Pak Dadang Main Curang saat Kalahkan Pecatur Dunia GothamChess?

Permainan pak Dadang alias Dewa_Kipas melawan Gothamchess di Chess.com menjadi pembicaraan yang hangat belakangan ini.

Pasalnya, pria asal Bandung tersebut berhasil mengalahkan Gothamchess yang merupakan pemain catur internasional yang terkenal.

Sontak, akun Dewa_Kipas di Chess.com langsung diblokir akibat dituduh menggunakan cheat karena akurasinya yang sangat tinggi dalam permainan.

Dewa_Kipas mengalahkan Gothamchess hanya dengan 35 langkah saja. Bahkan, catatan pertandingan menunjukkan ia memiliki akurasi setinggi 90 persen dan hanya sekali blunder.

Akibatnya, kemenangan Pak Dadang menjadi kontroversi. Karena angka akurasinya yang menakjubkan, mengingat pecatur pada umumnya, bahkan yang setara Grandmaster pun kesulitan mencapai akurasi setinggi itu.

"Untuk dapat akurasi di atas 90 persen, sangat susah sekali. Kalaupun kami bisa, itu dalam partai mini. Biasanya, di pembukaan, lawan tidak paham dengan jebakan awal. Untuk itu, laga tidak melebar hingga ke permainan tengah dan akhiran. Kemenangan telah didapat sejak awalan. Semakin cepat menang, akurasi juga akan dinilai semakin tinggi. Makanya kami bisa mencapai 95 persen tersebut," kata Irene Kharisma Sukandar, Pecatur PB Percasi WGM/IM, dilansir Kompas.

Pak Dadang Dituduh Curang Ef0a1

Susanto Megaranto, sesama anggota PB Percasi GM juga menjelaskan bahwa dalam catur daring, memang rawan adanya kecurangan menggunakan alat bantu program komputer atau engine.

Pecatur yang menggunakan alat bantu serupa bisa dilihat dari lama waktu berpikirnya. Biasanya, lama waktu berpikir mereka stabil di kisaran 10 detik, termasuk langkah mudah yang tak perlu berpikir panjang.

Indikasi lainnya adalah langkahnya yang aneh. Contohnya saja, seperti saat bermain catur cepat, langkah pecatur engine sering tidak masuk akal, seperti ada tempo (membuat jebakan).

Menurut laporan Kompas, lama berpikir Dewa Kipas saat melawan GothamChess sangat konsisten, yaitu tercepat 5,1 detik pada langkah ke-34 dan terlama 51,6 detik pada langkah ke-22.

Ali Akbar, anak pak Dadang menepis segala tudingan mengenai kecurangan yang dilakukan ayahnya dengan alasan ia sering bermain catur lawan AI.

Ia menjelaskan bahwa ayahnya juga pernah menjadi anggota Percasi dan menjuarai berbagai pertandingan catur di masa lalu.

Namun, setelah ditelusuri, ternyata nama Dadang Subur tidak terdaftar dalam laman resmi Federasi Catur Internasional atau FIDE.

Namanya juga tidak ditemukan di Daftar Rating Nasional (DRN) PB Percasi. Hanya ada nama Dadang S yang diduga sebagai Dadang Subur.

Rating Dadang S pun hanya 2021 dan hanya pernah beberapa kali ikut kejuaraan lokal, namun tidak pernah juara.

Ali Akbar menegaskan bahwa ayahnya pernah menjuarai Turnamen Catur Se-Kota Singkawang, Kalimantan Barat dengan bukti piagam penghargaan.

Berdasarkan konfirmasi dengan Percasi Kalbar, hal itu memanglah benar, namun Dadang Subur hanya pernah menjuarai turnamen tersebut, tidak sampai menjuarai berbagai turnamen nasional maupun internasional.

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

Kumpulan Foto Editan Gagal yang Kocak | Ada Harimau Sinetron!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

Heboh, Kapal Berusia 400 Tahun Ditemukan Utuh di Dasar Laut Baltik!

ARTIKEL TERKAIT
Meteor Meledak Di Langit Banner Fb623
Meteor Jatuh Terbakar dan Meledak di Langit, Dahsyat dan Spektakuler!
Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun Di Laut Indonesia 5fc57
Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun di Laut Indonesia, Potensi Dijarah?
Roket Spacex Untuk Ke Mars Meledak Saat Landing Banner Ef2a9
Waduh! Roket SpaceX untuk ke Mars Meledak saat Mendarat, Elon Musk Gagal?
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi Pada 21 Maret Banner 187c7
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi Pada 21 Maret, Apakah Berbahaya?
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Tags Terkait: cheatcatur
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal