Jamur Cordyceps The Last of Us Ternyata Beneran Ada, Ini Fakta-Faktanya!

Default

The Last of Us (2023) adalah serial HBO yang menceritakan tentang pandemi global yang disebabkan oleh jamur Cordyceps. Dalam serial tersebut, infeksi bakteri dari mutasi jamur Cordyceps bisa mengubah manusia menjadi zombie.

Keberadaan jamur ini semakin viral di media sosial setelah episode 2 The Last of Us tayang pada Senin, 23 Januari 2023 kemarin. Kala itu, aktris legendaris Indonesia Christine Hakim juga muncul di sana sebagai Ratna, seorang profesor mikologi yang menemukan jamur Cordyceps bisa menyebabkan infeksi terhadap manusia dan menyebabkan kehancuran global.

Lantas di dunia nyata, apakah jamur ini benar-benar ada? Ternyata ada loh, geng. Tapi jangan panik dulu, ya. Karena jamur Cordyceps di dunia nyata sama sekali tidak menyebabkan infeksi zombie pada manusia. Malahan, jamur ini punya segudang manfaat!

Nggak percaya? Berikut beberapa fakta tentang jamur Cordyceps yang ada pada serial The Last of Us.

Baca Juga: Link Nonton The Last of Us (2023), Sudah Bisa Ditonton di HBO GO!

1. Ada 600 spesies di dunia

Sebenarnya, ada 600 spesies jamur Cordyceps yang tersebar di Asia. Salah satu spesies yang paling terkenal adalah Cordyceps sinensis, yang digunakan dalam pengobatan tradisional China selama lima ribu tahun dan diakui sebagai salah satu makanan super tertua di dunia.

Dalam pengobatan tradisional China, jamur ini dikenal dengan sebutan Dong Chong Xia Ca. Namun, perlu diingat bahwa dalam dunia nyata Cordyceps hanya ditemukan pada serangga saja.

2. Jamur zombie

Jamur Cordyceps juga dikenal dengan berbagai julukan seperti jamur zombie, jamur ulat, atau ulat sayur karena bentuk tipisnya.

Tapi tenang aja, jamur ini cuma bisa ditemukan pada serangga aja, kok. Jamur ini tumbuh pada larva serangga yang diinfeksi oleh spora saat musim gugur dan berkembang selama musim dingin.

Pada musim semi, jamur membunuh serangga dengan mengambil nutrisi mereka secara perlahan dan tumbuh melalui mulut serangga.

3. Bisa Dimakan

Tenang, geng. Jamur ini juga ternyata aman banget buat dikonsumsi manusia, loh. Jamur Cordyceps aman dimakan mentah atau dimasak, rasanya enak dan cocok dengan hampir semua hidangan.

Namun, kalau kamu ada alergi terhadap jamur atau ragi, ada risiko kamu juga alergi sama jenis yang satu ini. Dampak jika mengonsumsi adalah diare, mual, dan sakit kepala.

Baca Juga: Film Zombie Terbaru & Terbaik Sepanjang Masa, Seram & Sadis!

4. Jamur atlet

Karena aman dimakan, jamur ini juga dikenal sebagai "jamur atlet" karena dapat meningkatkan produksi Adenosine triphosphate (ATP), sumber energi utama tubuh yang penting bagi kinerja fisik dan daya tahan.

5. Memperpanjang usia

Manfaatnya nggak cuma untuk atlet saja, loh. Tapi juga dipercaya bagus untuk kita orang awam karena katanya bisa memperpanjang umur dan meningkatkan kualitas hidup dengan menghalangi stres oksidatif dan penurunan fungsi tubuh.

Jamur ini juga dikenal sebagai nootropik yang efektif dalam meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah gangguan neurodegeneratif, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam pengobatan depresi.

6. Jadi Anti-Virus Corona!

Fakta terakhir nih, geng. Ternyata ada peneliti yang mengklaim bahwa jamur ini punya struktur yang berpotensi menghambat replikasi virus corona secara langsung, alias bisa jadi antivirus Covid!

Katanya sih, jamur tersebut memiliki beberapa senyawa aktif yang bekerja sistemik. Ada yang antiviral berdasarkan studi metadata. Tapi sampai saat ini, belum ada bukti klinis soal klaim ini ya, geng.

Jadi, jelas kan kalau keberadaan jamur Cordyceps ini sebenarnya nggak bahaya dan bisa menyebabkan infeksi zombie seperti di serial The Last of Us. Buktinya, sudah lama manusia memanfaatkannya untuk pengobatan dan suplemen daya tahan tubuh.

Tapi kira-kira, kamu percaya nggak sih kalau di luar sana memang ada jamur atau spesimen apa pun itu yang bisa menyebabkan infeksi zombie global? Berikan komentarmu di bawah sini, ya!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Last Of Us 009df
Bikin Bangga! Aktris Indonesia Ini Ikut Ambil Peran di Serial HBO The Last of Us
Bocoran Serial Tv The Last Of Us Produksi Hbo Bakal Persis Kayak Game 18d95
Bocoran Serial TV The Last of Us Produksi HBO, Pesaing The Witcher?
Banner Last Of Us D5ac3
Bukan Jakarta, Ternyata Ini Daerah Indonesia yang Jadi Latar di The Last Of Us
Banner The Last Of Us 06054
Warganet Bangga, Jakarta dan Indonesia Disebut di Serial HBO The Last of Us
Sinopsis dan Link Nonton The Last of Us HBO, Tayang Mulai 15 Januari 2023!
Banner Last Of Us 0cdda
Link Nonton The Last of Us (2023), Sudah Bisa Ditonton di HBO GO!
Tags Terkait: ViralMedia Sosial
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal