• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Strati, Mobil Pertama yang Dibuat Oleh Printer 3D

Strati, Mobil Pertama yang Dibuat Oleh Printer 3D

Minggu, 30 Nov 2014, 15:00 WIB
Local Motors, perusahaan otomotif yang berbasis di Arizona berhasil membuat sesuatu yang baru pertama kali dilakukan oleh perusahaan lain. Mereka berhasil membuat sebuah mobil yang fisiknya dicetak menggunakan printer 3D dan merakitnya seca

Local Motors, perusahaan otomotif yang berbasis di Arizona berhasil membuat sesuatu yang baru pertama kali dilakukan oleh perusahaan lain. Mereka berhasil membuat sebuah mobil yang fisiknya dicetak menggunakan printer 3D dan merakitnya secara utuh.

Hebatnya lagi, mobil yang diberi nama Strati ini mampu berfungsi layanya mobil buatan pabrik lainnya. Menggunakan sumber daya listrik dari baterai, Strati mampu menempuh jarak hingga 193 km hanya dengan sekali pengisian baterai saja. Bahkan Strati berhasil dipacu hingga kecepatan 64,4 km per jam. Suatu hal yang terbilang luar biasa untuk sebuah mobil mini tersebut.

Berbeda dengan mobil konvensional yang memiliki skitar 5000 sampai 6000 bagian, Strati hanya memiliki 49 bagian saja. Ini sudah termasuk badannya, motor, roda, kursi penumpang dan pengemudi, sampai kaca depan. Semuanya dicetak menggunakan printer 3D menggunakan bahan dasar thermoplastic yang kemudian diperkuat dengan carbon fiber. Proses perakitannya pun tidak serumit mobil biasa. Para teknisi Strati mampu merakitnya dalam tempo 44 jam.

Meski belum dipasarkan secara bebas, Local Motors sudah berencana untuk memproduksinya untuk masyarakat umum. Kisaran harganya pun sudah dipatok sekitar US$18.000 sampai US$30.000, tergantung fitur dan desain yang diinginkan pembeli.

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal