J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Wawancara Eksklusif JalanTikus dengan Founder Pricelist.co.id

Wawancara Eksklusif JalanTikus dengan Founder Pricelist.co.id

Rabu, 22 Apr 2015, 09:00 WIB
Berikut ini adalah sesi wawancara yang JalanTikus lakukan dengan Fatkul Amri selaku founder Pricelist.co.id.

Tahukah kamu ketika kamu mencari harga suatu barang di internet, kamu dapat menemukan harga tersebut di website Pricelist.co.id? Pricelist.co.id ini dapat kamu gunakan untuk menemukan barang yang kamu cari, lengkap dengan informasi penjualnya, kondisi barang, hingga lokasi barang tersebut berada. JalanTikus berkesempatan mewawancarai founder Pricelist yang bernama Fatkul Amri yang bertempat tinggal di Malang. Pricelist sendiri memiliki 5 orang karyawan tetap dan 21 karyawan berstatus magang. Berikut ini adalah sesi wawancara yang JalanTikus lakukan dengan Fatkul Amri selaku founder Pricelist.co.id.

Sesi Wawancara JalanTikus dan Pricelist

1. Bagaimana Mas Amri menemukan ide untuk membuat website seperti Pricelist? Apa yang mendasari Mas Amri ingin membuat website tersebut?

Pricelist.co.id kami buat karena sering galau ketika mau beli barang kemudian harus cari harga satu persatu dari banyak situs, katakan olx, tokopedia, bukalapak, bhinneka, anugrahpratama dan sebagainya. Belum lagi ketika repot membandingkan harga dari berbagai situs tersebut. Kemudian masalah galau ini kami survey ke sejumlah orang, dan hasilnya ternyata 82% responden pada galau juga. Akhirnya kami putuskan untuk mengakhiri kegalauan banyak orang ini dengan membuat Pricelist.co.id

2. Berapa orang yang mengembangkan Pricelist? Siapa sajakah mereka? (Misal: Web Developer, Marketing, dll) Berapa lama Pricelist dibentuk? Apa ada kendala atau tantangan tersendiri untuk Mas Amri ketika mengembangkan website tersebut?

Awalnya tim pengembang Pricelist ada 8 orang. Dalam perjalanannya ada 2 orang yang resign karena ingin bersolo karir dan ada yang direkrut perusahaan lainnya. Sistem dari back-end dan front-end dibuat selama hampir satu tahun dengan beberapa kali ganti teknologi karena salah pilih teknologi. Misal awalnya pakai MySQL dengan full text search index, setelah diisi banyak data dan dites ternyata lambat sekali. Akhirnya beralih menggunakan MongoDB untuk database dan Elasticsearch sebagai index-nya. Hasilnya cukup memuaskan. Pencarian data dengan jumlah di atas 10 juta data dicari hanya dalam sepersekian detik saja.

Saat ini tim inti hanya 6 orang termasuk saya, dan dibantu oleh 21 orang karyawan magang dari berbagai SMK dan kampus di Malang. Dengan tim baru ini kami akhirnya men-setup Pricelist untuk melayani pencarian harga di 9 negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapore, United State, United Kingdom, Australia, New Zealand, Belanda dan Kanada.

Bisnis juga berkembang pesat dengan mengembangkan bigdatatable.com yang menjadi induk dari berbagai situs dan mobile apps yang kami buat sendiri maupun dibuat oleh partner.

3. Berapa lama sekali data Pricelist diperbarui? Kategori barang seperti apakah yang bisa dicari di Pricelist?

Untuk situs tententu yang punya tingkat update yang cepat seperti olx, tokopedia, dan sebagainya di-crawl otomatis per-setengah jam sekali. Untuk situs e-Commerce biasanya di-crawl perhari sekali.

Hampir semua kategori barang bisa dicari. Tentu ini sesuai dengan ketersediaan data hasil crawler dari berbagai sumber.

4. Apa rencana ke depannya untuk Pricelist? (Misal: memperbanyak kategori, data website) Apa harapan Mas Amri untuk pengguna-pengguna Pricelist?

Selain kategori harga (shopping), kami ke depan akan setup kategori berita, gaya hidup, dan sebagainya. Kami berharap para pengguna menjadi lebih mudah dan cepat dalam mencari informasi spesifik yang dibutuhkan.

5. Pertanyaan terakhir, Mas Amri, apakah ada pesan-pesan yang ingin Mas Amri sampaikan untuk developer Indonesia?

Saya ingin para developer software memilih bisnis yang bisa mudah scalable dan cepat menghasilkan. Jangan terlalu berharap dana dari investor, karena proses mendapatkan dananya bisa lama dan ruwet. Kalau ingin bisnis yang cepat menghasilkan, mudah dikembangkan untuk berbagai negara, salah satu pilihannya adalah bisnis big data menggunakan platform bigdatatable.com.

Lima pertanyaan diatas menjadi pokok wawancara antara JalanTikus dengan founder dari Pricelist. Dengan adanya Pricelist maka pengguna dapat dengan mudah menemukan barang yang diinginkannya.

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Begini Cara yang Digunakan FBI dan CIA Dalam Mencari Data Diri Seseorang

Begini Cara yang Digunakan FBI dan CIA Dalam Mencari Data Diri Seseorang

5 Tips untuk Memastikan Data Kamu Terjaga dengan Aman

5 Tips untuk Memastikan Data Kamu Terjaga dengan Aman

Cara Menggunakan Fungsi Count di Excel

Cara Menggunakan Fungsi Count di Excel

4 Cara Menghemat Penggunaan Data di Android

4 Cara Menghemat Penggunaan Data di Android

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal