J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Kerja Kualifikasi ke CS:GO Major Tournaments, Hadiah 14 Miliar!

Cara Kerja Kualifikasi ke CS:GO Major Tournaments, Hadiah 14 Miliar!

Kamis, 12 Sep 2019, 16:45 WIB
CS:GO Major Championship merupakan turnamen CS:GO terbesar di dunia. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara kerja turnamennya!

Apakah kamu sering menyaksikan pertandingan CS:GO profesional? Turnamen apa yang terakhir kali kamu ikuti?

CS:GO adalah sebuah game FPS paling legendaris yang memiliki banyak pemain di dalamnya. Selain seru, game ini memiliki tingkat bersaing yang sangat tinggi sehingga dijadikan turnamen profesional.

Layaknya sebuah olahraga, tiap pemain yang ikut turnamen harus menyusun strategi dan bekerja sama untuk memenangkan pertandingan dan naik ke tingkat paling tinggi untuk mendapat piala.

Salah satu turnamen paling bergengsi dari CS:GO adalah** Major Championship**. Berikut adalah sejumlah tim dan cara kerja kualifikasi CS:GO Major Championship selengkapnya!

Sekilas Tentang CS:GO Major Tournaments

Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Intro Bdfba

Counter-Strike: Global Offensive atau CS:GO merupakan sebuah game FPS yang dikembangkan oleh Hidden Path Entertainment dan Valve Corporation.

Game ini menjadi seri keempat dari Counter-Strike yang dirilis pertama kali pada 2012 untuk berbagai konsol seperti Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox 360, dan banyak lagi.

CS:GO terus berkembang hingga saat ini dan memiliki sejumlah turnamen bergengsi yang diadakan secara internasional. Turnamen paling atas di dalam game ini dinamakan CS:GO Major Championships.

Turnamen ini diikuti oleh sejumlah tim terbaik di dunia untuk merebut hadiah besar hingga 1 juta USD. Pertandingan pertama diadakan pada 2013 yang disponsori langsung oleh Valve.

Tahap untuk menjadi tim yang juara dalam pertandingan pun sangat panjang dan membutuhkan kerja keras. Sebuah tim harus melewati 3 tahap dalam turnamen.

Tiap tahap ini pun memiliki cabang kualifikasi tersendiri yang lumayan kompleks.

Kamu yang tertarik dalam dunia eSports CS:GO atau ingin mengikuti Major Championships bisa simak peraturannya di sini:

Cara Kerja Kualifikasi ke CS:GO Major Tournaments

CS:GO Major Tournaments adalah pertandingan paling bergengsi dalam dunia eSports CS:GO saat ini. Turnamen ini memiliki beberapa tahap kualifikasi, mulai dari Open Qualifier hingga Major Stage.

Semua tim yang bertanding harus memiliki 5 pemain inti dan satu orang anggota tim lainnya (pelatih atau pemain cadangan). Tiap anggota pemain ini dinamakan Roster.

Berikut adalah tahap kualifikasi turnamen yang Jaka buat berdasarkan turnamen CS:GO terbaru, yaitu StarLadder Berlin Major 2019.

Open Qualifier

Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Open 1 00496

Pertama adalah Open Qualifier, semua tim yang masuk ke dalam pertandingan Major Championship harus lolos kualifikasi per region. Dalam turnamen StarLadder Berlin Major 2019 terdapat 4 region.

Region ini terdiri dari Europe, Americas, CIS, dan Asia Qualifiers yang diadakan pada Mei hingga Juli 2019 dengan jadwal bertanding berbeda tiap regionnya.

Semua kualifikasi akan dimainkan secara online. Registrasi untuk mengikuti pertandingan gratis untuk semua kontestan.

Pemenang Open Qualifier nantinya akan masuk ke tahap Closed Qualification.

Kamu bisa lihat selengkapnya di bawah ini:

Eropa: Slot yang tersedia untuk EU Closed Qualification adalah 8 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 25-26
  • Open Qualification #2 May 28-29
  • Open Qualification #3 May 31-June 1
  • Open Qualification #4 June 3-4

CIS: Slot yang tersedia untuk CIS Closed Qualification adalah 8 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 24-25
  • Open Qualification #2 May 27-28
  • Open Qualification #3 May 30-31
  • Open Qualification #4 June 2-3

Amerika Utara (Amerika): Slot yang tersedia untuk NA Closed Qualification adalah 8 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 25-26
  • Open Qualification #2 May 28-29
  • Open Qualification #3 May 31-June 1
  • Open Qualification #4 June 3-4

Amerika Selatan (Amerika): Slot yang tersedia untuk SA Closed Qualification adalah 8 (4 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 20-21
  • Open Qualification #2 May 23-24

Oceania (Asia): Slot yang tersedia untuk OCE Closed Qualification adalah 4 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 19-21
  • Open Qualification #2 May 22-23

East Asia (Asia): Slot yang tersedia untuk EA Closed Qualification adalah 4 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 13-14
  • Open Qualification #2 May 16-17

MENA (Asia): Slot yang tersedia untuk MENA Closed Qualification adalah 4 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 13-14
  • Open Qualification #2 May 16-17

CSA (Asia): Slot yang tersedia untuk CSA Closed Qualification adalah 4 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 14-15
  • Open Qualification #2 May 17-18

SEA (Asia): Slot yang tersedia untuk SEA Closed Qualification adalah 4 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 14-15
  • Open Qualification #2 May 17-18

China (Asia): Slot yang tersedia untuk China Closed Qualification adalah 4 (2 untuk tiap kualifikasi). Pertandingan memiliki format Single Elimination (Bo1 + Bo3 di Semifinal).

  • Open Qualification #1 May 19-20
  • Open Qualification #2 May 22-23

Closed Qualifier

Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Closed Invites 6444f

Setelah lolos di kualifikasi Open Qualifier, seluruh tim yang terpilih akan masuk ke tahap Closed Qualifier. Di sini, jumlah tim yang bertanding semakin kecil dan tersisa yang terbaik.

Kualifikasi ini masih dilakukan oleh tiap region, tahapan dalam pertandingan pun disesuaikan dengan jumlah tim yang lolos ke Closed Qualifier ini.

Tiap turnamen dalam tahap Closed Qualifier dominan ditandingkan lagi dengan tim undangan. Permainan pun akan dilakukan secara online.

Setiap tim yang menang dalam pertandingan akan maju ke Minor Stage.

Minor Stage

Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Minor 75be0

Dalam tahap Minor Stage, turnamen akan menggunakan sistem LAN dan dilakukan langsung dalam lokasi pertandingan StarLadder Berlin Major 2019 yaitu Berlin, Jerman.

Dalam tahap ini, akan ada dua tahap pertandingan, yaitu Group Stage dan Play-off.

Tahap pertama adalah Group Stage, tiap tim akan bertanding sesuai dengan peraturan yang berlaku dan menggunakan format two double elimination groups (2 dari 4 tim akan terpilih).

Kedua tim yang lolos dalam Group Stage akan naik ke tahap Play-off. Tim akan ditandingkan dalam bentuk Best of Three (BoF) dan mereka akan masuk ke kualifikasi untuk New Challenger.

Play-in Tournament

Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Playin 2e46e

New Challenger akan ditentukan dalam tahap Play-in Tournament. Dalam tahap ini, ronde pertama akan ditandingkan dengan format Best of One.

Lalu, pemain yang kalah akan bertanding lagi dalam format Best of Three.

Tim yang menang dalam pertandingan pertama dan pertandingan melawan tim kalah akan masuk ke New Challenger.

Major Stage

Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Major B8366

Tahap terakhir adalah Major Stage yang dibagi lagi menjadi tiga tahap yaitu Challenger Stage, Legends Stage, dan Champion Bracket.

Dalam tahap Challenger Stage, ada 16 tim yang akan bertanding. Tim ini akan ditandingkan dengan format pertandingan Best of Three. Pertandingan ini akan menghasilkan 8 tim yang akan masuk ke tahap Legends.

Partisipan dalam Challenger Stage akan terdiri dari:

  • 6 tim undangan dari turnamen Legends Stage sebelumnya
  • 8 tim dari Minor (2 tim per region)
  • 2 tim terbaik dalam tahap Play-in
Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Champions Da4ae

Setelah Challenger Stage, kini semua tim yang terpilih akan masuk ke tahap Legends Stage. Dalam tahap ini, semua pemain akan bertanding dengan format Best of Three.

Sama dengan sebelumnya, 8 tim terbaik dari 5 ronde pertandingan akan masuk ke tahap terakhir yang bernama Champions Bracket. Berikut adalah partisipan yang akan masuk ke Champions:

  • 8 tim undangan dari Legends Stage sebelumnya
  • 8 tim dari New Legends terbaik

Mereka yang masuk ke dalam tahap Champions Bracket akan bertanding secara Single Elimination dan menggunakan format Best of Three.

Dalam pertandingan StarLadder Berlin Major 2019 lalu, pemenangnya diraih oleh Astralis dengan skor 2-0 melawan AVANGAR. Mantap!

Cara Kerja Kualifikasi Ke CSGO Major Tournaments Winner B9c8b

Akhir Kata

Itu dia cara kualifikasi ke dalam CS:GO Major Championship yang ada setiap tahunnya. Tahun depan akan ada CS:GO Major Championship 2020 yang wajib kamu ikuti!

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar eSports atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT
Cara Kerja Turnamen The International 2019 Kompetisi Dota 2 Terbesar Di Dunia 6fd00

Cara Kerja Turnamen The International 2019, Kompetisi Dota 2 Terbesar di Dunia

Kualifikasi Pubg Global Championship Banner 2061a

Cara Kerja Kualifikasi ke PUBG Global Championship, Ayo Ikutan!

7 Game Fps Terpopuler Yang Dilombakan Di Turnamen Esports 29534

7 Game FPS Terpopuler yang Dilombakan di Turnamen eSports, Seru Abis!

Tim Esports Cs Global Offensive Terbaik Banner F69b1

5 Tim eSports CS:GO Terbaik di Dunia, Bertabur Prestasi!

Daftar Game Strategi Yang Jadi Turnamen Esports Banner 3a4e8

Daftar Game Strategi yang Jadi Turnamen eSports, Hanya untuk Jenius!

Alasan Csgo Pubg Tidak Masuk Sea Games Banner 96caa

Ini Alasan Kenapa CS: GO dan PUBG Tidak Masuk SEA Games 2019, Banyak Cheater?

.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Kerja Turnamen The International 2019, Kompetisi Dota 2 Terbesar di Dunia

Cara Kerja Turnamen The International 2019, Kompetisi Dota 2 Terbesar di Dunia

5 Tim eSports CS:GO Terbaik di Dunia, Bertabur Prestasi!

5 Tim eSports CS:GO Terbaik di Dunia, Bertabur Prestasi!

5 Tim eSport yang Pernah Didiskualifikasi di Turnamen | No. 5 Karena Rebut Slot Orang?

5 Tim eSport yang Pernah Didiskualifikasi di Turnamen | No. 5 Karena Rebut Slot Orang?

7 Tim eSports Dota 2 Terbaik di Indonesia, Juara Terus!

7 Tim eSports Dota 2 Terbaik di Indonesia, Juara Terus!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal