikus sendiri pernah mengalami kejadian kurang enak akibat main Pokemon GO, sebab smartphone yang digunakannya pernah mau dijambret. Kamu bisa membaca selengkapnya di Ini Alasan Kenapa Main Pokemon GO di Indonesia Tidak Aman.

Pemerintah Siap Blokir Pokemon GO Jika Terbukti Tidak Aman

Pokemon Go Haram 5

Beberapa hari sebelumnya, sempat beredar kabar kalau terbukti berbahaya, permainan Pokemon GO siap diblokir oleh pihak Kemenkominfo, kamu bisa baca di Waduh, Kemenkominfo Siap BLOKIR Pokemon GO. Pasalnya, dilihat dari fatwa MUI Indramayu dan kejadian yang sudah pernah terjadi, tidak menutup kemungkinan kalau pemerintah benar-benar akan memblokir Pokemon GO dari Indonesia. Hal-hal seperti ini semakin mendukung pengharaman permainan Pokemon GO.

Jadi, Main Pokemon GO Itu Perbuatan Setan dan Haram?

Pokemon Go Haram 6

Sebenarnya,itu tergantung cara kamu memainkan Pokemon GO. Menurut pihak MUI Indramayu, mereka mengharamkan karena para pemain Pokemon GO melalaikan tugasnya bahkan sampai lupa beribadah. Padahal, jika kamu bisa mengatur waktu, kamu bisa menyelesaikan tugas kamu dulu sebelum main Pokemon GO, menyelesaikan kewajiban beribadah kamu dulu baru main Pokemon GO, mungkin tidak akan menjadi sebuah masalah. Sehingga, pemerintah pun tidak akan memblokir akses Pokemon GO dari Indonesia.

Selain itu, Pokemon sendiri sebenarnya singkatan dari Pocket Monsters yang berasal dari bahasa Jepang ** Poketto Monsut **. Kemudian, Pokemon juga merujuk ke 721 spesies fiksi yang pasti muncul dalam semua seri Pokemon. Maka dari itu, sepertinya ada kesalahpahaman dalam pengartian dengan bahasa Syriac. Jika benar Pokemon GO berarti "Aku Yahudi" dan harus ditinggalkan, apakah kamu juga akan meninggalkan media sosial Facebook yang notabenenya dibuat oleh kaum Yahudi? Share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya.

Tips Pokemon GO

Berita Pokemon GO

Gadget Pokemon GO

APPS TERKAIT
Poke Icon Pack
Poke - Icon Pack 1.0.1
Apps Nexbit Design
Pokemon Jukebox Icon
Pok mon Jukebox 1.3.1
Apps The Pokemon Company
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal