Lou Ottens, Penemu Pita Kaset dan Pengembang CD Wafat di Usia 94 Tahun

Default

Lou Ottens, seorang insinyur Belanda yang menciptakan pita kaset tutup usia pada usia 94 tahun di Duizel, Belanda pada 6 Maret 2021, menurut sebuah surat kabar Belanda NRC Handelsblad.

Belum diketahui penyebab meninggalnya Ottens, tapi menurut Kompas pihak keluarga dilaporkan baru mengumumkan berita duka tersebut baru-baru ini.

Semasa hidup, Ottens adalah seorang insinyur yang bekerja di perusahaan elektronik dan teknologi asal Belanda, Philips yang menjabat sebagai kepala departemen pengembangan produk.

Kala itu ia diberi kepercayaan untuk memimpin sebuah tim Belgia yang bertujuan untuk meringkas ukuran pita kaset berupa gulungan besar menjadi pita kaset berukuran praktis, bahkan bisa masuk ke dalam kantong jaket.

Dalam sebuah film dokumenter 2011 berjusul "Cassette: A Documentary Mixtape", Otten mengungkapkan bahwa penciptaan kaset berawal dari rasa kesalnya terhadap alat perekam yang ada.

Lou Ottens Meninggal B9471

Menurut berita yang dimuat Rolling Stone, kaset audio Philips yang berhasil dikembangkan Ottens dan timnya itu kemudian memulai debutnya di sebuah pameran elektronik Radio Berlin pada Agustus 1963.

Setahun setelahnya, nama Compact Cassette telah menjadi merek dagang dan menggantikan sistem gulungan yang tidak praktis menjadi kaset berpita kecil seperti yang kita kenal.

Penciptaan kaset audio tersebut membuat pabrikan elektronik asal Jepang, Sony, mengikuti jejak Philips dengan menciptakan kaset audionya sendiri.

Namun, Ottens berhasil mencapai kesepakatan antara Sony dan Philips untuk memastikan bahwa model yang akan dipatenkan adalah produk ciptaan Ottens di Philips, yang akhirnya menjadi kaset standar yang digunakan di seluruh dunia.

Diperkirakan hingga tahun 1960 ada 100 miliar kaset berhasil dijual meski saat itu ada banyak persaingan dari berbagai perusahaan - seperti yang dilaporkan BBC.

Louis Ottens Cassette 3f940

Tak berhenti hingga disitu, Lou Ottens yang kemudian menjabat sebagai direktur teknis Philips Audio berperan penting dalam pengembangan CD yang dilakukan bersama Sony pada tahun 1979.

Mengulang kesuksesan kaset audio - bahkan melebihinya, 200 miliar CD telah terjual sejak didistribusikan untuk umum pada tahun 1982.

Kompas menyebutkan bahwa penjualan kaset bahkan meningkat lebih dari dua kali lipat di Inggris pada tahun 2020, yakni sekitar 157.000 keping, meski Inggris mengalami lockdown sebanyak dua kali akibat COVID-19.

Begitulah cuplikan perjalanan Lou Ottens, pencipta kaset audio yang sempat kita gandrungi sebelum adanya berbagai platform digital seperti sekarang.

Selamat jalan, Lou Ottens. Terima kasih banyak untuk audio kaset yang telah mengubah cara orang mendengarkan musik selamanya.

Baca juga artikel seputar Penemu atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

28 Tahun Menunggu, Eks Atlet Voli Putri Aprilia Manganang Akhirnya Dipastikan Pria

Hotman Paris Menyesal Kaya Hingga Pertanyakan Tujuan Hidup, Ada Masalah Apa?

10 Alasan Konyol Ini Bikin Pesawat Delay, Gara-Gara Kentut Sampai Tikus!

10 Negara dengan Utang Paling Parah Sampai Melebihi Pendapatan, Awas Bangkrut!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 26t161834 882 8455b
5 Ilmuwan Ini Dianggap Gila Padahal Temuannya Benar | Tak Dihargai Hingga Wafat?
Penemuan Penting Ilmuwan Indonesia Yang Diakui Dunia Banner 0b00b
5 Penemuan Penting Ilmuwan Indonesia yang Diakui Dunia, Canggih Semua!
Penemuan Teknologi Hasil Curi Ide Orang Lain C91a9
8 Penemuan Teknologi Hasil Mencuri Ide Orang Lain, Facebook Termasuk?
Untitled Design 2021 03 02t195454 312 C1b6f
Ternyata 5 Benda ini Ditemukan Karena Alasan Aneh! | Roller Coaster untuk Menjauhi Dosa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal