Vaksin Booster Gratis Dimulai Hari Ini: Cek Syarat, Lokasi, dan Jenis Vaksinnya di Sini

Default

Vaksin booster akan diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat secara cuma-cuma alias gratis. Kepastian ini diungkapkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang diumumkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pemberian vaksin Covid-19 dosis lanjutan atau booster akan dimulai hari ini, Rabu (12/1/2022). Vaksin lanjutan ini diprioritaskan terlebih dahulu untuk masyarakat yang termasuk ke dalam golongan lansia dan kelompok rentan.

"Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi," ucap Presiden Jokowi, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/1/2022).

Selain lansia dan kelompok rentan, ada persyaratan lainnya yang harus dipenuhi calon penerima vaksin booster Covid-19 ini. Apa saja persyaratannya? Simak penjelasannya sekaligus lokasi dan jenis vaksin yang digunakan berikut.

Jadwal, Lokasi, dan Syarat Mendapat Vaksin Booster

Program Vaksinasi Covid 19 C57f3
Sumber foto: Kemkes

Masyarakat yang termasuk ke dalam kelompok prioritas, bisa mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di situs resmi serta aplikasi PeduliLindungi. Tiket ini nantinya digunakan untuk mendapat vaksinasi ketiga di fasilitas kesehatan atau tempat dengan waktu yang sudah ditentukan.

Cek Jadwal Lewat Situs PeduliLindungi

Masyarakat bisa mengunjungi situs pedulilindungi.id dan mengecek status serta tiket vaksinasi dengan memasukkan Nama Lengkap dan NIK, lalu klik periksa.

Cek Jadwal Lewat Aplikasi PeduliLindungi

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi.
  2. Masuk dengan akun terdaftar.
  3. Klik menu Profil dan pilih Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19.
  4. Muncul status dan jadwal vaksinasi booster.
  5. Cek tiket vaksin dengan ke menu Riwayat dan Tiket Vaksin.

Lokasi Vaksinasi Booster

Fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit peemrintah, dan rumah sakit pemerintah daerah akan menjadi lokasi program vaksinasi booster. Masing-masing masyarakat akan ditentukan tempatnya berdasarkan jarak terdekat dari tempat tinggal.

Syarat Penerima Vaksin Booster

Selain dikategorikan sebagai kelompok prioritas seperti lansia atau rentan, ada sejumlah syarat lainnya yang harus dipenuhi masyarakat calon penerima vaksin booster. Berikut persyaratan penerima vaksin booster.

  1. Usia 60 tahun ke atas (prioritas).
  2. Kelompok rentan (prioritas).
  3. Berusia 18 tahun ke atas.
  4. Berada di wilayah yang sudah memenuhi 70 persen suntikan pertama dan 60 persen dosis kedua.
  5. Sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap, dengan jangka waktu 6 bulan setelah dosis kedua diberikan.

Jenis Vaksin Booster Covid-19

Vaksin AstraZeneca 3903e
Sumber foto: Getty Images

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi, menyebut bahwa ada tiga kombinasi jenis vaksin Covid-19 yang digunakan sebagai vaksin booster. Berikut detail penggunaan jenis vaksin Covid-19 untuk vaksin booster.

  1. Penerima vaksin Sinovac dosis pertama dan dosis kedua diperolehkan menggunakan vaksin Pfizer setengah dosis sebagai vaksin booster.

  2. Penerima vaksin Sinovac dosis lengkap dapat menggunakan setengah dosis vaksin AstraZeneca sebagai vaksin booster.

  3. Penerima vaksin AstraZeneca dosis lengkap bisa menggunakan setengah dosis vaksin Moderna sebagai vaksin booster.

Menkes mengatakan, tiga kombinasi untuk vaksin booster Budi mengatakan, tiga kombinasi jenis vaksin booster tersebut berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada dan hasil riset dan telah disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan ITAGI.

Bagaimana Jika Belum Mendapat Tiket?

Jika merasa termasuk ke dalam kelompok prioritas tapi belum mendapat tiket dan jadwal vaksinasi booster, masyarakat diimbau untuk mendatangi fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat. Jangan lupa untuk membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Selain itu, pastikan juga saat mendaftar untuk tidak menggunakan NIK dan nomor HP milik orang lain. Hal ini untuk menghindari kendala administrasi yang bisa terjadi akibat perbedaan identitas diri.

Presiden Jokowi menyebut bahwa program vaksinasi booster akan diberikan secara gratis. Menurutnya, keselamatan rakyat adalah yang utama sehingga pemerintah memutuskan untuk menggratiskan vaksin lanjutan ini.

"Meski sudah divaksin, saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan karena vaksinasi dan disiplin prokes adalah kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19," tutup Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Akhir Kata

Itulah jadwal, lokasi, syarat, hingga jenis vaksin booster yang bisa kamu cek segera. Jika ada keluargamu yang termasuk ke dalam kelompok prioritas seperti lansia atau orang rentan segerakan untuk mengikuti program vaksinasi lanjutan ini, geng.

Baca juga artikel seputar Gadgets, Tech Hack, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Hp Terbaru Juli 2020 Banner 9f2cb
Daftar HP Terbaru Juli 2020 & Harga Resminya , Bagus Semua!
Hp Android Murah Bbc09
20+ HP Murah Berkualitas Tinggi Terbaik 2022, Mulai 900 Ribuan!
Hp Terbaik 2021 18478
15 HP Terbaik 2021 Paling Populer, Mulai 1 Jutaan Doang!
Cats3 B4452
20+ HP Gaming Murah Terbaik 2021, Mulai 1 Jutaan Bisa Main Game Berat!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal