J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Perangkat iOS Gak Punya Slot Memori Eksternal, Biar Untung Banyak?

5 Alasan Perangkat iOS Gak Punya Slot Memori Eksternal, Biar Untung Banyak?

Rabu, 16 Okt 2019, 21:00 WIB
Nggak pernah membekalkan perangkat gadget-nya dengan kehadiran memori eksternal, berikut adalah beberapa alasan kenapa Apple melakukan hal tersebut.

Jika saat ini hampir semua smartphone Android telah dibekali dengan slot untuk menaruh memori eksternal, maka lain halnya dengan jajaran produk smartphone dan tablet besutan Apple.

Apple sepertinya nggak tertarik untuk membenamkan slot memori eksternal pada perangkat buatan mereka meskipun teknologi semacam ini telah lama diadopsi oleh HP-HP dari merek lain.

Padahal, kehadiran slot memori eksternal sendiri dinilai sangat bermanfaat bagi banyak orang karena mampu memberikan ruang penyimpanan tambahan pada HP.

Lalu, sebenarnya apa, sih, yang menjadi alasan Apple nggak mau menyediakan slot memori eksternal di perangkat iOS mereka?

Alasan Perangkat iOS Gak Punya Slot Memori Eksternal

Meskipun saat ini banyak HP yang sudah dibekali dengan ruang penyimpanan berkapasitas besar, tapi kehadiran slot memori eksternal tentunya menjadi nilai tambah tersendiri.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang kemungkinan besar menjadi alasan utama kenapa Apple nggak memberikan slot memori eksternal di gadget buatan mereka.

1. Desain Jadi Prioritas

Desain B33bb

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini para vendor smartphone berusaha untuk bisa menghadirkan HP dengan bodi setipis mungkin.

Terlebih saat ini gadget dengan bodi tipis memang lebih banyak diminati oleh para pengguna karena lebih ringan dan mudah dibawa kemana pun.

Namun, untuk bisa menghasilkan bodi yang tipis tentunya harus ada yang dikorbankan. Dalam hal ini Apple memilih untuk menghilangkan slot memori eksternal untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Apple juga telah lama menghilangkan jack audio 3.5mm yang dinilai banyak orang dapat membuat bodi HP semakin tebal.

2. Lebih Praktis

Lebih Praktis Ab9d6

Selain agar bisa menghadirkan perangkat iOS dengan bodi yang tipis, absennya slot memori eksternal juga dinilai sebagian orang karena Apple mengutamakan pengalaman pengguna.

Mereka dianggap nggak ingin menyulitkan penggunanya dengan menghadirkan slot memori eksternal yang artinya pengguna harus membeli memori tambahan dan melepas-pasang saat dibutuhkan.

Seperti yang kita tahu, melepas-pasang memori eksternal memang membutuhkan usaha lebih daripada sekadar melepaskannya begitu saja.

Kamu perlu masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu untuk bisa melepas kartu memori secara aman agar data nggak mengalami corrupt.

Selain itu, penggunaan memori eksternal juga dinilai nggak cukup praktis karena pengguna hanya bisa mengakses data di dalamnya ketika memori terpasang pada perangkat.

3. Mendorong Pengguna Untuk Menggunakan Penyimpanan Awan

Icloud 9caec

Meskipun nggak menghadirkan slot memori eksternal pada perangkat-perangkat iOS buatannya, namun Apple menawarkan solusi lain kepada pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih.

Solusi tersebut berupa kehadiran layanan cloud storage alias penyimpanan awan bernama iCloud yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Layanan iCloud sendiri pada dasarnya mirip dengan Google Drive ataupun Dropbox di mana pengguna dapat menyimpan data pribadi mereka dan mengaksesnya kapan pun dan di mana pun.

Layanan iCloud dinilai lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan slot memori eksternal pada smartphone dan tablet.

4. Strategi Meraup Untung

Strategi Meraup Untung A6e93

Meskipun sudah dikeluhkan berkali-kali oleh sejumlah pengguna, tapi Apple tetap konsisten dengan nggak menyediakan slot memori eksternal pada perangkat gadget buatan mereka.

Jika berbicara dalam kacamata bisnis, mungkin hal ini mereka lakukan sebagai sebuah strategi untuk meraup untung dari penjualan.

Seperti yang kita ketahui, Apple menjual perangkatnya dengan harga yang bervariasi tergantung pada tipe dan kapasitas memori internal yang digunakan.

Sebagai contoh produk terbaru Apple yaitu iPhone 11 dengan kapasitas penyimpanan 64GB dibanderol seharga $699 (sekitar Rp9.8 juta), sementara untuk penyimpanan 128GB dibanderol seharga $749 (sekitar Rp10.5 juta).

Itu artinya, jika pengguna ingin memiliki perangkat iOS dengan memori internal yang besar maka mereka harus rela mengeluarkan uang lebih.

5. Perangkat Berjalan Lebih Lambat

Perangkat Berjalan Lambat D1424

Di banyak kasus, penggunaan memori eksternal pada smartphone nyatanya justru dapat membuat kinerja perangkat menjadi lebih lambat.

Lebih parah lagi, memori eksternal juga kabarnya dapat menyebabkan device failure karena kualitas memori eksternal yang kurang bagus.

Hanya saja hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan memilih memori eksternal yang menawarkan kecepatan tinggi saat melakukan proses membaca (read) dan menulis (write) sebuah data.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa hal yang kemungkinan besar menjadi alasan kenapa hingga saat ini Apple nggak menyediakan slot memori eksternal pada perangkat-perangkat iOS besutan mereka.

Menurut kamu ada nggak, sih, hal lain yang menjadi alasan utama Apple, geng? Tulis jawabannya di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Memori Eksternal atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Night Mode Iphone 11 Banner 8f684

5 Bukti Bahwa Night Mode iPhone 11 Series Terlalu Sempurna, Android Babak Belur!

Alasan Iphone 11 Pro Dibenci Bannerx 95228

5 Alasan Kenapa iPhone 11 Pro Dibenci Banyak Orang, Mending Buat Umroh?

Alasan Iklan Iphone Selalu Menunjukkan Jam 9 41 C3cdc

Terbongkar! Inilah Alasan Mengapa Iklan iPhone Selalu Menunjukkan Pukul 9.41

Produk Apple Terbaik Banner 5f14d

7 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa, iPhone 11 Gak Termasuk?

Meme Iphone 11 Banner Bdff3

10 Meme Kocak iPhone 11 Bully-an Netizen, Itu Kamera Apa Fidget Spinner?

Produk Apple Ga Layak Beli D84ad

10 Produk Apple yang Gak Layak Beli di 2020, iPhone SE 2020 Termasuk?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal