Demi Kabur dari Badai Corona, Warga India Ramai-ramai Patungan Jet Pribadi

Default

Warga India dalam komunitas ekspatriat Uni Emirat Arab yang tengah terdampar di tanah kelahirannya beramai-ramai membeli jet pribadi agar bisa "melarikan diri" ke Dubai.

Mereka memanfaatkan aturan pengecualian bagi pesawat bisnis swasta agar dapat terbebas keluar dari negaranya tersebut.

Pemerintah Uni Emirat Arab menangguhkan penerbangan komersial dari dan ke India sejak Minggu (25/04/2021) kemarin. Hal tersebut lantas membuat jutawan India khawatir aturan penerbangan ini terjadi dalam waktu lama.

T Patel, seorang pengusaha yang berdiam di Dubai, berusaha memboyong istri juga tiga keponakannya yang tengah terjebak di Bengaluru.

"Saya sedang menjajaki opsi jet pribadi. (Butuh) uang yang banyak tapi jika saya tidak punya cara lain untuk membawa mereka balik, maka saya akan melakukannya," katanya dikutip dari Aljazeera.

Setelah UEA membatasi wilayah udaranya demi menjegal penyebaran virus corona sejak Maret tahun lalu, sejumlah penduduk mulai patungan dana demi menyewa jet pribadi yang bisa diizinkan terbang masuk ke Dubai.

Menyewa Jet Pribadi 46ee1

Patel membayar setidaknya 10.500 dollar AS (Rp151,7 juta) untuk mengangkut orang tua juga keponakannya ke Dubai atau yang hampir senilai 20 kali lipat harga tiket pesawat reguler.

"Saya menunggu selama dua bulan dan akhirnya menyewa jet pribadi seharga 42 ribu dollar AS (Rp607 juta), yang biayanya dibagi oleh beberapa penduduk yang sama-sama putus asa," ceritanya.

Lain Patel, lain pula dengan yang dialami Purushothaman Nair. Ia menyebut jika dirinya bersedia menghabiskan banyak uang untuk dapat kembali ke UEA.

"Saya dan istri saya datang ke India hanya 10 hari. Kami harus terbang kembali ke Dubai dengan biaya berapa pun," tuturnya pada kantor berita AFP.

Lusinan penerbangan pesawat sewa pribadi terekam mengirim penumpang dari India ke Dubai selama hari-hari sebelum aturan pelarangan penerbangan baru diaplikasikan.

Bahkan para perusahaan penyewaan pesawat mengonfirmasi mengenai lonjakan permintaan tersebut.

Sebuah jet dengan kapasitas 13 kursi dari Mumbai ke Dubai dihargai 35-38 ribu dollar AS (Rp505-549 juta). Harga tersebut setara hampir 35 kali lipat dari harga tiket pesawat biasa.

Kasus Covid Di India 23f83
Sumber foto: Reuters

Tak cuma Mumbai-Dubai yang memiliki harga yang melonjak. Bahkan harga penerbangan dari kota lain juga jauh lebih tinggi.

Saat permintaan melonjak, operator berusaha keras dapat mengklarifikasi aturan terkait pesawat pribadi yang masuk ke UEA.

"Penerbangan sewaan perlu mendapat persetujuan dari Otoritas Penerbangan Sipil Umum dan kementerian luar negeri untuk beroperasi. Tapi kami tidak tahu siapa yang dibebaskan untuk bepergian," terang Tapish Khivensra, CEO Enthrall Aviation Private Jet Charter.

Penerbangan sipil menjelaskan warga negara UEA, diplomat, delegasi resmi dan pesawat pengusaha dikecualikan pada larangan ini. Namun, aturan ini harus melewati penumpang menjalani karantina 10 hari terlebih dulu.

India kini tengah dilanda gelombang kedua Covid-19 yang menakutkan. Kamis (29/04/2021) kasus harian menjadi 379.257 dengan 3.645 kematian.

Data itu membuat India menjadi negara paling terinfeksi kedua di dunia ini dengan mencatat 18,4 juta kasus sejauh ini dan hampir 205 ribu nyawa melayang.

Baca juga artikel seputar Berita atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Lebih Tinggi dari Suaminya | Kelewat Semampai!

Daftar dan Cara Menukar Kode Redeem FF Terbaru April 2021 | 100% Works!

Tembus 1,5 Juta Views, Ini 5 Pertandingan Paling Banyak Ditonton di MPL Season 7

10 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2021, Ringan & Banyak Fitur!

4 Fakta Menarik Putri Steve Jobs | Hobi Gonta-Ganti Pacar!

ARTIKEL TERKAIT
Pesan Tiket Bioskop Ea22e
7 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Online 2021 | Lengkap dengan Tutorial!
Cara Screenshot Di Laptop 5fb06
Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2021 | Lengkap Semua OS
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!
Tips Vsco Cam F9157
Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!
Cara Mendapatkan Wifi Gratis 2130a
10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!
Cara Membuat Barcode Banner 567f6
3 Cara Membuat Barcode di PC dan Android 2019 | 100% Gratis
Tags Terkait: india
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal