J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Aplikasi Paling Gagal yang Pernah Dibuat | Kebanyakan Aplikasi Buatan Google?

Jumat, 13 Des 2019, 12:00 WIB
Nggak mampu untuk bersaing dengan aplikasi serupa lainnya, berikut adalah beberapa aplikasi paling nggak laku yang pernah dibuat dan beredar di pasaran.

Banyaknya aplikasi sejenis yang tersedia saat ini, tentunya berdampak pada semakin ketatnya persaiangan yang terjadi di antara para developer aplikasi.

Inovasi dan ide-ide menarik menjadi salah satu kunci keberhasilan yang harus terus mereka gali agar dapat memikat minat para penggunanya.

Instagram, YouTube, dan PUBG merupakan beberapa contoh aplikasi yang sedang populer dan banyak digunakan saat ini.

Namun, di luar dari kesuksesan aplikasi-aplikasi tersebut, ada juga lho banyak aplikasi lainnya yang disebut-sebut paling gagal yang pernah dibuat oleh developernya.

Aplikasi Paling Gagal yang Pernah Dibuat

Di samping tujuan baik yang igin dicapai para pembuatnya, tapi nyatanya ada banyak sekali aplikasi yang gagal di pasaran saat ini.

Berikut adalah beberapa aplikasi paling gagal yang pernah dibuat.

1. Everpix

Everpix Cf980

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2011 silam di ajang San Fransisco Disrupt, siapa sangka kalau ternyata kehadiran aplikasi media sosial Instagram telah mengancam aplikasi "perpustkaan" foto online, Everpix.

Lewat sebuah pengumuman yang disampaikan melalui surat elektronik kepada setiap penggunanya, Everpix resmi menutup kegiatan operasionalnya pada 15 Desember 2013 lalu.

Kegagalan aplikasi Everpix sendiri disebut-sebut akibat terlalu banyaknya dana yang dikeluarkan untuk mengembangkan aplikasi.

Sementara, tim pengembang kurang memerhatikan mengenai pemasaran aplikasi sehingga hanya mampu mendapatakan kurang dari 19 ribu pengguna saja di kala aplikasi serupa lainnya mampu menarik jutaan pengguna.

2. Yik Yak

Yik Yak Bda15

Meskipun awalnya memiliki pangsa pasar yang cukup besar di negara asalnya, Amerika Serikat, namun kiprah aplikasi Yik Yak terus tergerus seiring dengan berkembangnya ekspansi Snapchat saat itu.

Selain karena persaingan, kegagalan Yik Yak sendiri kabarnya disebabkan oleh fitur anonim yang menjadi keunggulan sekaligus boomerang bagi mereka.

Kemudahan dalam membagikan konten bersifat anonim yang ditawarkan oleh aplikasi ini justru membuat Yik Yak menjadi tempat tumbuhnya kegiatan bullying online.

Meskipun telah menyediakan fitur filter untuk mengurangi aktivitas bullying ini, namun pertumbuhan aplikasi Yik Yak terus menurun.

Yik Yak sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten secara anonim.

3. Google Wave

Google Wave 69e06

Sempat digadang-gadang akan mampu menggantikan email, namun siapa sangka kalau ternyata salah satu produk buatan Google ini justru gagal dan harus dihentikan setahun setelah peluncurannya pada tahun 2009 lalu.

Google Wave sendiri menawarkan fungsi yang hampir mirip dengan aplikasi Hangout, di mana aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim pesan dan bahkan mengedit dokumen.

Namun, akibat penggunaannya yang cukup membingungkan, Google Wave pun akhirnya ditutup.

Salah satu inovasi Google Wave yang paling menarik adalah fasilitas untuk para pengguna agar bisa saling terhubung dan memungkinkan satu sama lain melihat apa yang ditulis secara real-time, bahkan karakter per karakter.

4. BlackBerry Messenger (BBM)

Bbm 2187b

Masih ingat dengan aplikasi chatting bernama BlackBerry Messenger alias BBM yang paling fenomenal beberapa tahun lalu?

Sempat menjadi aplikasi yang paling populer di kalangan para pengguna smartphone khususnya HP BlackBerry, sayangnya aplikasi ini justru berubah jadi aplikasi paling gagal yang pernah dibuat.

Kegagalan aplikasi BBM sendiri disebabkan oleh pembatasan penggunaan aplikasi yang awalnya hanya disediakan secara eksklusif untuk para pengguna HP BlackBerry saja.

Sementara, saat pihak BlackBerry mulai menyediakan aplikasi ini untuk HP dengan sistem operasi Android, sayangnya aplikasi serupa yaitu WhatsApp berhasil menarik perhatian para pengguna smartphone sehingga usaha tersebut tak cukup membuahkan banyak hasil.

5. Picasa

Picasa 40ace

Menawarkan fasilitas edit foto dan video secara online langsung dari perangkat smartphone penggunanya, mungkin ada sebagian dari kamu yang mengenal aplikasi satu ini.

Dikembangkan oleh developer LifeScape Inc. pada tahun 2002, Picasa kemudian diakusisi oleh Google dua tahun setelahnya atau tepatnya tahun 2004 silam.

Sempat berhasil meraih popularitasnya sebagai salah satu aplikasi fotografi yang paling banyak digunakan saat itu, namun Google akhirnya resmi menutup aplikasi Picasa pada 2016 dan menyarankan penggunanya untuk bermigrasi ke aplikasi Google Photos.

Ditutupnya aplikasi Picasa sendiri kabarnya karena kalah saing dengan aplikasi edit foto dan video dari pengembang lainnya.

6. Google Buzz

Google Buzz 46deb

Diluncurkan pada tahun 2010, Google Buzz adalah platform jejaring sosial yang terintegrasi dengan layanan Gmail dan memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto, video, link, dan konten lainnya kepada pengguna lain yang ada di kontak Gmail.

Kehadirannya yang digadang-gadang untuk menyaingi media sosial Facebook dan Twitter, namun sayangnya pada Oktober 2011 pihak Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan seluruh layanan Google Buzz.

Hal itu lantaran permasalahan privasi pengguna yang sulit diselesaikan dan juga ketidakmampuannya untuk bersaing dengan platform media sosial lain.

7. Google Plus

Google Plus 07d64

Selama bertahun-tahun Google telah mencoba untuk menciptakan media sosial untuk menyaingi Facebook.

Setelah Google Buzz gagal, Google pun kemudian merilis aplikasi Google Plus pada tahun 2011 silam sebagai penggantinya.

Meskipun pada awalnya aplikasi ini banyak digunakan karena akan secara otomatis terdaftar jika seseorang membuat akun Google, namun seiring dengan bermunculannya aplikasi maupun fitur-fitur baru yang ditawarkan media sosial lain membuat Google Plus jadi sepi peminat.

Pada Desember 2018, Google akhirnya mengumumkan keputusan untuk menghentikan penggunaan GooglePlus versi karena rendahnya jumlah pengguna dan tantangan dalam mempertahankan produk sukses yang mampu memenuhi ekspetasi konsumen.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi paling gagal yang pernah dibuat dan beredar di pasaran, geng.

Meskipun pada awalnya beberapa aplikasi di atas mampu menarik jumlah pengguna yang cukup banyak, namun siapa sangka kalau pil pahit kegagalan justru harus mereka telan.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
10 Aplikasi Pdf Reader Terbaik Gratis Di 2020 Hp Android Pc Windows 08a2c

10 Aplikasi PDF Reader Terbaik & Gratis di 2020 | Baca Buku di Mana Saja!

Aplikasi Untuk Bikin Memoji Di Android 4e030

7 Aplikasi Untuk Bikin Memoji di Android | Gak Perlu Mahal Beli iPhone!

Aplikasi Kompres Foto Hp Pc Banner 56f6b

10 Aplikasi Kompres Foto Terbaik 2020, Bisa Kompres Foto Jadi 200kb!

Aplikasi Pencari Kerja 7a188

8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!

Aplikasi Vpn Terbaik Untuk Iphone 5ff46

10 Aplikasi VPN Terbaik Untuk iPhone | Bebas Internetan Tanpa Batas & Aman!

Aplikasi Dark Mode Banner 9d99e

Ini 7 Aplikasi Dark Mode Terbaik dan Cara Mengaktifkannya!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jajaran 6 Aplikasi Terbaru Buatan Google, Bikin Kita Gak Ketergantungan Gadget!

Jajaran 6 Aplikasi Terbaru Buatan Google, Bikin Kita Gak Ketergantungan Gadget!

Miris! 7 Aplikasi Android Ini Dulu Terkenal Tapi Sekarang Sepi Peminat

Miris! 7 Aplikasi Android Ini Dulu Terkenal Tapi Sekarang Sepi Peminat

10 Aplikasi Rahasia Google yang Jarang Orang Ketahui | No. 7 Bisa Bikin Animasi 3D!

10 Aplikasi Rahasia Google yang Jarang Orang Ketahui | No. 7 Bisa Bikin Animasi 3D!

7 Aplikasi Mesum Menurut Google Play Store, Awas Jangan Sampe Ke-Download!

7 Aplikasi Mesum Menurut Google Play Store, Awas Jangan Sampe Ke-Download!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal