coba coba saja news nya

Default

Flashdisk saat ini semakin canggih dengan variasi kapasitas penyimpanan data yang semakin memenuhi kebutuhan kamu, misalnya install Windows.

Namun tidak jarang, flashdisk yang kamu gunakan mengalami masalah, mulai dari corrupt, tidak bisa diformat dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, kali ini Jaka sudah merangkum 3 cara memperbaiki flashdisk rusak dan tidak terbaca dengan cepat dan mudah. Dapat kamu langsung praktikan guys!

Kumpulan Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Tanpa Format 5d221
Sumber foto: maketecheasier.com

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan flashdisk kamu rusak sehingga tidak bisa digunakan guys.

Di antaranya seperti lupa melakukan Safely Remove Hardware, sering memindahkan data, diserang virus atau terkena air, jatuh atau disimpan di tempat panas.

Berikut Jaka bakal mengulas cara memperbaiki flashdisk rusak mulai dari cara termudah hingga paling rumit yang tetap bisa kamu lakukan kok guys.

Cara 1: Install Ulang Driver USB

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Driver 0ae65

Langkah paling awal yang bisa kamu lakukan dalam memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah memeriksa dan melakukan install ulang pada driver USB.

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut.

  • Pertama hubungkan dulu flashdisk yang tidak terbaca dengan PC atau laptop. Selanjutnya buka menu Control Panel dan lanjut ke pilihan Hardware and Sound.
  • Selanjutnya kamu bisa membuka Device Manager dan cari Universal Serial Bus Controller. Buka menu dropdown dan cari perangkat USB Mass Storage Device yang diberi tanda peringatan berwarna kuning.
  • Kemudian kamu bisa klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Di sini kamu bisa mencabut dan mencolokkan kembali Flashdisk atau me-restart PC atau laptop yang kamu gunakan.

Cara 2: Perbaiki Flashdisk Write Protected

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Protected 908bc

Selain flashdisk yang tidak terdeteksi, terkadang juga kamu menemukan masalah seperti flashdisk dengan keterangan write protected. Dalam melakukan perbaikan dengan menggunakan metode ini kamu hanya memerlukan command prompt.

Nah untuk cara memperbaiki flashdisk write protected kamu bisa mengkuti beberapa langkah sebagai berikut.

  • Buka Command Prompt atau dengan klik kanan pada logo Windows dan pilih aplikasi ini. Sesudah muncul jendela Command Prompt, ketik perintah diskpart dan tekan tombol Enter. Maka jendela baru akan muncul.
  • Selanjutnya ketik list disk untuk melihat daftar media penyimpanan yang tersedia. Kemudian kamu bisa memilih dengan perintah select disk 2 (tergantung posisi flashdisk pada nomor berapa).
  • Lalu kamu bisa mengetikkan perintah attributes disk clear readonly > clean > create partition primary.
  • Terakhir ketik perintah format fs=fat32 (fat32 bisa juga kamu ubah ntfs). Sesudah itu tinggal ketik exit.

Cara 3: Gunakan HDD Low Level Format Tool

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Low Level Format Ba30b

Yang paling ekstrem, kamu bisa menggunakan software bernama Hard Disk Drive Low Level Format Tool jika Flashdisk memang benar-benar sulit untuk diperbaiki.

Namun cara ini nggak akan berguna jika flashdisk kamu ternyata mengalami kerusakan fisik guys. Untuk cara selengkapnya kamu bisa membaca selengkapnya pada artikel: Cara Terbaik Memperbaiki Flashdisk Rusak atau Korup.

Eitsss... tapi sebelum melakukan langkah di atas, jangan lupa buat unduh dan install aplikasinya dulu di bawah ini ya!

Akhir Kata

Nah itulah 3 cara memperbaiki flashdisk yang rusak bahkan tanpa perlu format dengan cepat dan mudah. Mudah banget untuk melakukannya, kan?

Pernah menemukan masalah flashdisk sejenis? Jangan lupa buat share pengalaman kamu dan cara mengatasinya pada kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Hardware atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal