Jembatan Kaca di China Hancur, Turis Sampai Bergelantungan di Ketinggian 100 Meter

Default

Sebuah kabar yang diunggah dalam akun media sosial resmi Weibo Kota Longjing menyebutkan kawasan wisata Gunung Piyan, di timur laut negara China, telah mengalami cuaca ekstrem pada hari Jumat (07/05/2021).

Hal ini berakibat pada rusaknya sejumlah panel dek kaca. Melansir dari Detik.com pejabat setempat menyalahkan kondisi angin kencang.

Selepas jembatan kaca setinggi 100 meter dekat kota Longjing itu hancur hingga menyebabkan seorang turis terjebak ketakutan memeluk tiang di tengah jembatan ini.

"Staf kami bergegas ke tempat kejadian dengan peralatan darurat dan berhasil memindahkan orang yang terperangkap ke tempat yang aman. Insiden itu tidak menimbulkan korban," tulis pernyataan itu.

"Orang yang terperangkap dibawa ke rumah sakit untuk observasi. Dia dipulangkan karena kondisi mental dan fisiknya stabil," sambungnya

Unggahan tersebut mengatakan kalau kawasan wisata Gunung Piyan telah ditutup juga pihak berwenang tengah menyelidiki apakah hiburan lain di taman tersebut juga berisiko untuk pengunjung.

Atraksi Ditutup

Kasus jembatan gantung kaca hancur sejumlah kali terjadi di Negeri Tirai Bambu ini. Pemerintah satu provinsi di China bahkan menutup 32 atraksi kaca, termasuk jembatan, anjungan pemandangan dan jalur pejalan kaki.

Hal tersebut dilakukan demi melakukan pemeriksaan keselamatan berkelanjutan pada tahun 2018 yang lalu.

Keseluruhan atraksi tersebut tersebar dalam 24 lokasi di Provinsi Hebei. Menurut media resmi pemerintah China CCTV, telah ditutup sejak Maret 2018.

Saat itu, mulai bermunculan atraksi berbasis kaca di seluruh negeri. Hal ini diikuti sejumlah kecelakaan yang terjadi termasuk kecelakaan yang menewaskan dua korban jiwa.

Diperkirakan sudah terdapat sekitar 2.300 jembatan kaca di seluruh daratan China. Selain itu, berdasarkan media pemerintah ECNS saat itu, terdapat jalur pejalan kaki (walkway) juga seluncuran yang terbuat dari kaca yang jumlahnya disebut "tak dapat dipastikan".

Atraksi terbuat lantai kaca pada tempat-tempat tinggi di China adalah upaya untuk menarik turis yang gemar akan hal-hal menegangkan.

Hal ini dilakukan untuk menyambut tengah meningkatnya wisawatan domestik di China saat itu.

Jembatan itu terkadang juga punya efek khusus seperti kaca yang sedang dipijak kemudian retak ditambah dengan suara efek.

Jembatan Zhangjiajie di Provinsi Hunan adalah jembatan dengan lantai kaca tertinggi sekaligus terpanjang di dunia.

Saat dibuka tahun 2016 dapat dikatakan jembatan ini perintis munculnya kegilaan akan atraksi kaca di ketinggian.

Namun pada awal tahun 2018, seorang wisatawan nyawanya harus melayang dan enam lainnya luka-luka saat terjatuh dari seluncuran kaca di Provinsi Guangxi.

Penyebabnya, hujan yang bikin kaca menjadi sangat licin, hingga si korban menabrak tembus pembatas kemudian terjatuh dari samping. Ia pun meninggal dunia seketika dengan beberapa luka di kepala.

Meninggalnya turis pada Provinsi Guangxi bukan satu-satunya. Pada tahun 2017, seorang turis meninggal usai kecelakaan di seluncuran gelas di Hubei.

Tahun 2016, satu orang luka tertimpa batu saat berjalan pada jalur pejalan kaki beralas kaca di kota Zhangjiajie.

Jembatan kaca Hongyagu yang hingga bulan Mei tahun 2016 lalu memegang rekor jembatan kaca terpanjang dunia. Juga menjadi salah satu atraksi ekstrem yang telah ditutup oleh pihak pemerintah Provinsi Hebei.

Penutupan ini tak cuma berdampak di Provinsi Hebei, tetapi di seluruh negara China di mana sejumlah atraksi lainnya ikutan ditutup.

Tahun 2018, pemerintah mengimbau untuk otoritas pengelola wisata setempat menjalankan "penilaian keselamatan menyeluruh" pada proyek-proyek jembatan kaca.

Baca juga artikel Viral atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

5 Misteri Samudera Pasifik Paling Seram, Ada Monster di Indonesia?

Nonton Film Mortal Kombat (2021) | Ketika Joe Taslim Jadi Villain Super Kuat

Kosmonot China Ketakutan! Ini 7 Hal Aneh Dialami Astronot di Luar Angkasa

Download Higgs Domino MOD APK v1.69 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

5 Perubahan Wajah Artis Indonesia Paling Drastis, Bikin Pangling!

ARTIKEL TERKAIT
Lucinta Luna Hamil Lagi 95ded
Mengaku Dihamili Bule, Lucinta Luna Banjir Komentar Kocak dari Netizen
Kasus Kontroversi Atta Halilintar Fb656
7 Kasus Kontroversial Atta Halilintar, Dari Lucinta Luna Hingga Bebby Fey!
Kontroversi Deddy Corbuzier Bfdb7
5 Kontroversi Deddy Corbuzier di YouTube, Mulai dari Lucinta Luna hingga Mualaf
Aplikasi Ibu Hamil Banner 1a52c
7 Aplikasi Ibu Hamil di Android dan iOS | Calon Ibu Wajib Install!
Mumi Wanita Hamil Tua 3770a
Ditemukan Mumi yang Hamil Tua | Pertama Kali di dalam Sejarah!
Aktris Syuting Film Hamil Ddef9
7 Aktris Ini Pernah Syuting Film Saat Hamil, Wanita Perkasa!
Tags Terkait: china
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal