J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ada Cacat Keamanan di Aplikasi SHAREit, Gampang Dibobol Hacker!

Kamis, 18 Feb 2021, 19:00 WIB
Celah keamanan di SHAREit bisa berdampak berbahaya bagi ponsel dan data pribadimu, loh. Hati-hati kalau masih mau menggunakannya!

Sebuah perusahaan perangkat lunak yang berfokus pada keamanan siber, Trend Micro, merilis temuannya mengenai beberapa kerentanan yang terdapat dalam aplikasi SHAREit pada 15 Februari 2021 lalu.

Dilansir dari Trend Micro, celah keamanan tersebut memungkinkan hacker untuk menginstal aplikasi pihak ketiga bahkan menjalankan perintah berbahaya menggunakan izin yang diberikan pengguna pada SHAREit.

Celah-celah tersebut juga bisa-bisa dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab untuk membocorkan data sensitif pengguna, apalagi SHAREit meminta akses ke media dan penyimpanan pada perangkat, termasuk kamera, mikrofon, dan lokasi.

Lebih parahnya lagi, hacker juga dapat menukar aplikasi yang asli dengan aplikasi palsu - seperti dikutip dari CNN, Kamis (18/2/2021).

Resiko lain dari celah keamanan ini juga masih banyak, contohnya menghapus aplikasi, membuat akun, dan mengatur kata sandi, serta menjalankan aplikasi SHAREit tanpa izin pengguna.

Meski Trend Micro menyatakan telah melaporkan kerentanan tersebut kepada pihak SHAREit dan membagikan detailnya tiga bulan lalu, SHAREit belum mengeluarkan patch terbaru ataupun respon yang dibagikan kepada publik.

Trend Micro dalam artikelnya juga menyebut telah melaporkan cacat keamanan ini ke Google meski belum diketahui apa respon yang diberikan Google terhadap penemuan ini.

Dilansir dari detik, celah keamanan yang rawan diretas tersebut ditemukan di versi Android. Untuk pengguna SHAREit di iOS disebutkan tak ikut terkena dampak dari kerentanan tersebut karena codebase yang digunakan berbeda.

Sebagai aplikasi yang telah digunakan secara luas hingga mencapai lebih dari 1 miliar unduhan di Google Play dan dinobatkan sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2019, ini merupakan hal yang harus segera diatasi.

SHAREit sendiri biasanya digunakan untuk mentransfer dan menerima file tanpa perlu koneksi bluetooth ataupun internet, bahkan kini aplikasi itu telah memiliki fitur lain seperti memutar musik dan video, stiker, dan feed berita populer.

Mengingat belum ada respon resmi dari SHAREit, mungkin kamu bisa berhenti menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu dan mentransfer file dengan cara lainnya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal