Ditemukan Kawah Misterius di Dekat Kuburan KRI Nanggala 402 | Ini Penampakannya

Default

Sejumlah temuan baru dari hasil investigasi lanjutan penyelamatan kapal selam KRI Nanggala 402 akhirnya dipublikasikan oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda Iwan Isnurmanto.

"Ini adalah perkembangan dari investigasi bersama bantuan kapal China Tan Suo Er Hao," ujar Iwan ketika dalam jumpa pers di Bali yang disiarkan daring, Selasa (18/5/2021) seperti dikutip dalam Liputan6.com.

Iwan menuturkan, Kapal Tan Suo membuat survei bawah laut pada kedalaman lebih dari 800 meter. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil pemetaan hampir sama seperti apa yang didapat oleh KRI Rigel.

"Kami temukan hal yang tak jauh beda dengan KRI Rigel, ditemukan semacam kawah dengan kedalaman 10-15 meter yang belum kami ketahui apa di dalamnya," jelas Iwan.

"Lokasi badan tekan secara pasti belum bisa digambarkan. Kami hanya memperkirakan saja saat ini, mungkin khususnya ada di kawah tersebut," imbuh Iwan.

Selain itu, Iwan menyebut, tiga bagian kapal lain yakni anjungan (bow section), haluan (sail section), serta buritan (stern section) ditemukan tak jauh berlokasi dari kawah itu.

Dia menuturkan kalau penemuan kawah itu tergambar dalam survei bawah laut dari kapal milik China dengan jarak ukur pada lebar 2,5 kilometer dan 3,7 Km.

Sejumlah kapal China yang diperbantukan untuk proses evakuasi yakni: PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo 195, PRC Navy Ocean Salvage & Rescue Yong Xing Dao 863, serta kapal Penelitian Tan Suo 2 akademi ilmu pengetahuan China.

Tahapan Operasi Penyelamatan KRI Nanggala 402

Iwan merinci, sekarang Kapal Tan Suo punya sejumlah agenda untuk operasi penyelamatan kapal selam KRI Nanggala 402 pada utara perairan Bali.

Selain didapati penemuan kawah misterius, terdapat lima tahapan operasi yang bakal dilakukan kapal China Tan Suo, seperti ini rinciannya:

Dive operation pertama: Kapal Tan Suo lakukan investigasi memeriksa betul memakai deep vehicle pada kedalaman 839 meter.

Dive operation kedua: Kapal Tan Suo melakukan pengukuran dan pemetaan.

Dive operation ketiga: Kapal Tan Suo berfokus pada pengangkatan di mana tali slink dapat disangkutkan agar bisa mengangkat bagian kapal yang ditemukan.

Dive operation keempat: Kapal Tan Suo berfokus pada kawah misterius demi mengetahui apa yang terdapat di dalamnya lantaran kondisinya yang tertutup lumpur juga posisinya yang gelap.

Dive operation kelima: Kapal Tan Suo berfokus pada kawah juga meluaskan pencarian menggunakan sonar.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Fasih Berbahasa Indonesia, 6 Artis Asing Ini Kerap Dikira WNI!

5 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Bisa Tanpa Aplikasi!

Wajah Cantik Bak Bidadari, 5 Artis Indonesia Ini Dulunya Cowok!

Jarang Muncul, Penampilan Anak Ariel NOAH di Lebaran Curi Perhatian

Nonton Tokyo Revengers (2021) | Balik ke Masa Lalu Demi Selamatkan Mantan Pacar!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal