J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Check Up Hard Disk agar Komputer Selalu Sehat

Selasa, 5 Feb 2013, 11:55 WIB
Check Up Hard Disk agar Komputer Selalu Sehat karena hard disk memiliki peran penting pada komputer.

Sebagai alat penyimpanan data, hard disk memiliki peran yang penting dalam komputer sehingga memerlukan perawatan khusus agar tetap dapat bekerja secara optimal. Apabila hard disk dalam kondisi sehat, maka penanganan file akan dapat bekerja secara baik, tanpa ada gangguan.

Kamu perlu melakukan perawatan dalam hal penanganan file, bad sector, efisiensi dan kesehatan fisik hard disk seperti kebersihan hard disk dari debu, kotoran atau material lain yang dapat merusak, serta memastikan hard disk terhindar dari benturan yang dapat merusak kondisi fisiknya.

Check_up_hard Disk

Hard disk cukup rentan dengan berbagai kerusakan yang disebabkan tindakan ceroboh pengguna. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan fatal sehingga kamu harus mengganti hard disk baru. Biaya perbaikan hard disk juga tidak murah. Selain itu, apabila terjadi kerusakan, tidak jarang data-data penting yang kamu miliki akan hilang. Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan perawatan khusus agar hard disk selalu sehat dan tahan lama.

Perbaiki Bad Sectors dan System Errors di Disk C Terdapat beberapa penyebab utama timbulnya bad sectors pada hard disk yang sulit dihindari, terutama untuk komputer yang mempunyai beban kerja tinggi, seperti komputer warnet, game center dan komputer kantor yang seringkali hidup 24 jam selama 5-7 hari berturut-turut dan jarang mendapatkan perawatan kesehatan hard disk.

Penyebab bad sector pada hard disk antara lain mematikan komputer secara paksa karena hang, mati lampu secara mendadak, virus, menutup aplikasi tanpa prosedur dan penggunaan aplikasi yang tidak aman.

Secara keseluruhan bad sector pada setiap drive akan diperbaiki, dimulai dari drive C terlebih dahulu. Setelah perbaikan bad sector pada drive C selesai, termasuk memperbaiki file sistem yang error, maka kamu dapat melanjutkan memperbaikin bad sector dan file yang error di drive D dan seterusnya (jika kamu memiliki lebih dari 2 drive pada hard disk).

Untuk memperbaiki bad sectors pertama buka Windows Explorer My Computer > klik kanan pada drive local C dan klik properties. Pada jendela properties pilih tab Tools dan klik tombol Check now..

Repair_bad_sector 1

Kemudian akan muncul satu lagi jendela kecil di mana kamu di minta untuk memilih satu dari dua pilihan, bisa saja kamu pilih keduanya tetapi lebih direkomendasikan untuk memilih atau mencentang kotak Scan for and attempt recovery of bad sectors terlebih dahulu. Kemudian klik Start untuk memulai proses perbaikan bad sectors, biasanya proses ini memakan waktu 1 hingga 2 jam tergantung ukuran hard disk dan kerusakannya.

Repair_bad_sector 2

Setelah proses perbaikan bad sector selesai, ulangi kembali langkah pertama di atas hingga kemudian kamu menemukan jendela baru kecil seperti gambar di bawah ini. Jika tadi kamu pilih kotak kedua, kali ini centang kotak pertama Automatically fix file system errors, kemudian klik start untuk memulai perbaikan.

Check_up_hard Disk 2

Saat kamu klik start sistem akan meminta konfirmasi bahwa kamu ingin melakukan perbaikan file sistem, klik saja Schedule disk check, kemudian restart komputer kamu.

Schedule_disk_check

Pada saat proses restart, sistem akan otomatis menjalankan perintah atau jadwal perbaikan sistem error yang sebelumnya kamu minta. Tunggu proses ini hingga selesai sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

Restart_check

Perbaiki Bad Sectors dan System Errors di Disk D

Selanjutnya, kamu dapat melakukan proses perbaikan bad sectors dan system error pada disk D, langkahnya sama dengan langkah pertama di atas. Buka Windows Explorer > My Computer > klik kanan pada disk D dan klik properties.

Pada tampilan menu properties klik Tools dan Check now

Repair_bad_sector 3

Pada jendela check disk local disk (D:) kamu centang kotak Scan for and attempt recovery of bad sectors kemudian klik Start untuk memproses perbaikan bad sectors, tunggu hingga proses ini selesai, jangan jalankan aplikasi apapun selama proses berlangsung agar perbaikan benar-benar selesai dengan sempurna.

Repair_bad_sector 4

Setelah proses perbaikan bad sectors selesai sekarang saatnya melakukan perbaikan system errors, caranya sama, ulangi langkah pertama di atas dan klik Scan Now pada menu properties. Centang kotak Automatically fix file system errors dan klik Start. Berbeda dengan disk C, pada proses perbaikan system errors di disk D ini kamu tidak akan diminta konfirmasi penjadwalan perbaikan dan tidak perlu me-restart komputer.

Perbaikan akan berjalan dalam kondisi komputer sedang hidup dan disarankan untuk tidak menjalankan aplikasi apapun ketika sedang menjalankan proses ini.

Repair_bad_sector 5

Melakukan perbaikan bad sectors dan system errors adalah dua treatment khusus yang sebaiknya dilakukan secara berkala agar hard disk dan file system selalu dalam kondisi prima.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan Defrag setelah proses di atas. Pasca general checking pada hard disk kamu, coba kamu rasakan perbedaan kinerja komputer antara sebelum proses perbaikan bad sectors dan sesudah perbaikan.

Silahkan diskusikan lebih lanjut mengenai Check Up Hard Disk agar Komputer Selalu Sehat di Forum Jalan Tikus.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Tips : Cek Harddisk dari Error
Tips : Cek Harddisk dari Error
4 Tanda Kerusakan Hard Disk
4 Tanda Kerusakan Hard Disk
Cara untuk Defrag Hard Disk dengan Benar
Cara untuk Defrag Hard Disk dengan Benar
Tips Meningkatkan Performa Komputer dengan Disk Write Caching
Tips Meningkatkan Performa Komputer dengan Disk Write Caching

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal