KataHack, Kompetisi AI Untuk Anak Muda dari Kata.ai

Default

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini menjadi salah satu tren teknologi yang banyak diperbincangkan di berbagai belahan dunia.

Bahkan, kini teknologi AI banyak dimanfaatkan oleh berbagai brand dan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dalam melayani segala pertanyaan dan kebutuhannya secara langsung di internet.

Salah satu perusahaan terdepan yang mengembangkan teknologi AI di Indonesia sendiri adalah Kata.ai, geng.

Apa itu Kata.ai?

Startup Kata Ai C258b

Kata.ai merupakan startup teknologi karya anak bangsa yang menyediakan solusi kecerdasan buatan dengan memanfaatkan teknologi AI dan Natural Language Processing dalam chatbot berbahasa Indonesia.

Sejak didirikan 3 tahun lalu, Kata.ai telah memiliki sekitar 6.000 developer chatbot di seluruh Indonesia yang telah dipercayakan untuk mengembangkan chatbot untuk berbagai perusahaan ternama.

Perusahaan tersebut di antaranya Telkomsel (Veronika), Indosat (INDIRA), Unilever (Jemma), Alfamart (Shalma), hingga Bank Rakyat Indonesia (Sabrina).

Kata.ai Gelar Hackathon Nasional

Hackathon 5eae8

Untuk mengakselerasi pengembangan dan inovasi solusi AI di Indonesia, Kata.ai berinisiasi menyelenggarakan hackathon nasional online bernama KataHack.

Dalam acara yang terbuka untuk publik ini, setiap peserta diundang untuk berkompetisi dalam tim.

Nantinya mereka berkompetisi untuk memecahkan permasalahan bisnis maupun teknologi dengan solusi berbasis kecerdasan buatan yang dibuat dengan teknologi platform yang disediakan oleh Kata.ai.

Buat kamu yang belum bekerja, di luar kompetisi tersebut, platform Kata.ai juga bisa digunakan oleh siapa saja termasuk para tech enthusiast atau pelajar untuk bereksperimen dan membuat chatbot mereka sendiri.

KataHack sendiri diselenggarakan dengan tujuan untuk melatih para talenta muda Indonesia tentang pemikiran kritis, kreativitas, dan semangat problem-solving yang mengandalkan solusi AI.

Lewat kompetisi ini Kata.ai ingin mengajak mereka berkreasi untuk mengembangkan solusi yang komprehensif dari masalah bisnis atau masalah IT yang sering kita jumpai sehari-hari.

Adopsi AI di Indonesia Masih Sangat Rendah

Kata Ai Ad386

Meskipun kecerdasan buatan memiliki peran vital untuk mendukung potensi ekonomi yang jauh lebih tinggi, nyatanya adopsi AI di Indonesia masih terbilang rendah lho, geng.

Menurut studi yang dilakukan oleh Microsoft dan IDC Asia/Pasifik, hanya 14% saja dari organisasi di Indonesia yang telah benar-benar mengadopsi teknologi kecerdasan buatan.

Hal ini disebabkan masih banyaknya pandangan skeptis terhadap performa kecerdasan buatan di Indonesia.

Rendahnya tingkat adopsi tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi tim Kata.ai untuk meraih keperacayaan dari industri bisnis.

Oleh karena itu, lewat hackathon ini Kata.ai ingin meningkatkan keterampilan dan talenta muda Indonesia terhadap AI.

Terlebih saat ini Indonesia sudah dikenal sebagai rumah dari ratusan startup teknologi yang potensial.

Syarat Pendaftaran Kompetisi KataHack

Katahack 82c2d

Buat kamu yang tertarik untuk mendaftar, pendaftaran untuk kompetisi KataHack dibuka dari tanggal 27 September sampai dengan 10 Oktober 2019.

Tim perlu mengumpulkan proposal berupa pitch deck sederhana berisi data diri anggota, penjelasan singkat tentang solusi kecerdasan buatannya, spesifikasi produk, spesifikasi teknis, dan penjelasan singkat teknologi Kata.ai yang akan digunakan.

Nantinya jika proposal pitch deck dinyatakan lolos, maka peserta bisa langsung mengembangkan ide solusi mereka dalam waktu dua minggu, yaitu dari 14 hingga 24 Oktober 2019.

Peserta akan dinilai berdasarkan orisinalitas, nilai bisnis atau sosial, penggunaan teknologi Kata.ai, dan implementasi dari solusi AI yang diusulkan.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi mengenai kompetisi KataHack yang diselenggarakan oleh Kata.ai dalam hackathon nasional.

Untuk mencari informasi lebih lengkap dan mengikuti KataHack, peserta bisa mengunjungi halaman utama lomba pendaftaran KataHack 2019 di link berikut - https://blog.kata.ai/en/post/katahack-2019.

Baca juga artikel seputar Artificial Intelligence atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal