Bocoran Spesifikasi dan Harga KIA EV9, Mulai Rp800 Jutaan Rilis Akhir 2023

Default

Nampaknya, KIA nggak sengaja membocorkan spek dan harga KIA EV9, model mobil listrik terbaru dari produsen otomotif asal Korea Selatan ini. Detail terbaru tentang KIA EV9 tersebut terungkap ketika KIA mengirimkan survei pada para pemilik mobil SUV Telluride mereka.

Dilansir Arena EV, dalam survei tersebut KIA menanyakan beberapa hal pada para pemilik model Telluride. Salah satunya tentang model atau varian dari EV9 mana yang paling mereka minati untuk mengukur minat konsumen untuk memutuskan varian apa yang bakal diproduksi.

Nah, detail terkait KIA EV9 ini bisa kita simpulkan dari tabel survei yang dikirimkan sama KIA. Terlihat bahwa dua varian paling murah akan menggunakan sistem satu motor dengan daya 200HP. Ini mungkin berarti bahwa KIA akan menggunakan motor yang sama dengan yang sudah ada di KIA EV6 LR yang memiliki daya 228hp. Varian paling murah ini akan dibanderol sekitar $56.000 atau setara Rp843 juta dan akan dilengkapi dengan baterai terkecil dengan jarak tempuh sekitar 220 mil.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Listrik Kia yang Rilis di Indonesia, Mewah & Fitur Canggih!

Varian selanjutnya akan menggunakan motor yang sama, namun dengan baterai yang lebih besar, kemungkinan besar adalah baterai 82.5 kWh yang digunakan oleh KIA, Hyundai, dan Genesis di mobil listrik mereka. Baterai tersebut akan meningkatkan jarak tempuh menjadi 290 mil dan varian ini hanya akan tersedia dalam konfigurasi 6 tempat duduk.

Tiga varian berikutnya akan menggunakan sistem dual-motor dengan daya 400HP dan roda 4x4 serta baterai yang lebih besar. Kemungkinan baterai yang digunakan masih berkapasitas 82.5 kWh. Tapi jarak tempuhnya bakal turun menjadi 260 mil dan 240 mil, mungkin karena ukuran roda yang lebih besar dan bobot yang sedikit lebih tinggi.

Sementara varian paling keren akan memiliki torsi tertinggi sebesar 480lb-ft (650Nm) namun daya keluarnya tetap sama. Torsi ini cukup untuk membuat mobil ini melesat dari 0 hingga 60 mph dalam waktu 5.2 detik saja.

Baca Juga: Subsidi Mobil Listrik: Ini Daftar Merek yang Dapat Diskon sampai Rp80 Juta!

Jika dilihat dengan seksama, spesifikasi KIA EV9 ini cukup mirip dengan yang ada di varian EV6. Jadi, bisa dibilang bocoran tersebut cukup bisa diandalkan. Tapi bukan nggak mungkin kalau KIA memutuskan untuk mengubah lagi spesifikasi dan harga EV9 dalam proses produksi nanti.

Namun yang pasti, KIA EV9 diprediksi bakal jadi salah satu mobil SUV listrik yang cukup tangguh dan dinantikan para penggemar EV. Varian ini akan jadi SUV listrik besar pertama dari grup KIA yang diikuti oleh Hyundai IONIQ 7 dan Genesis yang belum merilis model terbarunya.

Tiga level trim teratas dijual dengan harga masing-masing US$63.000 (Rp949 juta), US$68.000 (Rp1,024 miliar), dan US$73.000 (Rp1,1 miliar). Kita nantikan saja seperti apa detail pasti dari KIA EV9 ini. Mobil ini diprediksi bakal diluncurkan pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024 mendatang.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Komponen Mobil Listrik 18db6
10 Komponen Mobil Listrik dan Fungsinya, Lebih Simpel Dibanding Jenis Bensin!
Mobil Listrik 6b095
Akhirnya! Indonesia Resmi Punya Perusahaan Mobil Listrik
Mobil Listrik Hybrid 32b8b
10 Mobil Listrik Hybrid Terbaik di Indonesia, Lebih Hemat & Ramah Lingkungan!
Tips Merawat Baterai Mobil Listrik C266e
10 Tips Merawat Baterai Mobil Listrik, Dijamin Awet & Tidak Cepat Rusak!
Mobil Listrik Baru 2023 Ba68a
3 Mobil Listrik Baru 2023 Ini Siap Diperkenalkan Kepada Publik, Apa Saja?
Mobil Listrik Di Bawah 300 Juta D6780
4 Rekomendasi Mobil Listrik di Bawah 300 Juta, Ada di Indonesia & Siap Dibeli!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal