Tanpa Manusia! Kota Ini Dibuat Hanya Untuk Uji Coba Mobil Driverless

Default

Pernah nggak ngebayangin ada sebuah kota lengkap dengan jalan rapi dan atribut lainnya namun di dalamnya tidak ada sama sekali manusia yang bertempat tinggal di sana? Bukan.. Kota ini bukan kota hantu seperti yang biasa kita lihat di film-film horror seperti Silent Hill atau semacamnya. Kota yang dinamakan Mcity ini adalah kota palsu yang memang sengaja dibuat hanya untuk uji coba mobil driverless alias mobil tanpa pengemudi.

Mcity 2

Pengujian

Uji coba lingkungan ini mulai dibuka pada 20 Juli 2015 di University of Michigan (U-M), Ann Arbor. Kota yang dibangun oleh para peneliti ini memiliki luas 32 hektar atau sama luasnya dengan 24 lapangan sepakbola dan memiliki semua atribut dan hiasan layaknya kota kecil. Ada jalan raya dengan trotoar di sampingnya, lampu jalan, rambu-rambu lalu lintas, dan lampu lalu lintas. Bahkan ada bagian dalam kota tersebut yang menggambarkan daerah ramai lengkap dengan gedung dan area tempat makan outdoor palsu.

Mcity

Kota tanpa manusia

Sebenarnya ide membangun kota tanpa manusia ini cukup sederhana. Kota ini dibuat untuk menguji inovasi baru mobil tanpa pengemudi dalam lingkungan yang bebas dari manusia sebelum teknologi masa depan itu diluncurkan dalam dunia nyata. Sebenarnya sih sudah ada ya mobil driverless yang sudah diuji coba bahkan di kota berpenghuni, contohnya seperti dalam artikel The New Mercedes Driveless Car, Mobil Bisa Jalan Sendiri Tanpa Supir!

Mcity merupakan kota aman, terkontrol serta lingkungan realistis dimana kita bisa melihat bagaimana potensial yang menakjubkan tersambung dan kendaraan otomatis akan bisa terwujud dengan cepat, efisien, dan secara aman, ujar Peter Sweatman, direktur dari Mobility Transformation Center (MTC) di U-M. Mcity hanyalah satu dari banyak proyek yang dijalankan MTC dan organisasinya dalam mewujudkan mobil tanpa pengemudi yang berjalan di jalanan Ann Arbor pada 2021 mendatang.

Mcity 3

Waduh.. Teknologi makin berkembang di negara maju. Indonesia masih jalan ditempat dengan segala macam masalah kemacetan yang nggak pernah terselesaikan. Mending banget ada mobil driverless, di Indonesia angkot driverless aja udah banyak. Iya, angkot yang ada di tengah jalan raya tapi supirnya nggak tau kemana. Gimana nih menurut kalian, guys? Jangan lupa tinggalin komentar di bawah ya.

Sumber: LiveScience

Speed Car Faster
Speed Car Fast Racing 1.2
Games Balapan Christianv2luv
DOWNLOAD
Angkot Icon Icon
Angkot The Game 0.14
Games Balapan ATG
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal