Makin Ngeri! Hacker Bisa Bobol PC Cuma Lewat Microsoft Office

Default

Masalah keamanan komputer terus saja menjadi salah satu masalah yang paling banyak menarik perhatian dunia. Berbagai cara yang dilakukan oleh para hacker untuk meretas semakin mengkhawatirkan, mulai dari menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp hingga menggunakan media subtitle.

Belum lama ini, para hacker diketahui menggunakan cara baru untuk melancarkan kegiatan mereka pada komputer di seluruh dunia yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang banyak sekali digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia yaitu Microsoft Office.

BACA JUGA
  • Selain Situs Telkomsel Di-hack, Inilah 4 Kasus Hacker yang Heboh di Indonesia!

Makin Ngeri! Hacker Bisa Bobol PC Cuma Lewat Microsoft Office

Lebih spesifik, para hacker diketahui menggunakan sebuah alat/aplikasi yang dikenal dengan nama Zusy. Zusy ini sendiri disebarkan oleh para hacker melalui **E-Mail* kepada para pengguna secara acak di seluruh dunia (terutama wilayah Eropa dan Timur Tengah). E-Mail itu sendiri berisi file format PPT yang merupakan format untuk dokumen Microsoft Power Point.

Microsoftoffice Icon Oksip C455e
Microsoft Office 2016 (64-bit) Update Feb 20
Apps Office & Business Tools Microsoft Corporation
DOWNLOAD

Aplikasi Zusy ini tidak memerlukan pemicu klik untuk bisa aktif, namun hanya memerlukan pemicu berupa mouseover pada tulisan 'loading please wait' yang terdapat pada file PPT yang dikirim melalui E-Mail.

2e32a8a620e8fa1f9aca204dc71df51f
Foto: dodgethissecurity.com

Begitu pengguna melakukan mouseover pada tulisan tersebut, Zusy akan melakukan download aplikasi dan menginstall aplikasi yang menjadi sumber malware di komputer korban. Setelah itu, aplikasi Power Point di komputer korban akan memunculkan pop-up untuk menanyakan apakah pengguna akan memberikan akses (enable) pada aplikasi tersebut.

2c11c5615c2322c18db2102c907f88ba
Foto: techviral.net

Jika pengguna memilih Enable, maka **PowerShell* akan muncul dengan sendirinya kemudian langsung menutup dalam beberapa saat dan setelah itu para hacker bisa dengan mudah mengontrol komputer kalian sesuai kehendak mereka dengan memanfaatkan fitur Remote Desktop Protocol.

460123f2f1f511b24a3757f59632cee8
Foto: amazonaws.com

Tentunya kalian tidak mau sampai terinfeksi oleh malware seperti ini, kan? Apalagi malware yang satu ini berafiliasi dengan para hacker yang umumnya memiliki motif tidak baik ketika mengakses komputer orang lain.

Itulah tadi penjelasan seputar bahaya yang menanti kalian jika kalian tidak hati-hati dalam mengunduh file untuk aplikasi Microsoft Office (tepatnya Power Point), semoga bermanfaat dan bagaimana pendapat kalian mengenai hal ini?

Silakan meninggalkan jejak di kolom komentar dan pastikan kalian share artikel ini ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Google Maps Icon
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal