Dulu Borong Mobil Baru, Kini Warga Kampung Milarder di Tuban Protes Tak Punya Penghasilan

Default

Kamu masih ingat dengan daerah di Kabupaten Tuban, Jawa Tengah, yang sempat dijuluki kampung milarder beberapa waktu lalu? Kini, ada kabar terbaru tentang kampung tersebut, lho.

Pasalnya, warga yang dulunya menerima uang dalam jumlah besar karena proyek strategis nasional pembangunan kilang minyak itu kini mengaku menyesal telah menjual tanahnya.

Salah satunya diungkapkan oleh Musanam, seorang warga asal Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Musanam merupakan salah satu dari sekian banyak warga Tuban yang ikut berunjuk rasa di kantor PT Pertamina Grass Root Revenery (GRR) Tuban, pada Senin (24/01/2022) kemarin.

Diakui oleh Musanam, dulunya ia memang sempat terbuai dengan janji PT. Pertamina Grass Root Revenery (GRR) Tuban untuk memberikannya pekerjaan dalam proyek kilang minyak tersebut.

Namun, Musanam dan sebagian besar warga lainnya justru tak lagi punya pendapatan tetap karena lahan yang biasa mereka pakai untuk bertani telah dijual untuk kepentingan proyek.

Sementara itu, janji Pertamina untuk memberikan mereka pekerjaan juga tak kunjung ditunaikan. Musanam pun kini terpaksa menjual sapi-sapinya untuk bertahan hidup.

"Dulu punya enam ekor sapi mas, sudah tak jual tiga untuk hidup sehari-hari dan kini tersisa tiga ekor saja," kata Musanam, dilansir dari Kompas, Selasa (25/01/2022).

Warga Kampung Miliarder Nyesal Juah Tanah B2d02

Sumber foto: Kompas

Musanam memang tidak sendirian, ia bersama sejumlah warga dari enam desa di ring perusahaan patungan Pertamina dan Rosneft asal Rusia itu juga mengeluhkan hal yang sama.

Warga yang hadir dalam unjung rasa di antaranya berasal dari Desa Wadung, Mentoso, Rawasan, Sumurgeneng, Beji, dan Kaliuntu, Kecamatan Jenu.

Perempuan bernama Mugi yang juga tinggal di kampung miliarder ini misalnya, yang saat ini juga nyaris tidak memiliki penghasilan setelah lahannya seluas 2,4 hektare dibeli oleh PT Pertamina.

"Ya nyesel, dulu lahan saya ditanami jagung dan cabai bisa dapat Rp40 juta sekali panen, tapi sejak saya jual tidak ada penghasilan," kata Mugi yang juga ikut berunjuk rasa.

Mugi lalu mengungkapkan bahwa lahan pertanian miliknya itu sudah dibeli oleh pihak Pertamina dengan harga mencapai lebih dari Rp2,5 miliar.

Meski begitu, ia mengaku tidak menggunakan uang tersebut hingga habis tak tersisa. Sebagian ia gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sisanya lagi ditabung.

"Setiap saya di kebun, saya didatangi dan dirayu-rayu, mau diberikan pekerjaan anak-anak saya pokoknya dijanjikan enak-enak, tapi sekarang enggak ada," ucapnya kesal.

Merasa hanya diberikan janji palsu, ratusan warga yang hadir di lokasi proyek pun melakukan aksi unjuk rasa untuk menagih janji PT Pertamina GRR Tuban yang akan mengutamakan warga lokal sebagai pekerja.

Unjuk Rasa Warga Kampung Miliarder Eff82

Sumber foto: Kompas

Koordinator aksi Suwarno mengatakan, pihak perusahaan hanya memperbolehkan pekerja dari warga lokal yang usianya di bawah 50 tahun.

"Ada pembatasan syarat usia yang dilakukan perusahaan. Di atas 50 tahun tidak diperbolehkan," ungkap Suwarno.

Di sisi lain, masih menurut Suwarno, perusahaan tidak pernah menyampaikan persyaratan tersebut saat adanya proses pembebasan lahan.

"Ini pekerja kasar aja tidak diperbolehkan, tapi kenyataannya ada pekerja dari luar ring 1 yang usianya di atas batas umur yang ada," tambahnya.

Solikhin, perwakilan PT Pertamina GRR yang hadir di lokasi, telah berjanji kepada warga akan menyampaikan tuntutan tersebut kepada pihak manajemen di pusat.

"Nanti pihak perusahaan akan menjawab semuanya melalui lembaran press release," kata Solikhin.

Dahulu, kisah warga di Tuban yang mendadak jadi milarder karena lahannya dibeli pihak Pertamina hingga miliaran rupiah memang sempat menghebohkan, geng.

Para miliarder baru di desa tersebut pun diketahui langsung berbondong-bondong membeli mobil baru hingga viral di media sosial.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Sudah Menikah 24 Kali, Nama Vicky Prasetyo Bakal Di-Blacklist oleh KUA?

Maura Magnalia, Putri Artis dan Politikus Nurul Arifin Meninggal Dunia | Diduga Alami Serangan Jantung

10 Potret Matthew White, Aktor Cilik Film Danur yang Meninggal karena Diabetes

Bikin Geger! Mayat Wanita Hamil ini Melahirkan Bayi di Dalam Peti Mati, Kok Bisa?

6 Fakta Terbaru Kondisi Kesehatan Dorce Gamalama, Sudah Beli Kain Kafan Sendiri?

9 Momen Tunangan Aprilio Manganang dan Kekasihnya Claudya, Siap Terima Kekurangan!

ARTIKEL TERKAIT
Selebgram Cantik Jaulan Kentut 41eb3
Viral! Selebgram ini Raup Rp700 Juta Per Minggu dari Jualan Kentut, Mau Beli?
Mahasiswi Jadi Kuli Angkut Semen E500f
Aksi Mahasiswi Cantik Jadi Kuli Angkut Viral di Medsos, Ternyata ini Kisah Dibaliknya!
Rekor Melihat Matahari Terlama 07880
Wow! Kakek 70 Tahun Berhasil Pecahkan Rekor Tatap Matahari Terlama Tanpa Berkedip
Diceraikan Karena Nafkah Rp30 Ribu E55a4
Viral Kisah Suami Diceraikan Karena Nafkahi Istri Rp30 ribu, Warganet: Segitu Bisa Beli Apa?
Kasus Polisi Dan Tni Gadungan 7fed3
5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!
Kakek Beragama Islam Hibah Tanah Untuk Gereja D6a8e
Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal