Cuma 7 Cm, Sketsa Kepala Beruang Leonardo da Vinci Ini Harganya Rp236 Miliar!

Default

Sketsa kepala beruang buatan Leonardo da Vinci diperkirakan akan terjual lebih dari 16 juta dollar AS atau sekitar 236 miliar rupiah di pelelangan.

Rumah lelang Christie's di London menyebutkan sketsa tersebut adalah salah satu dari delapan lukisan Da Vinci yang masih berada di tangan pihak pribadi.

Hanya berukuran sekitar 7 cm, lukisan ini dibuat di atas kertas berwarna pink-krem pucat. CNN menyebutkan, Da Vinci menggunakan teknik silverpoint, yang diajarkan oleh Andrea del Verrocchio.

Teknik tersebut dilakukan dengan menandai kertas yang diolah secara kimia dengan batang atau kawat perak.

Sketsa ini telah berpindah tangan beberapa kali selama berabad-abad. Pada 1860, Christie's pernah menjualnya dengan harga 439 euro dengan nilai uang sekarang, atau sekitar Rp7,5 juta.

Lukisan yang dinamai Head of a Bear ini pernah dipamerkan di museum-museum ternama dunia, seperti National Gallery di London, Louvre Abu Dhabi, dan Saint Petersburg s State Hermitage Museum.

Dalam rilisnya, kepala Lukisan Old Master di Christie s New York, Ben Hall, menyatakan sketsa itu adalah salah satu karya terpenting yang masih berada di tangan pribadi.

Head of a Bear juga pernah menjadi milik para kolektor terkenal, seperti pelukis Sir Thomas Lawrence dan kolektor seni Captain Norman Robert Colville.

Mengapa Harganya Mahal Banget?

Sketsa Leonardo da Vinci termahal yang pernah terjual di rumah lelang adalah Horse and Rider, yang bernilai 8 juta euro pada 2011 lalu.

Lantas kenapa sketsa kepala beruang itu bisa jadi sangat mahal?

Pasalnya, pihak Christie s Paris menyatakan sketsa itu sebagai salah satu karya terakhir Da Vinci yang muncul di pasaran.

Namun harga sketsa itu belum ada apa-apanya dengan lukisan jadul yang pernah terjual sebelumnya. Pada 2009, lukisan Head of a Muse karya Raphael dihargai 49 juta dollar AS atau sekitar 696 miliar rupiah.

Leonardo da Vinci sendiri terkenal dengan lukisan minyaknya seperti Mona Lisa dan Perjamuan Terakhir. Ia juga dikenal piawai membuat sketsa anatomi tubuh manusia yang akurat.

Selain itu, seniman jenius ini antusias dengan alam dan banyak membuat sketsa-sketsa binatang. Gambar kucing, anjing, dan beruangnya dipamerkan di berbagai museum seperti British Museum, dan Metropolitan Museum of Art.

Karya Da Vinci lainnya banyak yang bertema keagamaan. Pada 2016, lukisan The Martyred Saint Sebastian dilelang dengan harga 15 juta euro. Namun penjualan itu dilarang karena pemerintah Prancis menetapkannya sebagai harta nasional.

Mahakarya Da Vinci yang bertajuk Salvator Mundi sendiri tercatat sebagai lukisan termahal di dunia.

Lukisan yang konon menggambarkan Yesus Kristus tengah memegang bola kristal tersebut berhasil dilelang seharga 450,3 juta dollar AS atau sekitar Rp6,5 triliun (kurs Rp14.500) pada tahun 2017.

BACA JUGA

5 Misteri Samudera Pasifik Paling Seram, Ada Monster di Indonesia?

Nonton Film Mortal Kombat (2021) | Ketika Joe Taslim Jadi Villain Super Kuat

Kosmonot China Ketakutan! Ini 7 Hal Aneh Dialami Astronot di Luar Angkasa

Download Higgs Domino MOD APK v1.69 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

5 Perubahan Wajah Artis Indonesia Paling Drastis, Bikin Pangling!

ARTIKEL TERKAIT
Lukisan Menyeramkan Banner
10 Karya Lukisan Menyeramkan yang Bikin Mimpi Jadi Sangat Buruk
Lukisan Membuat Mimpi Buruk Banner
10 Karya Lukisan Menyeramkan yang Bikin Mimpi Jadi Sangat Buruk (Part 2)
Lukisan Surealis Menyeramkan Banner
10 Karya Lukisan Menyeramkan yang Bikin Mimpi Jadi Sangat Buruk (Part 3)
Rahasia Di Balik Lukisan Mona Lisa Banner 9d412
5 Rahasia Tersembunyi di Balik Lukisan Mona Lisa, Penuh Misteri!
Lukisan Menggunakan Excel 8d3ab
Gokil! 7 Lukisan ini dibuat Menggunakan Microsoft Excel
Tags Terkait: paintingiptekLukisan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal