China akan Luncurkan Ensiklopedia Menyerupai Wikipedia Pada 2018

Pemerintah China akan meluncurkan ensiklopedia nasional yang menyerupai Wikipedia tahun depan. Ensiklopedia ini sedang dikerjakan oleh 20.000 orang dan akan diluncurkan pada 2018.

Ensiklopedia China memiliki ratusan ribu entri dan terdiri dari 1.000 kata. Tentunya, ensiklopedia ini punya keunggulan yang dipercaya bisa menyaingi Wikipedia!

BACA JUGA
  • Asyik, Kini Kamu Bisa Akses Wikipedia Secara Offline di Smartphone!
  • Cara Gampang Menyimpan Artikel Wikipedia Menjadi E-Book
  • 10 Artikel yang di Banned dari Wikipedia

Ensiklopedia Nasional Buatan China

Ensiklopedia China 2018

Ensiklopedia yang sedang digarap ini berbeda dengan Wikipedia yang bisa ditulis secara terbuka oleh siapa saja. Kalau di Wikipedia penulisnya adalah para sukarelawan, ensiklopedia China punya akademisi yang berkualitas!

Akademisi ini dipilih secara khusus dari berbagai universitas terbaik. Hal ini dilakukan karena menurut Editor in Chief ensiklopedia nasional China, Yang Muzhi, mereka bukan ingin mengejar ensiklopedia lain, tapi bertujuan untuk mengalahkan mereka. Karena itu, tim penulis yang dinilai berkualitas akan membuat ensiklopedia ini bukan sebagai buku, tetapi sebagai tembok budaya.

Untuk menyaingi Wikipedia 300.000 entri yang terdiri dari berbagai topik akan dibuat di ensiklopedia baru ini. Tentu saja hal ini juga akan menyaingi layanan serupa yang sudah lebih dulu ada di China, seperti Baidu. Nggak Cuma Wikipedia nih yang akan tersaingi!

Ide untuk membuat versi online ensiklopedia ini sudah ada sejak tahun 2011, namun baru dikerjakan belakangan ini. Keinginan China untuk membuat ensiklopedia nasional ini akan sangat berpengaruh, karena jumlah warganya yang mengakses internet mencapai 720 juta jiwa!

Pembuatan ensiklopedia ini juga didukung oleh sikap China yang menutup beberapa konten sensitif dari Wikipedia. Walau masih bisa diakses oleh warga China, namun beberapa informasi seperti mengenai Dalai Lama dan Presiden Xi Jinping telah disensor.

Banner Wiki
Cara Gampang Menyimpan Artikel Wikipedia Menjadi E-Book
Kamu pasti sering mencari artikel di Wikipedia untuk tugas sekolah atau kuliah. Ini dia cara gampang dan keren menyimpan artikel Wikipedia menjadi e-book.
LIHAT ARTIKEL

Sebenarnya nggak hanya China yang melakukan sensor terhadap beberapa informasi di Wikipedia, sejumlah negara seperti Rusia, Inggris, dan Perancis juga melakukannya. Tujuannya tentu saja demi tersedianya informasi yang lebih baik untuk warganya.

Persaingan ini tentunya akan membawa keuntungan bagi warga China, karena mereka akan mendapatkan platform baru untuk mengakses informasi. Bagaimana menurut kalian?

Baca juga artikel seputar wikipedia atau tulisan dari Grace Fika Hanna lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Nullbyte Pesancmd
Ssttt... Begini Cara Kirim Pesan dengan CMD Seperti Hacker
Bfa3f9a1f90477fac0cab22c0f339611
Aplikasi Android Terbaik Untuk Nonton Film dan TV Gratis
C9fb9ad820dcde997aec8f3cdc3625c4
5 Power Bank Fast Charging Terbaik untuk Smartphone Kamu
C9fb9ad820dcde997aec8f3cdc3625c4
5 Power Bank Fast Charging Terbaik untuk Smartphone Kamu
APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal