Sudah Bikin Geger, SMS Peringatan Tsunami dari BMKG Ternyata Hoaks | Ada Kesalahan Sistem!

Default

Sebuah pesan singkat (SMS) yang mengatasnamakan KominfoBMKG bikin geger sejumlah masyarakat pada hari ini, Kamis (27/05/2021).

Pesan tersebut menginformasikan peringatan dini tsunami dan gempa di sejumlah wilayah Jawa, NTB, Bali, hingga NTT pada 4 Juni 2021 nanti.

"Peringatan Dini Tsunami di JATIM,NTB,BALI,NTT,JATENG, Gempa Mag:8.5, 04-Jun-21 10:14:45WIB, Lok:10.50LS,114.80BT,Kdlmn:10Km::BMKG," bunyi pesan tersebut.

Terang saja masyarakat yang menerima pesan tersebut kaget. Sejumlah netizen bahkan mengunggah tangkapan layar dari SMS tersebut ke Twitter.

Namun tak lama setelah pesan tersebut beredar, ada SMS lanjutan berupa ralat dari si pengirim pesan.

"Mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman TEST--Peringatan Dini Tsunami di JATIM,NTB,BALI,NTT,JATENG,...::BMKG."

Tak cuma melalui SMS, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga langsung mengunggah klarifikasi melalui Facebook dan Twitter resmi.

Bmkg Gempa C315c

Sumber foto: Twitter @nuicemedia

Rupanya, SMS blast tersebut terjadi karena ada kesalahan sistem. Informasi yang berada dalam SMS itu pun bukan prediksi bencana yang sesungguhnya.

"BMKG menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar, karena telah terjadi kesalahan pada sistem pengiriman informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami yang melalui kanal SMS_."

"BMKG dan Kominfo telah merespon secara cepat dengan melakukan klarifikasi terhadap sistem pengirim informasi yang salah tersebut, melalui saluran/kanal komunikasi yang sama, SMS BMKG-Kominfo."

BMKG dan Kominfo juga langung melakukan penelusuran dan investigasi lebih jauh tentang kesalahan ini. Sementara itu, masyarakat diminta tetap tenang.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang, karena hasil monitoring BMKG saat ini tidak terjadi gempa berkekuatan M8,5 di wilayah Indonesia, sehingga secara institusi BMKG tidak mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami tersebut."

"Informasi yang tersebar tersebut juga bukan merupakan prediksi gempa yang akan terjadi dalam waktu dekat, karena hingga saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan, dimana, dan berapa besar kekuatan gempa akan terjadi."

Sementara itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, juga memastikan SMS yang beredar tadi adalah tidak benar. Ia menyatakan hal itu melalui akun Twitternya, @DaryonoBMKG.

"Informasi yg tersebar via SMS blast Gempa Mw8,5 tadi pagi bukan merupakan prediksi gempa yg akan tjd dalam waktu dekat, krn hingga saat ini BELUM ADA SATU PUN TEKNOLOGI YG MAMPU MEMPREDIKSI GEMPA dgn tepat dan akurat kapan, dimana, dan berapa besar kekuatan gempa akan terjadi," cuitnya.

Buat kamu yang ingin mendapatkan informasi terbaru, diminta untuk memantau akun resmi BMKG di media sosial, Call Center 196, maupun kantor BMKG terdekat.

BACA JUGA

5 Tempat Wisata yang Ditutup Karena Ulah Manusia, Ada yang di Indonesia!

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian 2021 | Auto Banyak Likes!

Sosok 3 Anak Dono Warkop yang Berprestasi | Dekat dengan Indro dan Ada yang Jadi Ahli Nuklir!

10 Potret Rumah Penyanyi Dangdut Indonesia Paling Sukses, Mewah Banget!

Nonton Film A Quiet Place Part II (2021) | Monsternya Masih Ada, Jangan Berisik!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Pendeteksi Gempa 2f6de
10 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terakurat 2020, Tetap Waspada!
Download Zombie Tsunami Mod Apk Banner 76beb
Download Zombie Tsunami MOD APK v4.5.2 Terbaru | Unlimited Coins & Diamonds!
Gempa Bumi Terdahsyat 55312
10 Gempa Bumi Terbesar yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah
Gempa Bumi Terdahsyat D4752
5 Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia, Salah Satunya di Indonesia!
6b998223ed23394ba1319b703ec10da5
5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik Untuk Android
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal