J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Kenapa Virtual Reality GAK LAKU di Tahun 2016

Rabu, 12 Okt 2016, 20:00 WIB
Virtual Reality masih jauh dari kata sempurna, masih banyak hal yang harus dikembangkan dan dievaluasi lagi. Berikut adalah 5 alasan kenapa Virtual Reality 'GAK LAKU' di tahun 2016.

Tahun 2016 adalah Era Virtual Reality. Kalimat itulah yang sering kita dengar pada tahun ini. Banyak perusahaan besar yang sangat serius menggarap teknologi VR ini contoh saja Google yang telah meluncurkan Daydream dan Tilt Bursh. Tetapi kata tersebut kurang tepat untuk kita pahami, mungkin kita bisa katakan tahun ini adalah orang mulai membicarakan tentang Teknologi Virtual Reality.

Virtual Reality masih jauh dari kata sempurna, masih banyak hal yang harus dikembangkan dan dievaluasi lagi. Kita bisa lihat untuk perangkat Virtual Reality saja masih bisa dihitung dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa merasakan teknologi ini dikarenakan harganya yang mahal. Berikut Jaka tuliskan 5 alasan kenapa Virtual Reality 'GAK LAKU' di tahun 2016.

BACA JUGA
  • Apa Sih Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality?
  • 10 Headset Virtual Reality dengan Harga 200 Ribuan
  • 6 Aplikasi VR Video Player Android Terbaik

Alasan Kenapa Virtual Reality 'GAK LAKU' Di Tahun 2016

1. Harga Perangkat Virtual Reality Masih Sangat Mahal

25d90ca47b84d9b0d751a5e1e18d9f4d

Masalah harga adalah hal yang sangat menonjol dari teknologi VR, suatu masalah klasik untuk sebuah teknologi baru. Dengan harga Virtual Reality yang mahal maka otomatis para konsumen VR tidak begitu banyak, walaupun ada beberapa headset Virtual Reality murah tetapi untuk kualitasnya masih jauh dari kata baik. Salah satu produsen Virtual Reality yaitu Oculus Rift telah menyediakan paket harga untuk membeli semua kebutuhan dari perangkat VR dengan harga mulai dari $1499 (Rp19.730.375) sampai dengan $3000 (Rp39.497.783) dengan kurs rupiah Rp13.165. Sebuah harga yang sangat mahal hanya untuk sebuah perangkat VR.

2. Kebanyakan Virtual Reality Hanya Untuk Games

3a982e40fb70eeaee97b1d28e12b685e

Hal apa yang akan kamu coba pertama kali saat sudah memiliki perangkat VR? Yang pasti kamu akan segera mencari game Virtual Reality Android untuk dimainkan, ya kan? Walaupun dengan perangkat VR kita bisa menonton video dan film tetapi hal yang masih sangat dominan untuk dimainkan dalam VR adalah Game Virtual Reality Android. Kita semua mengharapkan teknologi VR bisa hadir untuk sisi lain seperti hiburan, bekerja, pelajaran di sekolah, menonton TV, dan hal yang bermanfaat lainnya.

3. Virtual Reality Masih Jauh Dari Kata 'Umum'

9a54010f79ec613b52dd6d98cc93f7ba

Kurang dari 1% dari milyaran komputer di dunia yang dapat menjalankan VR sekaligus mendukung grafis VR. Menurut Oculus kita disarankan untuk memakai Video Card sekelas Nvidia GTX 970 agar biasa menjalankan VR di komputer. Tapi itu pun tidak cukup untuk menjalankan VR dengan lancar. Tidak hanya pada komputer dan mobile tetapi baru-baru ini perangkat konsol game juga sedang dalam pengembangan agar dapat mendukung teknologi VR, sebut saja Playstation 4 VR dan Xbox One VR.

4. Rencana Bisnis Virtual Reality yang Belum Jelas

F6f5d10f8cb7584ba2be2d74712f7359

Kita tahu bahwa VR (Virtual Reality) adalah suatu teknologi yang masih sangat baru dan masih jauh dari kata sempurna dan aman. Berbagai investor yang sudah mengorbankan uang untuk mengembangkan teknologi ini dituntut untuk bisa menjadikan VR menjadi lebih baik dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Ada salah satu investor VR yang mengatakan, bahwa bisnis ini membutuhkan waktu 2 sampai 3 tahun untuk menghasilkan uang banyak dari teknologi VR.

5. Efek Kesehatan yang Belum Diketahui

8da98c65da1d10a677a8ea6b457a3c58

Apa kamu pernah mendengar orang yang sakit kepala, mual, penglihatan menjadi kabur bahkan ada seorang cewek yang gila setelah menonton video VR atau memainkan game Virtual Reality? Kita semua belum mengetahui apa efek jangka panjang dari penggunaan VR ini, bahkan para produsen perangkat VR pun belum mengetahui secara pasti apa efek jangka panjang dari penggunaan VR.

Dalam buku panduan perangkat Virtual Reality biasanya produsen menyarankan agar kita bisa mengambil waktu istirahat selama kurang lebih 10-15 menit setelah 30 menit pemakaian. Bahkan ada orang yang mengalami perubahan pola pikir dan perilaku setelah mereka menggunakan VR.

Teknologi VR (Virtual Reality) mempunyai potensi yang sangat baik di pasaran global nantinya karena dengan mengusung konsep baru dari sebuah teknologi pada umumnya. Kendala harga mungkin disebabkan oleh perangkat VR yang masih sedikit, tetapi untuk masalah efek kesehatan dari VR ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk pengembangan teknologi ini. Dengan keamanan dan kenyamanan menggunakan VR otomatis akan mengundang banyak konsumen yang menyukai VR dan tidak akan ragu-ragu lagi saat mau membeli perangkat VR. Kamu punya pendapat sendiri dari perkembangan VR? Silahkan tulis di kolom komentar.

ARTIKEL TERKAIT
Headset Vr Murah

5 Headset VR (Virtual Reality) Harga Kaki Lima dengan Kualitas Bintang Lima

Google Expeditions

Google Expeditions, Cara Mudah Keliling Dunia dengan Virtual Reality

Resident Evil

5 Game Virtual Reality Paling Ditunggu 2016

Lucunya Reaksi Orang Tua Ketika Pertama Kali Mencoba Virtual Reality Banner

Lucunya Reaksi Orang Tua Ketika Pertama Kali Mencoba Virtual Reality

5fbbb54add7d778136e52f18da35ff79

10 Game Virtual Reality Yang Wajib Kamu Coba Sebelum Tahun 2016 Berakhir!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Vrse Icon Icon
VRSE - Sundance Selection 1.0.5
Apps VRSE
Fulldive Vr Icon
Fulldive VR - Virtual Reality 3.6.1
Apps Fulldive Corp.
Eze Vr Icon
EZE VR 1.1
Apps Parallel Space
Vr Cinema Icon
VR Cinema for Cardboard 1.2
Apps Mobius Networks
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Headset Virtual Reality dengan Harga 200 Ribuan

10 Headset Virtual Reality dengan Harga 200 Ribuan

Jangan Main VR Kalo Gak Mau Jadi 'Gila' Seperti Cewek Ini

Jangan Main VR Kalo Gak Mau Jadi 'Gila' Seperti Cewek Ini

Video: Reaksi Lucu Simpanse Saat Menggunakan VR

Video: Reaksi Lucu Simpanse Saat Menggunakan VR

Apa Sih Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality?

Apa Sih Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal