J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Salju Turun Lagi di Jazirah Arab! | Masyarakat Senang, Unta Kebingungan

Senin, 22 Feb 2021, 12:15 WIB
Setelah heboh salju di Gurun Sahara, kali ini salju menyelimuti setidaknya 7 negara di Timur Tengah. Seperti apa kondisinya?

Jazirah Arab yang memiliki kondisi wilayah kering dan panas dilaporkan mengalami fenomena langka berupa turunnya salju di kawasan tersebut pada hari Rabu (17/2/2021), seperti yang diberitakan oleh CNBC Indonesia.

Beberapa negara yang terdampak salju tersebut adalah Libya, Suriah, Lebanon, Yordania, Arab Saudi, Palestina, dan Israel.

Bahkan, wilayah yang sebelumnya tak pernah terjangkau salju seperti Marjayoun di Lebanon bagian selatan dan Bayda di Libya bagian timur juga turun salju.

Salju Turun Di Jazirah Arab Yerusalem 901e9
Sumber foto: Getty Images via Gizmodo

Sementara itu, salju sudah pernah turun di ibu kota Yordania, Amman, pada tahun 2019 - dilansir dari Earther Gizmodo.

Namun, kali ini badai menyebabkan tanah ditutupi salju putih setebal 20 cm hingga memaksa Yordania untuk menunda program vaksinasi COVID-19 yang seharusnya dilaksanakan.

Kondisi ini berbeda dengan di Damaskus, ibu kota Suriah, di mana penduduk sangat bahagia menyambut cuaca dingin bersalju tersebut meski sekolah ditutup dan ujian tengah semester juga ditunda akibat cuaca ekstrem.

Salju Turun Di Arab Suriah 2360b
Sumber foto: Getty Images via Gizmodo

Namun, salju malah tak menghentikan digelarnya turnamen sepak bola Premier League meski salju menutupi lapangan.

Sayangnya, 3 juta penduduk terlantar di wilayah barat laut Suriah dalam kondisi memprihatinkan karena salju beresiko merusak kamp pengungsian yang sempat rusak oleh hujan lebat sebelumnya.

Situasi di negara tetangganya, Lebanon cukup parah akibat Badai Joyce melanda pada Selasa (16/2/2021) dengan kekuatan angin mencapai 85-100 km/jam.

Badai tersebut mengakibatkan berbagai jalan di Lebanon bagian timur dan utara ditutup.

Jika di Lebanon salju menyebabkan situasi memburuk, salju di Libya malah menimbulkan kebahagiaan anak-anak dan keluarga, hingga penduduk wilayah Jabal Al-Akhdar beramai-ramai keluar rumah dan menikmati salju.

Pertama Kali Salju Turun Di Arab Libya Cb50c
Sumber foto: Getty Images via Gizmodo

Kegiatan foto-foto dan saling melempar bola salju pun melengkapi kebahagiaan warga Libya di tengah cuaca dingin.

Beralih ke Palestina dan Israel yang juga turut merasakan kejadian langka ini, sejumlah warga juga berbondong-bondong melihat salju lebih dekat seperti yang dilakukan masyarakat Libya.

Namun, ada saja konflik yang terjadi antara dua negara yang tak pernah harmonis itu di mana polisi Israel menembaki tiga anak Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa yang sedang bermain salju.

Satu orang anak lainnya juga ditahan oleh polisi, dan semuanya didakwa melakukan kejahatan berupa melempar bola salju ke polisi dan pemukim Yahudi.

Di wilayah Palestina yang diduduki Israel, salju menyebabkan kerusakan rumah di Jalur Gaza dan menghambat kampanye vaksinasi - seperti yang dilaporkan media Palestina, WAFA.

Masih ada satu hal yang tak kalah unik dari fenomena salju di kawasan Timut Tengah ini, yakni rekaman video yang menampilkan sejumlah unta di Tabuk, Arab Saudi, tampak kebingungan dengan hadirnya salju di sekeliling mereka.

Salju Arab Saudi Bikin Unta Kebingungan 620b5

Menurut Arab News, beberapa turis juga dilaporkan datang jauh-jauh dari Uni Emirat Arab (UEA) demi menyaksikan fenomena ini secara langsung.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal