J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pengertian Resolusi Layar Komputer dan Televisi

Pengertian Resolusi Layar Komputer dan Televisi

Selasa, 12 Feb 2013, 14:17 WIB
Pengertian Resolusi Layar Komputer dan Televisi yang seringkali membingungkan bagi yang tidak mengeri artinya.

Resolusi grafis memiliki detail spesifikasi yang cukup rumit dan mungkin membingungkan bagi banyak orang yang kurang memahaminya. Istilah yang digunakan seringkali berganti sesuai dengan jenis display, seperti pada monitor komputer dan televisi. Pada beberapa tempat bahkan ada istilah HD Ready.

Pengertian istilah yang digunakan pada display grafis sangat berguna untuk mengetahui spesifikasinya dan menentukan tipe dan jenis apa yang kamu butuhkan atau inginkan.

Lebar x Tinggi Spesifikasi yang paling mudah dimengerti adalah resolusi maksimum monitor komputer. Banyak laptop memiliki resolusi maksimum 1280x800, sedangkan layar komputer yang berukuran lebih besar bisa mencapai 1680x1050.

Angka-angka ini menggambarkan lebar dan tinggi display dalam pixel. Beberapa display memiliki kepadatan resolusi yang berbeda (misalnya retina display milik Apple), misalnya display dengan resolusi yang sama belum tentu memiliki ukuran yang sama.

SD, HD Ready atau Full HD Tidaklan sulit untuk mengerti perbedaan SD dan apapun yang berhubungan dengan "HD". SD - Standard Definition - secara umum digunakan untuk televisi 576i di kawasan PAL dan SECAM, atau 480i di kawasan NTSC.

720p vs 1080p atau 1080i Televisi modern seringkali menggunakan istilah seperti 720p dan 1080p atau 1080i. Angka tersebut menyatakan garis resolusi secara vertikal. Artinya 720p dan 1080p memiliki 720 dan 1080 garis resolusi vertikal. 1080i memiliki 1080 garis vertikal.

1080p

Untuk membandingkan resolusi display berdasarkan lebar dan tingginya, maka kita dapat menentukan resolusi berdasarkan rasio. Contohnya, sebuah display 1080p dengan rasio 16:9 berarti memiliki 1920 garis horizontal, yang artinya layar 1080p 16:9 memiliki resolusi 1920x1080 pixel.

1080p vs 1080i atau Progressive vs Interlaced Perbedaan antara 1080p dan 1080i (P berarti progressive dan I berarti Interlaced) terletak pada bagaimana sebuah gambar ditampilkan pada layar.

Layar progressive menggunakan frame. 1 frame merupakan sebuah rendered image. Jika kamu menekan pause ketika menggunakan layar progressive, maka sebuah gambar yang ditampilkan adalah 1 buah frame. Jika sebuah display progressive memiliki 25 frame per detik, artinya 25 image/ gambar di-render secara bersamaan tiap detiknya.

Interlaced

Layar interlace memiliki cara kerja yang berbeda, dimana hanya setengah garis dari gambar di-refresh. Layar interlace tidak pernah menampilkan sebuah frame yang lengkap. Secara teori, layar progressive lebih bagus daripada interlaced. Namun, terdapat beberapa faktor yang juga dapat mempengaruhi kualitas gambar. Layar progressive tidak memiliki refresh rate yang sama dengan layar interlace. Meskipun layar interlace hanya me-refresh sebagian gambar saja, namun layar jenis ini me-refresh hingga 2 kali lebih sering daripada progressive. Ditambah lagi, saluran televisi juga menggunakan video interlaced dalam penyiarannya.

Hal ini membuat gambar pada layar interlace lebih halus daripada layar progressive yang setara. Di sisi lain, gambar pada layar progressive memiliki kualitas yang bagus saat di pause, memudahkannya untuk di-edit, sehingga dapat bekerja baik dengan kualitas gambar yang kurang bagus.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Samsung Sedang Mengerjakan Layar AMOLED dengan 560ppi

Samsung Sedang Mengerjakan Layar AMOLED dengan 560ppi

LG Display Siap Produksi Massal Layar Fleksibel

LG Display Siap Produksi Massal Layar Fleksibel

Lenovo Targetkan Penjualan Komputer Layar Sentuh Hingga 100 Juta Unit Per Tahun

Lenovo Targetkan Penjualan Komputer Layar Sentuh Hingga 100 Juta Unit Per Tahun

NHK Luncurkan Layar OLED IGZO Fleksibel 8 inci

NHK Luncurkan Layar OLED IGZO Fleksibel 8 inci

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal