Orang Indonesia Di-banned Gara-gara Ngalahin Streamer Chess.com, Iri Bilang Bos!

Default

Belum lama ini, jagad internet Indonesia dihebohkan oleh berita di mana seorang pecatur asal Bandung bernama Dadang Subur berhasil mengalahkan gamer catur profesional dunia, GothamChess.

Pertandingan antara keduanya disiarkan secara live di Twitch pada 2 Maret kemarin di depan ribuan penonton. Karena terkenal, tentu saja para penonton didominasi oleh penggemar GothamChess.

Hanya dalam 10 menit saja, Dadang berhasil meraih kemenangan dari tangan GothamChess. Pertandingan ini juga ramai dibicarakan dalam sub-forum catur di situs Reddit.

4 Ebfce

Namun, bukan hal itu yang bikin heboh, geng. Akun Chess.com milik Dadang yang berjuluk Dewa_Kipas langsung kena banned setelah peristiwa tersebut.

Banyak banget orang yang kaget dengan hasil pertandingan tersebut. Pasalnya, Levy Rozman, si pemilik akun GothamChess bukanlah orang sembarangan.

Levy Rozman merupakan gamer catur profesional dunia yang sering menyiarkan pertandingannya lewat platform streaming game, Twitch.

Di Twitch sendiri, GothamChess memiliki followers yang sangat banyak, yakni sekitar 347.000. Ia sendiri juga sering memberi tips dan trik bermain catur dalam channel YouTube-nya yang memiliki hampir 700 ribu subscribers.

Rozman tercatat memiliki ELO (rating pemain dalam catur profesional) 2400 dengan titel International Master. Sementara, Dewa_Kipas hanya memiliki ELO 2300 dan belum memiliki titel.

Lewat Facebook, anak Dadang yang bernama Ali Akbar berspekulasi bahwa akun ayahnya kena banned karena dilaporkan oleh fans-fans garis keras GothamChess.

2 62f75

Bahkan, banyak fans-fans GothamChess yang melontarkan kata-kata tidak pantas dan mengungkapkan kemarahan mereka lewat fitur komentar di Twitch.

Ali Akbar gak terima dengan tuduhan kecurangan ayahnya tersebut. Ia menganggap bahwa peristiwa ini merupakan penindasan yang dilakukan akun Chess.com besar terhadap akun kecil seperti milik ayahnya.

Pihak Chess.com pun membantah kalau pemblokiran akun Dewa_Kipas dilakukan karena laporan dari fans GothamChess. Lewat Twitter-nya, Chess.com mengatakan bahwa pemblokiran tersebut dilakukan atas peninjauan tim mereka.

Sebagai upaya pembelaan, Ali pun mengunggah dokumen-dokumen yang menyatakan bahwa Dadang Subur benar adalah seorang mantan pecatur profesional.

Dokumen tersebut berisi foto Dadang dalam Pekan Olahraga Nasional (PON), piagam penghargaan atas nama Dadang Subur, dan rekaman langkah-langkah sebuah permainan catur yang dituliskan Dadang dalam sebuah buku.

Dokumen yang diunggah ke Google Drive tersebut kemudian dibagikan oleh seorang pengguna Reddit yang memiliki username TheHoodieGuy02.

Mantan Pecatur Profesional

4 C6ae6

Dilansir dari detikINET, Ali Akbar mengungkapkan bahwa ayahnya yang kini berusia 60 tahun tersebut adalah mantan pecatur profesional. Sudah banyak banget turnamen pernah diikuti Dadang.

Dadang yang sempat menjadi anggota Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) bahkan pernah mendapat peringkat 1 dalam Kejuaraan Catur ke-37 di Kota Singkawang pada tahun 2005.

Dadang memulai debutnya sebagai pecatur profesional semenjak kuliah dan tergabung dalam banyak klub catur. Namun, Dadang pensiun pada tahun 2011 setelah pindah ke Jakarta.

Atas saran dari Ali, Dadang pun mulai bermain catur di Chess.com semenjak tanggal 12 Februari 2021. Dalam 3 minggu, Dadang memenangkan 232 pertandingan, kalah 90 kali, dan 10 kali remis.

Dalam waktu yang cukup singkat tersebut, Dadang berhasil mencapai ELO 2300 dari rating awal yang diberikan Chess.com, yakni ELO 800 untuk pemain pemula.

Ali menambahkan bahwa ELO Dadang Subur ketika mengikuti turnamen online adalah 2500. Menurutnya wajar saja bila ayahnya bisa mengalahkan Rozman meskipun ELO-nya di dalam game baru 2300.

Sepakat Berdamai

1 1dccf

Keluhan Ali akhirnya sampai ke telinga Levy Rozman. Lewat akun Twitter-nya, Levy Rozman mengatakan bahwa ia dan Ali telah berdiskusi lebih lanjut dan sepakat untuk berdamai.

Mereka berdua juga telah menghapus postingan terkait kejadian tersebut demi menghindari konflik lebih lanjut antara penggemar Levy dan netizen Indonesia.

Asal kamu tahu saja, email dan akun twitter Levy langsung dibanjiri oleh hujatan netizen Indonesia setelah postingan Ali viral di internet, geng.

Banyak orang yang meminta Dadang dan Levy untuk melakukan rematch. Namun, menurut pengakuan Ali, Dadang lebih memilih agar akunnya dikembalikan seperti semula.

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Ingin Mengharamkan Daging Sapi Banner 58436
Bill Gates Ingin Mengharamkan Daging Sapi, Apa Alasannya?
Paus Terdampar Di Madura Banner Bc31a
52 Paus Terdampar di Pantai Madura Jadi Fenomena Langka, Apa yang Terjadi?
Samsung Galaxy A02 Rilis Di Indonesia Banner 2c28b
Samsung Galaxy A02 Resmi Rilis di Indonesia, Berapa Harganya?
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Korea Utara Berusaha Hack Teknologi Vaksin Covid 19 Banner Db26a
Korea Utara Kabarnya Coba Hack Teknologi Vaksin COVID-19, Mau Bikin Sendiri?
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Misteri Lubang Raksasa Di Siberia Banner 51f59
Misteri Lubang Raksasa di Siberia, Tempat Mendarat UFO?
Tags Terkait: catur
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal