J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tokopedia Ubah Kebijakan Privasi, Terang-terangan Sebar Data Pengguna?

Kamis, 18 Feb 2021, 15:00 WIB
Kebijakan baru Tokopedia yang transparan ini malah membuat resah lantaran data pengguna bisa jadi tak aman. Apakah itu benar?

Per 3 Februari 2021, platform jual beli online Tokopedia menetapkan kebijakan privasi terbaru bagi para penggunanya.

Dilansir dari Kompas, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan bahwa adanya pembaruan ini adalah sebagai bukti komitmen Tokopedia dalam menaati peraturan terkait perlindungan data pribadi di Indonesia.

Agar transparansi dapat tercapai, Ekhel juga mengimbau pengguna untuk membaca isi dari pembaruan kebijakan privasi tersebut.

Dalam kebijakan privasi terbaru Tokopedia yang tercantum pada halaman Kebijakan Privasi di web resminya, setidaknya ada 11 poin pokok yang dibahas.

Sama seperti kebijakan baru WhatsApp, kebijakan privasi Tokopedia ini juga turut menuai kritik dan mengundang pertanyaan publik akan apakah Tokopedia mampu menjaga kerahasiaan informasi para pengguna.

Poin A nomor 1 yang menjelaskan mengenai data yang dikumpulkan pengguna secara mandiri seperti alamat, data transaksi, rekening bank, izin akses ke perangkat pengguna, dan lain sebagainya mendapat komentar dari Gunaris, seorang praktisi ITE.

Gunaris memandang poin tersebut dan beberapa poin lainnya berpotensi membahayakan data pribadi pengguna, di mana Tokopedia bisa saja mengambil data pengguna dari kartu kreditnya - yang diungkapkan dalam wawancaranya dengan Tirto pada Kamis (11/2/2021).

Selain itu, pada poin C mengenai Pengungkapan Data Pribadi Pengguna, tertulis bahwa Tokopedia bisa saja mendistribusikan data pengguna ke berbagai pihak seperti mitra usaha atau pihak ketiga lainnya untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi belanja tersebut.

Di samping poin-poin di atas, masih ada beberapa poin lainnya mengenai kebijakan Tokopedia dalam mengolah dan menjaga data privasi pengguna sehingga akan lebih baik jika kamu membacanya dengan seksama.

Melalui halaman Kebijakan Privasi di web resminya tersebut, Tokopedia berusaha mengungkapkan apa yang akan mereka lakukan terhadap data pengguna secara realistis dan terbuka.

Namun, pada tahun 2020 lalu sebanyak 91 juta data pengguna Tokopedia sempat bocor dan diperjualbelikan di Radisforum - seperti yang diungkap di Tirto.

Jadi, apakah komitmen Tokopedia kali ini akan dibarengi dengan pengamanan data privasi pelanggan yang lebih terjamin?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal