• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film dari Kisah Nyata yang Ternyata Berbeda dengan Cerita Aslinya, Hoax Dong?

7 Film dari Kisah Nyata yang Ternyata Berbeda dengan Cerita Aslinya, Hoax Dong?

00
Senin, 25 Nov 2019, 12:00 WIB
Diklaim mengadaptasi cerita dari kisah nyata, ternyata film-film berikut ini nggak benar-benar menampilkan kisah nyata yang terjadi sebenarnya lho.

Mancantumkan label "berdasarkan kisah nyata" dalam sebuah film kini seolah telah menjadi trik advertising tersendiri untuk menarik minat para penonton.

Pasalnya film dengan kisah nyata semacam ini tak jarang mampu membuat penonton larut dalam ceritanya sehingga cukup banyak digemari.

Tapi, bagaimana jadinya kalau ternyata film-film berdasarkan kisah nyata ini hanyalah sebuah kebohongan belaka? Itulah yang terjadi pada beberapa film Hollywood yang bakal Jaka bahas kali ini.

Film Kisah Nyata yang Ternyata Bohong

Alih-alih menampilkan cerita berdasarkan kisah nyata, film-film berikut ini ternyata nggak benar-benar menyajikan kisah yang sesuai dengan aslinya lho.

Penasaran? Yuk, simak daftar filmnya berikut ini!

1. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

The Texas Chainsaw Massacre 1974 7d5af

Dirilis pada tahun 1974 silam, siapa sangka kalau ternyata film horor berjudul The Texas Chainsaw Massacre ini ternyata menampilkan cerita yang jauh dari kisah aslinya lho.

Film ini sendiri menceritakan tentang aksi pembunuh berdarah dingin bernama Ed Gein yang terkenal pada tahun 40-an hingga 50-an.

Ed Gein digambarkan tega membunuh para korban dan memakai kulit korbannya sebagai pakaian dan topeng, juga menggunakan gigi dan tulang belulang korbannya untuk peralatan rumah.

Sayangnya, berhembus kabar kalau ternyata plot cerita yang ditampilkan dalam film ini ternyata hanya sebuah karangan saja dan nggak mirip dengan kisah pembunuhan ala Ed Gein aslinya.

2. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind 2001 1e58f

Menceritakan tentang seorang jenius matematika bernama John Forbes Nash yang mengalami skizofrenia, ternyata film biografi berjudul A Beautiful Mind nggak sepenuhnya berdasarkan kisah nyata lho, geng.

Hal itu terlihat saat Nash diceritakan bergabung dengan laboratorium Wheleer di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang kenyataannya bahkan laboratorium tersebut nggak pernah ada.

Selain itu, Nash juga diceritakan pernah bekerja untuk Departemen Pertahanan yang sama sekali nggak sesuai dengan kisah di kehidupan nyatanya.

Tak hanya sampai di situ, film ini juga menampilkan Nash sebagai seorang ayah yang dalam kehidupan nyatanya dia hanyalah ayah dari seorang anak di luar nikah yang ditinggalkan ibunya.

Terakhir, Nash juga nggak pernah benar-benar memberikan pidato saat menerima hadiah Nobelnya.

3. The Perfect Storm (2000)

The Perfect Storm 2000 F3131

Dibintangi oleh aktor ternama George Clooney dan Mark Wahlberg, film The Perfect Storm merupakan film yang digarap berdasarkan novel karya Sebastian Junger.

Menceritakan tentang sekumpulan nelayan yang harus melawan badai topan ketika sedang berlayar, ternyata film ini nggak menampilkan cerita sesuai dengan kejadian aslinya lho.

Alih-alih mencantumkan label berdasarkan kisah nyata, rupanya film ini hanya menggunakan nama-nama korban kapal Andrea Gail untuk para tokoh utamanya saja.

4. The Pursuit of Happyness (2006)

The Pursuit Of Happyness 2006 E9bcc

Menampilkan cerita mengharukan yang diklaim berdasarkan kisah nyata, siapa sangka kalau ternyata film motivasi berjudul The Pursuit of Happyness yang dibintangi oleh Will Smith dan anaknya tersebut nggak benar-benar nyata, lho.

Film The Pursuit of Happiness sendiri bercerita tentang seorang ayah dan anaknya yang berusaha berjuang di tengah kemiskinan.

Diceritakan memiliki sifat yang sangat baik, ternyata tokoh Will Gardener dalam dunia nyata nggak sebaik seperti apa yang diceritakan dalam film.

Kabarnya Will di kehidupan nyata adalah sosok orang yang menyebalkan dan sangat arogan.

Selain itu, Will juga diceritakan menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang Dean Witter yang kenyataannya dia menerima tunjangan sebesar $1.000/bulan selama 10 bulan.

5. Flight (2012)

Flight 2012 B5ce8

Film berdasarkan kisah nyata berikutnya yang ternyata bohong adalah film drama thriller berjudul Flight yang dirilis pada tahun 2012 silam.

Diklaim menawarkan plot cerita yang terinspirasi dari kecelakaan tragis pesawat Alaska Airlines Flight 261 di tahun 2000, ternyata film ini nggak benar-benar menampilkan cerita yang sesuai dengan kenyataannya.

Dalam film tersebut sang pilot diceritakan berusaha keras untuk menghindari kecelakaan pesawat, padahal kenyataannya salah satu pilot Alaska Airlines justru dalam pengaruh alkohol.

Tak hanya itu, di film ini juga diceritakan bahwa pilot Whip Whittaker berhasil menyelamatkan pesawat. Padahal dalam kehidupan nyatanya kecelakaan pesawat Alaska Airlines justru menewaskan semua orang di dalamnya.

6. The Strangers (2008)

The Strangers 2008 4f7b2

Dibintangi oleh sederet artis populer, film The Strangers yang dirilis pada tahun 2008 lalu juga rupanya menampilkan kisah cerita yang nggak sepenuhnya sesuai dengan kenyataan.

Film ini sendiri diklaim mengangkat kisah nyata yang dialami oleh sang sutradara, Bryan Bertino, di masa kecilnya di mana saat itu rumahnya sering didatangi perampok.

Namun kenyataan justru berbicara lain di mana kabarnya tak ada satupun pengalaman yang dialaminya tersebut berhubungan dengan pembunuh psikopat seperti yang diceritakan dalam film.

Bertino mengungkapkan bahwa salah satu inspirasi utamanya untuk cerita film The Strangers adalah novel kriminal berjudul Helter Skelter yang menceritakan eksploitasi "keluarga" pembunuh Charles Manson.

7. The Revenant (2015)

The Revenant 2015 330df

Mencantumkan embel-embel kisah nyata pada covernya, film The Revenant sukses meraih banyak review positif dari para kritikus.

Namun, di balik kesuksesan yang berhasil diraihnya tersebut siapa sangka kalau ternyata cerita yang disajikan dalam film action satu ini nggak sepenuhnya nyata.

Di dalam film tokoh Hugh Glass yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio diceritakan memiliki seorang anak di mana seluruh plot film menceritakan Glass yang ingin membalas dendam terhadap orang-orang yang membunuh anaknya.

Hal itu sangatlah berbeda dengan kenyataannya di mana Hugh Glass nggak pernah memiliki seorang anak dalam sejarah hidupnya.

Selain itu, di kehidupan nyatanya Glass juga nggak pernah benar-benar mendapat kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan John Fitzgerald (Tom Hardy) yang berusaha meninggalkannya di tengah hutan.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film berdasarkan kisah nyata yang ternyata nggak sepenuhnya sesuai dengan kenyataan yang terjadi.

Bahkan, salah satu di antara film-film di atas hanya mengadopsi nama untuk para tokoh pemainnya saja lho, geng. Jadi, apakah kamu sudah merasa tertipu?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Genre Film Aneh Banner Bbef5

7 Genre Film Paling Aneh yang Belum Pernah Kamu Dengar, Ada yang Khusus Dewasa!

7 Adegan Konyol Klise Yang Ada Di Film Romantis Gak Masuk Akal Banget 59666

7 Adegan Konyol & Klise yang Ada di Film Romantis, Gak Masuk Akal Banget!

Banner 89f5d

7 Adegan Konyol yang Selalu Ada di Film Action, Penjahat Kok Ngantri Buat Ditonjok?

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

7 Film Yang Menghancurkan Karir Para Pemerannya Ada Yang Sampai Dituduh Komunis 0ddda

7 Film yang Menghancurkan Karir Para Pemerannya, Ada yang Sampai Dituduh Komunis!

Film Dengan Kisah Cinta Paling Bucin Be37f

7 Film Dengan Kisah Cinta Paling Bucin, Bikin Gemes!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal