Nama Besar Tak Menjamin, 7 Artis Ini Bisnisnya Bangkrut | Sampai Rugi Miliaran!

Default

Memiliki bisnis yang sukses adalah impian banyak orang, tak terkecuali para artis.

Berbisnis memiliki banyak kelebihan daripada bekerja, apalagi jika bisnis tersebut awet dan berkesinambungan. Wah, bisa mapan hingga tua nanti, geng.

Nyatanya membangun bisnis yang sukses bukanlah perkara mudah. Jatuh bangun dan merugi adalah seolah hal yang biasa. Sekali lagi, tak terkecuali para artis.

Profesi sebagai artis bisa meredup kapan saja, sehingga tak sedikit artis yang tertarik untuk melebarkan sayap ke dunia wirausaha demi merasa aman secara finansial - atau mungkin karena lagi nge-tren, geng. Hehe.

Beberapa dari artis Tanah Air harus rela menutup bisnisnya dengan kebangkrutan akibat tak bisa lagi menghasilkan profit.

Jadi, siapa sajakah artis tersebut? Yuk, kita bahas satu-satu!

1. Nia Ramadhani

Nia Ramadhani Roti Mama Nia E778a
Sumber foto: Beautynesia

Entah iseng atau cuma ikut-ikutan tren kue artis yang sempat melejit beberapa tahun lalu, Nia Ramadhani tak mau ketinggalan berbisnis meski sudah hidup mentereng.

Dirinya mencoba peruntungan dengan membuka toko roti bernama Roti Mama Nia yang mendapat banyak kritik dari kalangan food blogger lantaran rasanya nggak enak dan harganya mahal.

Setahun berlalu, Nia akhirnya menutup seluruh cabangnya karena diduga bangkrut. Untung saja, sebangkrut-bangkrutnya Nia Ramadhani, ia masih kaya juga~

2. Raffi Ahmad

Bakmi RN Nagita Raffi 2f681
Sumber foto: Tribun Style

Meski gelar Sultan Andara telah ada di genggaman tangan Raffi Ahmad, dirinya tak pernah lelah untuk mengembangkan gurita bisnisnya.

Namun, ada salah satu bisnis milik Raffi yang dirilis bersama sang istri, Nagita Slavina yang harus mengalami kegagalan, bahkan bangkrut.

Bisnis tersebut adalah Bakmi RN yang sebenarnya mendapat reaksi hangat di berbagai kota, tetapi cabang-cabang Bakmi RN mulai tutup satu per satu sejak tahun 2019.

Meskipun Raffi dan Nagita tidak pernah mengumumkan penutupannya, warganet menduga Bakmi RN tutup karena bangkrut karena akun Instagram resminya sudah tak pernah mengunggah konten apapun lagi, geng.

3. Syahrini

Syahrini Princess Cake 7fb4b

Syahrini juga tak luput jadi 'korban' bisnis kue artis yang sempat booming dengan meluncurkan Princess Cake.

Pada awalnya, usaha kuenya ini sempat berhasil dan terkenal banget, bahkan cake miliknya digadang-gadang jadi oleh-oleh wajib kalau bertandang ke Bogor dan Bandung.

Walau bisnis kue dari artis yang dianggap suka pamer ini jauh lebih sukses dari milik artis lainnya, toh akhirnya pun sama.

Ujung-ujungnya, Syahrini menutup cabang-cabang Princess Cake dan akun Instagram resmi dari usahanya itu juga sudah tidak aktif lagi.

4. Baim Wong

Bakmi Wong Baim Wong 5fe87
Sumber foto: Inilah Koran

Siapa bilang artis se-tajir Baim Wong nggak pernah merasakan susahnya cari cuan?

Buktinya, Baim pernah merilis usaha di bidang kuliner yang diberi nama Bakmi Wong, loh.

Sayangnya, bisnisnya itu gagal hingga ayah dari Kiano ini harus merugi hingga 1,5 miliar rupiah.

Kerugian itu bahkan menyebabkanya sempat punya utang dalam jumlah miliaran. Kayaknya memang lebih cocok jadi YouTuber ya, hehe.

5. Manohara Odelia Pinot

Manohara Kosmetik F062e
Sumber foto: Tribun Palembang

Diam-diam, Manohara punya banyak passion disamping jadi artis dan model, geng.

Jika kamu tahu, ia pernah terjun ke kontestasi Pemilu 2019 sebagai wakil Partai Nasdem. Manohara juga ternyata pernah merintis usaha, loh.

Sebelum bisnis kosmetik diminati oleh para artis, rupanya Manohara sudah pernah mengeluarkan brand kosmetik menggunakan namanya sendiri.

Sayang seribu sayang, ia juga gagal berbisnis setelah mengelolanya selama satu tahun lantaran adanya masalah dengan pihak pemasaran.

6. Ayu Ting Ting

Kuenya Ayu Tingting E3c76
Sumber foto: IDNTimes

Laris di dunia tarik suara dan presenter, Ayu Ting Ting juga sempat mencoba ikut-ikutan membuka bisnis kue artis yang dinamai Kuenya Ayu.

Saat dibuka pada tahun 2017 di kawasan Jabodetabek, kue miliknya mendapat respon positif terutama di kalangan penggemarnya - meski banyak yang memberikan ulasan negatif, sih.

Akhir cerita dari bisnis Ayu pun dengan mudah ditebak kan, geng?

Yup, akhirnya bangkrut dan semua cabangnya tutup. Kemungkinan sih, karena bangkrut.

7. Chef Juna

Chef Juna Correlate 51adf
Sumber foto: My Super Lounge

Master masak sekaliber Chef Juna gagal berbisnis? Ah, pasti bukan bisnis kuliner.

Kamu salah geng, karena kegagalan tersebut benar-benar diperoleh Chef Juna saat membuka rebuah restoran bernama Correlate yang akhirnya tertutup akibat sepi pembeli.

Padahal, Restoran Correlate ini menyajikan makanan khas Jepang yang sesuai dengan bidang Chef Juna banget, loh.

Namun, ia harus menutup bisnis ini karena tak ada perkembangan positif selama satu tahun lamanya. Ternyata koki terkenal juga bisa gagal bisnis kuliner, geng.

Akhir Kata

Yah, gitu deh yang namanya terjun ke dunia usaha. Nggak pandang siapa yang berbisnis atau apapun bisnisnya, kegagalan bisa terjadi, geng.

Tetapi banyak juga dari mereka yang nggak kapok berbisnis dan terus meningkatkan kualitas serta menyesuaikan dengan pangsa pasar sehingga dapat bertahan.

Yang jelas sih, ada baiknya untuk berjualan sesuatu yang 'kamu banget' daripada sekedar ikut-ikutan tren yang bisa redup kapan saja. Betul, nggak?

Baca juga artikel seputar Artis Indonesia atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

Bukannya Malu, 5 Artis Ini Malah Blak-Blakan Ngaku Selingkuh | Ada yang Gak Nyesel!

5 Objek Sejarah Ini Ditemukan Secara Tak Sengaja! | Gali Sumur Ketemu Makam Kaisar?

5 Jenis Handphone Pertama di Dunia | Layar Sentuh Sudah Ada Tahun 90-an!

7 Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Nusantara, Dari Makan-Makan Hingga Lomba Dayung!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 03 24t225217 497 E4dee
Bukannya Malu, 5 Artis Ini Malah Blak-Blakan Ngaku Selingkuh | Ada yang Gak Nyesel!
Untitled Design 2021 03 23t152021 011 2c1c1
Akrab Banget, Ternyata 14 Artis Ini Bersahabat Sejak Kecil | Ada Yang Dikira Pelakor!
Untitled Design 2021 03 19t124752 468 Aecd0
Potret 25 Selebriti Cantik Waktu Masih Kecil, Aura Artisnya Sudah Terpancar!
Untitled Design 2021 03 12t171128 082 A61ee
Dari Raisa Hingga Marion Jola, Ini Foto 13 Artis Cantik Ternama Saat Masih Sekolah!
Untitled Design 2021 03 08t194503 777 580b7
7 Artis yang Mengaku Jijik dengan Artis Lainnya, Ihh Gak Suka Gelayy!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal