Gadis India Dapat Transplantasi Tangan Laki-laki | Seperti Apa Bentuknya Kini?

Default

Seorang gadis di India yang kehilangan kedua tangannya usai mengalami kecelakaan bus, memperoleh donor tangan dari seorang pria dengan warna kulit yang lebih gelap.

Beberapa tahun kemudian, warna kulit tangan yang ditransplantasikan itu ternyata berhasil menjadi cerah, lho, geng. Simak kisah selengkapnya berikut ini.

Usai mengalami kecelakaan pada tahun 2016, seorang gadis berusia 18 tahun, Shreya Siddanagowder harus kehilangan kedua lengan bawahnya lewat proses amputasi.

Dilansir dari The Indian Express, pada tahun 2017, ia menjalani operasi transplantasi tangan selama 13 jam yang melibatkan tim operasi yang terdiri dari 20 ahli bedah dan 16 ahli anestesi.

Tangan hasil transplantasi tersebut berasal dari seorang pria berusia 21 tahun yang meninggal akibat kecelakaan sepeda.

Satu setengah tahun kemudian, terapi fisik mengembangkan kontrol motorik pada kedua tangan Shreya, yang secara bertahap menjadi lebih ramping daripada ketika operasi transplantasi dijalankan.

Namun ada perubahan lain yang tak disangka-sangka, yaitu kulit tangan yang tadinya berwarna gelap, kini menjadi lebih cerah, sehingga lebih mendekati warna kulit Shreya.

Gadis India Dapat Tangan Transplantasi Dari Seorang Pria Bb955

Sumber foto: (Facebook/MOHAN Foundation}

Dokter yang merawat Shreya menduga tubuh Shreya memproduksi lebih sedikit melanin daripada kulit pendonornya. Sebagai informasi, melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Meski begitu, Dr. Uday Khopkar, Kepala Dermatologi dari King Edward Memorial Hospital di Mumbai menyatakan perlunya penelitian lebih dalam untuk meyakinkan penyebab hal tersebut.

Menurut Mayo Clinic, setiap calon penerima transplantasi tangan harus terlebih dahulu menjalani evaluasi dan konsultasi yang bisa berlangsung selama berbulan-bulan.

Itu karena para ahli harus terlebih dahulu menilai kesehatan pasien secara keseluruhan, melakukan tes darah dan sinar-X, serta mengevaluasi fungsi saraf di anggota tubuh yang diamputasi.

Kemudian data calon transplantasi yang memenuhi syarat akan dimasukkan ke dalam daftar tunggu untuk dicocokkan dengan tangan yang didonorkan.

Proses pencocokan ini meliputi berbagai faktor, seperti ukuran tangan, warna kulit, dan golongan darah.

Kunjungan Shreya ke pusat transplantasi Manipal Institute of Technology in Karnataka untuk mendaftar sebagai calon penerima bertepatan dengan tibanya donasi tangan yang sesuai golongan darahnya.

Operasi yang akhirnya dijalaninya itu merupakan operasi transplantasi 2 tangan pertama dan transplantasi anggota tubuh antargender pertama yang pernah dilakukan di benua Asia.

"Aku adalah perempuan pertama di dunia yang memiliki tangan lelaki," ucap Shreya di dalam video MOHAN Foundation pada Juni 2019.

MOHAN Foundation sendiri merupakan sebuah organisasi amal non-pemerintah yang mendukung penelitian perintis di dalam hal transplantasi dan donasi organ di India.

"Sekarang tanganku bahkan sudah jadi lebih feminin," lanjut Shreya.

Lebih Ramping dan Lebih Ringan

Seorang fisioterapis bernama Ketaki Doke yang menangani pemulihan Shreya menyatakan bahwa tangan itu menjadi lebih feminin kemungkinan besar karena ototnya beradaptasi dengan inang barunya.

"Saraf mulai mengirim sinyal yang disebut reinnervasi dan otot berfungsi sesuai kebutuhan tubuh. Otot di tangannya mungkin telah mulai beradaptasi dengan tubuh wanita," jelas Doke.

Di dalam sebuah video, Shreya menggulung lengan pakaian sebelah kirinya untuk menunjukkan bahwa lengan transplantasi itu telah benar-benar menyatu dengan lengan atasnya sendiri.

"Sekarang warnanya sama dengan warna kulitku," ucapnya gembira.

Menurut laporan Johns Hopkins Medicine di Baltimore, kurang dari 100 orang di seluruh telah menerima transplantasi tangan.

Dr. Subramania Iyer, Kepala Bedah Plastik dan Rekonstruksi Amrita Institute of Medical Sciences menyatakan para dokter yang menangani Shreya sedang memantau perubahan warna dan bentuk tangannya.

Mereka berharap bisa mempublikasikan rincian transplantasi dan pemulihannya di dalam sebuah laporan ilmiah.

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa diperlukan lebih banyak bukti lagi untuk memahami faktor pendorong dari perubahan tak terduga pada tangan transplantasi Shreya ini.

Baca juga artikel News atau artikel menarik lainnya dari Brenda Prima.

BACA JUGA

Kumpulan Foto Anak Anggun C Sasmi yang Selama Ini Ditutupi | Menawan Seperti Ibunya!

4 Cara Download Story IG Orang Lain di Android & iPhone, Sekali Klik!

Dwayne Johnson alias The Rock Siap Jadi Presiden AS!

Nonton Film Tenet (2020) Sub Indo | Membalikkan Waktu dalam Genggaman

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

ARTIKEL TERKAIT
Turnamen Esports 12a59
5 Pemain Esports Cewek Paling Berpengaruh, Ada yang Masuk Guinness World Records!
Artis Yang Kecelakaan Tadi Pagi A6e6f
5 Artis Indonesia yang Berhasil Selamat dari Kecelakaan Tragis | Disayang Tuhan
Rambut Kevin Aprilio 74176
10 Potret Kevin Aprilio Usai Transplantasi Rambut dan Berewok | Pangling!
Untitled Design 2021 04 06t171835 979 9deb4
5 Transplantasi Organ Paling Menarik di Dunia | Jempol Kaki Pindah ke Tangan!
Penemuan Teknologi Mengubah Dunia
Transplantasi Kepala! Ini 7 Penemuan Teknologi yang Bakal Mengubah Kehidupan Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal