Terungkap, Mafia di Bandara Soekarno-Hatta | Tinggal Bayar, Tak Perlu Karantina Covid-19!

Default

Dugaan terdapatnya mafia di balik kedatangan luar negeri Bandara Soekarno-Hatta akhirnya terkuak. Polisi telah mengindikasikan aksi penyelundupan penumpang kedatangan luar negeri untuk masuk Indonesia tanpa karantina.

Syarat yang dibayar pun terbilang tidak sedikit yakni Rp6,5 juta untuk setiap orangnya.

Seperti baru-baru ini seorang Warga Negara Indonesia (WNI) dengan inisial JD memberikan sejumlah uang tersebut ke oknum petugas Bandara Soekarno-Hatta.

Tujuannya? Tentu saja agar penumpang tersebut lolos dari aturan karantina Covid-19. Pasalnya, JD baru saja tiba di Indonesia selepas kembali dari India.

Kasus ini dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus yang menyebutkan JD membayar uang sebesar Rp6,5 juta ke S dan RW yang merupakan oknum Bandara Soekarno-Hatta.

Tersangka Mengaku Ayah-Anak Oknum Petugas Bandara

Mafia Bandara Soetta 907f0

"Dia membayar Rp 6,5 juta kepada saudara S. Modus ini yang sementara kita lakukan penyelidikan," kata Yusri dikutip dari Kompas.com.

S dan RW, menurut penjelasan Yusri, memiliki hubungan sebagai ayah dan anak.

"Kalau pengakuan dia (S dan RW) kepada JD, dia adalah pegawai bandara. Ngakunya doang. Dia sama anaknya. S itu sama RW itu anaknya. RW itu anaknya S," tambahnya.

Keduanya dapat dengan leluasa keluar masuk bandara. Mereka yang berperan untuk membantu JD lolos pada prosedur wajib karantina Covid-19 14 hari.

"Dia (S dan RW) bisa keluar masuk itu. Besok kita sampaikan secara jelas. Intinya ini mereka meloloskan orang tanpa melalui karantina," lanjutnya.

Namun, Yusri masih belum dapat menyebutkan apakah terdapat pelaku lain yang terlibat dalam kasus ini. "Apakah ada pelaku lain? Ini masih kita dalami," imbuhnya.

Sang penumpang, JD, baru tiba dari India pada Minggu (25/04/2021) sekitar pukul 18.45 WIB lalu.

Kemudian dirinya beserta S dan RW, langsung diamankan oleh pihak kepolisian, hingga berita ini dibuat ketiganya dalam pemeriksaan.

"Nanti kalau sudah selesai akan kita sampaikan bagaimana kronologis pengungkapan kasusnya," pungkas Yusri.

Disebut Mafia

Karantina Covid 19 662f7

Yusri mengungkapkan kalu JD bukanlah satu-satunya orang-orang dari luar negeri yang bisa lolos masuk Indonesia tanpa harus mengikuti karantina lantaran telah membayar uang ke oknum petugas.

Bahkan Yusri pun tak segan-segan menyebut jika terdapat adanya mafia di balik kasus ini.

"Soalnya udah ramai orang-orang nakal ini. Orang-orang dari luar negeri tanpa karantina bisa bayar terus masuk. Makanya saya bilang ini mafia. Ini lagi kita dalami," tutur Yusri.

Perlu diketahui, pemerintah belakangan ini sudah menerapkan kebijakan karantina 14 hari untuk WNI yang tiba di Indonesia dari India.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartanto menjelaskan, "Bagi WNI yang tiba dari India itu harus menjalani karantina di hotel khusus, berbeda dengan hotel karantina lain."

Selain itu, protokol kesehatan turut tambah diperketat seperti menggunakan surat hasil tes negatif PCR H-2 sebelum berangat menuju Indonesia.

"Dan harus lulus hasil tes PCR maksimum 2x24 jam sebelum keberangkatan, dan hari pertama kedatangan dan hari ke-13 pasca karantina akan kembali di PCR tes," tutur Airlangga.

"Bagi WNI yang masuk tentunya tetap harus mengikuti protokol kesehatan ketat sesuai aturan dari Satgas Penanganan Covid-19," sambungnya.

Aturan ini sudah mulai diaplikasikan sejak Minggu (25/4/2021) lalu. Kemudian untuk seluruh warga negara asing (WNA) yang memiliki riwayat perjalanan dari India dalam kurun waktu 14 hari sebelumnya akan dilarang masuk Indonesia di wilayah manapun.

Pemerintah membatasi pintu masuk untuk WNA di sejumlah tempat pemeriksaan imigrasi seperti Bandara Soetta, Juanda di Surabaya, Kualanamu di Medan, Sam Ratulangi di Manado, Pelabuhan Laut Batam Centre di Batam, Sri Bintan Pura di Tanjung Pindang, dan Dumai di Dumai.

Baca juga artikel seputar Berita atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Lebih Tinggi dari Suaminya | Kelewat Semampai!

Daftar dan Cara Menukar Kode Redeem FF Terbaru April 2021 | 100% Works!

Tembus 1,5 Juta Views, Ini 5 Pertandingan Paling Banyak Ditonton di MPL Season 7

10 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2021, Ringan & Banyak Fitur!

4 Fakta Menarik Putri Steve Jobs | Hobi Gonta-Ganti Pacar!

ARTIKEL TERKAIT
Pesan Tiket Bioskop Ea22e
7 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Online 2021 | Lengkap dengan Tutorial!
Cara Screenshot Di Laptop 5fb06
Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2021 | Lengkap Semua OS
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!
Tips Vsco Cam F9157
Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!
Cara Mendapatkan Wifi Gratis 2130a
10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!
Cara Membuat Barcode Banner 567f6
3 Cara Membuat Barcode di PC dan Android 2019 | 100% Gratis
Tags Terkait: bandara
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal