Warganet Kritik Kondisi TMII yang Tampak Terbengkalai, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Default

Kamu sudah pernah berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII)? Kebetulan, kondisi terkini TMII sedang menjadi sorotan hangat di kalangan warganet Tanah Air, geng.

Hal ini berawal dari sebuah video unggahan salah satu pengguna media sosial Twitter yang memperlihatkan kondisi TMII sebelum dan sesudah dikelola oleh pemerintah.

Berdasarkan pantauan Jaka, video viral berdurasi 2 menit 20 detik itu diposting oleh akun bernama @RomitsuT pada Rabu (19/01/2022) malam.

Tidak hanya mengunggah video, akun tersebut dalam cuitannya juga menyampaikan kritiknya karena TMII sekarang tampak seperti objek wisata yang terbengkalai.

"TMII sebelum dan sesudah diambil alih dan dikelola oleh pemerintah. Ambyar... Merusak bukan menambah baik," tulis pengguna akun @RomitsuT dalam cuitannya.

Kritik Warganet Soal Kondisi Tmii C0dfc

Sumber foto: Twitter

Sontak, tweet tersebut ramai direspon oleh warganet lainnya hingga mendapat ribuan tanda suka dan retweet, geng. Tak sedikit warganet yang akhirnya ikut mengomentari unggahan tersebut.

"Yah sayang banget, dulu pas masih SD nggak sempat ke kolam renang itu, cuma gondola doang, sekarang udah begini," komentar salah satu pengguna Twitter.

"Kok malah serem. Arena bermain jadi kaya uji nyali," balas pengguna Twitter lain.

"Padahal TMII itu hiburan murmer, coba deh tiap weekend atau musim liburan lewat daerah situ macetnya pol. Sayang banget kalau sekarang nggak terawat gitu," timpal warganet lainnya.

Sementara hingga artikel ini dimuat, cuitan dari akun Twitter @RomitsuT tersebut telah mendapatkan lebih dari 5 ribu tanda suka dan lebih dari 2 ribu kali di-retweet, geng.

Tanggapan Pihak TMII

Menanggapi viralnya kondisi TMII yang disebut sudah tidak terawat, Kepala Humas TMII Adi Widodo pun ikut buka suara. Menurutnya, TMII saat ini sedang direnovasi.

"TMII memang sedang direnovasi. Detail rencana silakan hubungi PUPR. Perpres Nomor 116 tahun 2021 adalah dasarnya," kata Adi seperti yang dilansir dari detikcom, Jumat (21/01/2022).

Hal senada juga lebih dulu disampaikan oleh Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Cokro (TWC) Edy Setijono.

Edy pernah menyampaikan bahwa TMII akan dipoles dengan penataan yang baru, geng. Penataan itu dimaksudkan untuk menyambut kegiatan G20.

"Kita berharap nanti ada satu kegiatan side event G20 di Taman Mini, seperti juga di Borobudur dan Prambanan. Tempat itu juga menjadi lokasi untuk side event G20," ujar Edy saat acara Soft Opening Borobudur Edupark di Mungkid, Magelang, Sabtu (15/01/2022).

Kritik Warganet Soal Kondisi Tmii C0dfc

Sumber foto: Republika

Lebih lanjut, Edy menyampaikan bahwa renovasi TMII sudah dimulai sejak Januari 2022, sementara perampungannya ditargetkan selesai pada Agustus atau paling lambat September tahun ini.

Adapun pengerjaan renovasi TMII akan dilakukan dalam beberapa tahap, geng. Edy mengatakan, tahap pertama masih berfokus pada penataan kawasan agar dapat mengikuti layout yang ada.

"Kalau Borobudur dan Prambanan sudah ready tinggal pembenahan sedikit, tapi kalau Taman Mini perlu renovasi dan lain-lain," lanjut Edy.

Kegiatan operasional di TMII pun masih belum ditentukan apakah harus ditutup untuk wisatawan atau tidak. Satu yang pasti, Edy berharap agar TMII dapat merepresentasikan keindahan Indonesia.

"Itu harus menjadi betul-betul tempat orang melihat keindahan budaya bangsa kita," Kata Edy sembari berharap.

"Kalau sekarang kan banyak fungsi-fungsi komersial lain yang masih tumpang tindih. Nah, itu sedang kita tata ulang. Jadi orang datang ke situ, dia betul-betul bisa merasakan suasana budaya Indonesia," jelasnya.

Jadi, TMII bukannya dibiarkan tak terawat, geng, tetapi masih dalam proses renovasi. Semoga renovasi tersebut akan berjalan dengan lancar, ya. Apa nih, pendapatmu mengenai ramainya pemberitaan tentang TMII?

Baca juga artikel seputar News atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Susul MUI dan NU, Muhammadiyah Juga Keluarkan Fatwa Haram Untuk Mata Uang Kripto

Squid Game Season 2 Resmi Hadir, Hadirkan Lebih Banyak Game Baru yang Menegangkan!

Fakta Menarik Film The Raid Remake Hollywood, Bakal Punya Plot Baru dan Dipimpin Sutradara Kondang!

Siapa Moon Knight? Vigilante Marvel dengan Masalah Mental Kepribadian Ganda

Film Pengabdi Setan 2 Dipastikan Tayang Tahun ini, Joko Anwar: Dia Datang Lagi!

Miss Kay, Sosok Sebenarnya Dibalik Video 61 Detik: Netizen Buru Video Asli Demi Memastikannya

ARTIKEL TERKAIT
Selebgram Cantik Jaulan Kentut 41eb3
Viral! Selebgram ini Raup Rp700 Juta Per Minggu dari Jualan Kentut, Mau Beli?
Mahasiswi Jadi Kuli Angkut Semen E500f
Aksi Mahasiswi Cantik Jadi Kuli Angkut Viral di Medsos, Ternyata ini Kisah Dibaliknya!
Rekor Melihat Matahari Terlama 07880
Wow! Kakek 70 Tahun Berhasil Pecahkan Rekor Tatap Matahari Terlama Tanpa Berkedip
Diceraikan Karena Nafkah Rp30 Ribu E55a4
Viral Kisah Suami Diceraikan Karena Nafkahi Istri Rp30 ribu, Warganet: Segitu Bisa Beli Apa?
Kasus Polisi Dan Tni Gadungan 7fed3
5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!
Kakek Beragama Islam Hibah Tanah Untuk Gereja D6a8e
Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!
Tags Terkait: NewsViral
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal