J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Keluarga yang Mudik Jalan Kaki Ternyata Cuma Setting-an, Demi Menjual Rasa Iba!

Senin, 10 Mei 2021, 18:25 WIB
Setelah kisahnya yang berjalan kaki demi mudik ke kampung halaman viral, Dani dan keluarganya akhirnya mengakui bahwa hal ini hanyalah rekayasa

Beberapa hari lalu, kita sempat dihebohkan oleh berita mengenai sebuah keluarga yang nekat mudik berjalan kaki dari Gombong ke Bandung selama berhari-hari.

Sang ayah yang bernama Dani (39) beserta dengan istrinya, Masitoh Ainun Lubis (36) membawa kedua anaknya Manta 3 tahun dan Hanum 1,5 tahun.

Melansir dari Detik.com, Dani mengaku nekat pulang kampung dengan berjalan kaki lantaran sudah tidak memiliki pekerjaan. Sebelumnya, ia bekerja di sebuah perusahaan konveksi dan kini sudah berhenti.

"Upah dari pekerjaan konveksi cukup untuk makan dan bayar kontrakan saja. Saya berjalan kaki pulang ke Bandung cuma bawa uang Rp 120 ribu untuk membeli makan, minum. Tapi Alhamdulilah dalam perjalanan ada rezeki untuk anak-anak, banyak yang ngasih," ucapnya.

Berbekal uang tunai sebesar Rp120 ribu dan tas ransel hitam yang berisi kebutuhan mereka, Dani mengaku berjalan sepanjang 25 - 30 kilometer setiap hari dan beristirahat di Masjid dan SPBU ketika malam tiba.

"Alhamdulillah selama perjalanan berjalan lancar, tidak ada hambatan. Banyak juga orang-orang baik yang memberi bekal dan makanan saat di jalan," ungkap Dani.

Keterbatasan dana untuk membayar ongkos angkutan serta adanya larangan mudik dari pemerintah bikin Dani sekeluarga terpaksa berjalan kaki menuju kabupaten Soreang, Bandung.

Cuma Setting-an

Pengakuan Dani tersebut sukses menuai simpati warganet. Namun ternyata, ada fakta yang disembunyikan oleh Dani yang akhirnya bikin geger.

Pengakuan Dani dan Masitoh tersebut ternyata hanya setting-an atau rekayasa demi menjual iba kepada masyarakat. Masitoh pun mengklarifikasikan hal tersebut.

Melansir dari Tribbunnews, Masitoh mengaku bahwa perjalanannya dari Gombong ke Bandung dengan berjalan kaki bukanlah untuk kepentingan mudik.

Masitoh mengaku, ia beserta Dani dan anak-anaknya memang sudah lama hidup menggelandang di jalanan. Aksi tersebut sudah mereka lakukan selama kurang lebih 1 tahun.

Kisah mereka viral setelah diwawancarai di Ciamis pada Jumat (07/05/2021). Kala itu, mereka mengaku sudah berjalan kaki selama 6 hari.

Jika terus berjalan kaki, mereka diperkirakan baru sampai ke kampung halaman pada lebaran hari ke-2. Nyatanya, mereka sudah sampai di kabupaten Cangkuang, Bandung pada Sabtu (08/05/2021) dini hari.

Kini, Dani sekeluarga sedang dikarantina sementara di Kantor Desa Pananjung, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung.

Masitoh mengakui kalau mereka tidak mudik dari Gombong ke Cangkuang. Dani membawa keluarganya berjalan kaki adalah untuk bertahan hidup dari rasa kasihan orang lain.

Masitoh menambahkan kalau mereka memulai perjalanan dari Cangkuang sekitar seminggu yang lalu.

"Kami dari sini (Cangkuang) ke Cimindi naik angkot. Dari Cimindi naik kereta api ke Purwakarta. Purwakarta-Bandung, ongkosnya cuman Rp 7 ribu. Lalu dari Purwakarta ke Cikarang. Mulai dari Cikarang, kami jalan (kaki)," kata Masitoh.

Dari Cikarang, mereka menuju Cikampek, Karawang, Subang, Indramayu. Setelah itu, mereka menumpang naik bus ke Tegal dengan membayar Rp100 ribu.

Dari Tegal mereka berjalan kaki menuju Gombong. Di Gombong, mereka memulai kembali perjalanan mereka "berjalan kaki" menuju Bandung.

"Setahun sebenarnya kami sudah keliling Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat. Cuma tidak hanya sambil diam, tapi sambil cari kerja. Tapi itu memang yang namannya cari kerja susah," katanya.

Selama satu tahun melakukan hal ini, Masitoh mengibaratkan hal ini sebagai jalan-jalan gratis. Kalau gak ada yang memberi tumpangan, mereka pun berjalan kaki.

Keluarga Angkat Bicara

Fakta demi fakta terkuak pasca pengakuan Dani sekeluarga viral. Keluarga Dani yang tinggal di Bandung pun angkat bicara mengenai hal ini.

Ujang yang merupakan tetangga ibu Dani berkata bahwa Dani merekayasa cerita tersebut demi menjual rasa iba. Ia menambahkan bahwa minggu lalu, Dani sekeluarga masih ada di rumah ibunya di Bandung.

Dani pergi meninggalkan rumah setelah terlibat pertengkaran dengan keluarganya. Adik Dani yang bernama Fitria pun membenarkan hal tersebut.

Fitria mengaku bahwa istri Dani, Masiroh sempat cekcok dan berkata kasar kepada ibunya. "Saya gak terima ibu saya digituin," curhat Fitria.

Lilis Suryani, ibu Dani mengatakan kalau Dani selalu membuat masalah setiap kali berkunjung ke rumah ibunya. Ia pun mengaku sudah tidak tahan dengan kelakuan anaknya tersebut.

"Setiap ke sini ia kerap bawa masalah saja. Saya sudah capek mengurusnya harus bagaimana," ujar Lilis. Ia bahkan berharap seseorang memulangkan anaknya ke Medan supaya tidak membuat masalah.

Akibat aksi anaknya yang viral dan belakangan ketahuan bohong, Lilis sekeluarga pun malu atas kelakuan Dani.

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

5 Misteri Samudera Pasifik Paling Seram, Ada Monster di Indonesia?

Nonton Film Mortal Kombat (2021) | Ketika Joe Taslim Jadi Villain Super Kuat

Waduh, Roket China Seberat 21 Ton Bakal Hantam Bumi!

Download WhatsApp MOD iOS 14 v8.87 Terbaru 2021, Bikin Tampilan Mirip iPhone!

5 Artis Indonesia Hidupnya Berubah Total, Hilang Kekayaan sampai Miskin!

ARTIKEL TERKAIT
Potret Kucing Bertingkah Seperti Manusia Banner 6e43f
15 Potret Kucing Bertingkah Seperti Manusia, Gemes Banget!
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang Iphone Ini Alasannya Banner 0055f
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang iPhone, Selamat Datang di Tim Android!
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal