Mengenal Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak di serial Si Doel Anak Sekolahan

Default

Aminah Cendrakasih, aktris yang memerankan tokoh Mak Nyak dalam serial televisi terkenal Si Doel Anak Sekolahan, meninggal dunia pada Rabu, 21 Desember 2022. Jenazah alamarhumah akan dikebumikan di TPU Karet Bivak, Kamis (22/12).

Mak Nyak lahir di Magelang, 29 Januari 1938. Semasa hidupnya, Mak Nyak dikenal sebagai aktris legendaris yang tidak pernah gagal membawakan suatu peran.

Harian Kompas yang terbit pada 31 Agustus 1980, sebagaimana dilansir dari Kompas.com menyebutkan, Mak Nyak sudah terjun ke dunia film sejak tahun 1956. Bakat akting Mak Nyak diwariskan dari orangtuanya, khususnya sang ayah yang merupakan aktor sandiwara pada masa penjajahan Belanda.

Mak Nyak menikahi sang suami, Idris, seorang kelahiran Betawi asli, dan dikaruniai 4 putra dan 3 putri. Dalam serial Si Doel Anak Sekolahan, Mak Nyak membawakan karakter sebagai ibunda Doel yang galak tapi sangat menyayangi anak-anaknya.

Menurut Mak Nyak, peran judes tersebut ternyata beda dengan sifat aslinya yang ramah dan suka humor. Mak Nyak mengakui bahwa dirinya bukan sosok yang galak dalam kehidupan nyata.

"Tapi banyak yang mengatakan saya lebih cocok jadi orang galak dan judes. Bagi saya, saya menyenangi semua peran kecuali yang porno," kata Mak Nyak.

Selama kariernya, Mak Nyak berhasil meraih sejumlah penghargaan, termasuk Piala Maya untuk kategori Penampilan Singkat nan Berkesan berkat perannya di Si Doel the Movie 2019. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasinya terhadap dunia akting selama bertahun-tahun.

Baca juga artikel Ragam, Hiburan, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tags Terkait: Flash News
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal