J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

YouTube Shorts Versi Beta Telah Rilis di AS, Bakal Jegal Kepopuleran TikTok?

Selasa, 2 Mar 2021, 13:00 WIB
YouTube Shorts siap saingi TikTok dan mencegah aplikasi tersebut untuk berjaya di 2021. Telah rilis versi betanya di AS, kapan akan dirilis secara global?

YouTube baru saja meluncurkan fitur barunya, Shorts yang memungkinkan penggunanya untuk menciptakan video berdurasi pendek yang diiringi musik, persis seperti yang ditawarkan TikTok -

Hanya saja, menurut GSM Arena peluncuran yang dilakukan pada Senin (01/3/2021) masih terbatas untuk pengguna terpilih di Amerika Serikat dan masih dalam versi beta.

Google sendiri belum mengungkapkan kapan fitur Shorts dapat segera dinikmati oleh pengguna di seluruh dunia, namun tampaknya tak akan lama.

Pasalnya, peluncuran versi beta di AS ini pun maju beberapa pekan dari yang sempat diumumkan chief product officer YouTube, Neal Mohan yang dimuat di The Verge.

Youtube Shorts Beta Rilis Di AS 6ee8c

Shorts beta sendiri pertama kali diluncurkan di India pada September 2020 dan mengalami kesuksesan besar hingga mendapat 3,5 miliar tampilan setiap harinya.

Kala itu, fitur yang akan jadi jagoan YouTube ini dirilis pasca pemerintah India memblokir Tiktok dari negaranya pada bulan Juni sebagai reaksi atas konflik memanasnya dengan China, negara asal TikTok.

Tak mengherankan jika Google juga buru-buru meluncurkan Shorts ke pasar yang lebih luas, apalagi TikTok diperkirakan akan melampaui 1 miliar pengguna pada tahun 2021 ini.

Sebagian besar basis pengguna Tiktok ada di Amerika, dan diprediksi itulah salah satu alasan Google untuk segera menjegal pertumbuhan angka pengguna Tiktok dengan merilis Shorts beta.

Youtube Saingi Tiktok Dengan Shorts Bba47

TikTok yang selama ini menjadi rajanya aplikasi video pendek dengan berbagai filter dan backsound menerima kritikan tajam hingga sempat dilarang di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, India, dan Pakistan.

Meski demikian, tinggal India yang masih bersikeras untuk benar-benar melarang TikTok untuk masuk ke wilayahnya.

Hal tersebut dapat menjadi kesempatan emas bagi YouTube untuk memperkenalkan Shorts yang sebenarnya telah diumumkan sejak bulan September tahun 2020 lalu.

Adapun fitur yang ditawarkan Shorts adalah video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik yang dapat ditambah efek khusus dan musik dari koleksi musik YouTube yang begitu luas.

Jadi, siapkah Shorts bersaing dengan Tiktok dan Instagram Reels yang menawarkan layanan serupa?

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal