J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

18 Produk Buatan Google yang Gagal dan Gak Laku, Kalah Saing Sama Apple?

18 Produk Buatan Google yang Gagal dan Gak Laku, Kalah Saing Sama Apple?

Sabtu, 28 Des 2019, 11:00 WIB
Google memang sangat terkenal dan memiliki jasa dalam layanan internet yang baik, tapi berbeda dengan gadget buatannya yang gagal dan gak laku di pasaran. Simak apa saja produknya di sini!

Apakah kamu sering menggunakan layanan Google? Pernah pakai gadget buatan Google?

Google sudah gak asing lagi masyarakat milenial, apalagi yang sudah menjadikan internet sebagai salah satu gaya hidup. Bahkan, tanpa disadari kamu menggunakan layanan Google setiap hari lewat Android.

Selain layanan dalam bentuk software, Google juga memiliki sejumlah gadget menarik. Sayangnya, tak semua produk buatan Google bisa berhasil.

Nah, di artikel ini Jaka bakal bahas beberapa gadget dan produk Google lainnya yang gagal di pasaran.

Produk Buatan Google yang Gagal dan Gak Laku

Google merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang bergerak dalam jasa dan produk internet. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Perusahaan ini kini berdiri di bawah naungan Alphabet Inc. serta memiliki sejumlah layanan berupa software dan hardware. Salah satu produk paling laris yang dimilikinya adalah Android dan Pixel.

Keberadaan Google saat ini sangat penting, apalagi urusan mesin pencari. Begitu juga dengan sistem operasi smartphone Android yang selalu menjadi andalan banyak orang.

Namun, tak semua produk Google bisa berhasil dan digunakan oleh banyak orang. Bahkan, ada puluhan produk yang hingga gugur di tengah jalan karena tidak laku.

Seperti produk Google berikut ini yang masuk dalam kategori gagal dan tidak laku di pasaran:

1. Google Glass

Gadget Buatan Google Yang Gagal 1 11172

Pertama adalah Google Glass yang pertama kali diperkenalkan oleh para developer pada Februari 2013, tak lama setelah itu lalu dijual secara komersil.

Produk ini dikembangkan oleh Google X atau X yang menginginkan sebuah kacamata dengan sistem Android di dalamnya. Melalui kacamata ini, pengguna dapat merekam video atau foto melalui kamera 5MP.

Walau terlihat canggih, namun teknologi ini banyak dikecam karena mampu mengganggu hukum privasi dan keamanan warga sekitar.

Sehingga pada tahun 2015, produk ini berhenti diproduksi dan diganti menjadi Google Glass Enterprise Edition.

2. Chromecast Audio

Gadget Buatan Google Yang Gagal 2 27fb3

Selanjutnya adalah Chromecast Audio yang merupakan sebuah media caster. Produk ini pertama kali dirilis pada 2015, Chromecast Audio digunakan sebagai aksesoris untuk menghubungkan media elektronik dengan non-smart speaker.

Musik digital yang ditangkap oleh perangkat ini nantinya akan disalurkan ke speaker melalui port 3.5mm. Sayangnya, Google menghentikan produksinya pada Januari 2019 lalu.

3. Chromebook Pixel

Gadget Buatan Google Yang Gagal 3 5a12f

Chromebook Pixel merupakan sebuah produk laptop berkualitas dari Google dengan spesifikasi yang mumpuni. Laptop ini pertama kali dirilis pada 2013 dengan sistem operasi Chrome OS.

Laptop ini ditenagakan oleh prosesor Intel Core i5 dengan pilihan RAM hingga 8GB. Uniknya, laptop ini memiliki rasio layar 3:2 yang cukup aneh untuk laptop modern.

Sayangnya, laptop ini tidak laku di pasaran karena beberapa hal. Salah satunya adalah harga yang mahal dan tidak seluwes OS Microsoft.

4. Google Nexus

Gadget Buatan Google Yang Gagal 4 F5f32

Nah, kalau Google Nexus ini merupakan lini smartphone milik Google sebelum Google Pixel. HP ini menggunakan sistem operasi Stock Android dan menggunakan spesifikasi yang mumpuni.

Google Nexus juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, HP ini mendapat versi pertamanya pada 2010 dan berhenti pada tahun 2016 dengan varian Nexus 5.

Pihak Google memang tidak menghentikan seri Nexus secara resmi. Namun, setelah tidak ada kabar selama 3 tahun dan munculnya Google Pixel, maka bisa dipastikan Nexus sudah mati.

5. Project Ara

Gadget Buatan Google Yang Gagal 5 0d5d0

Siapa yang selalu menginginkan HP dengan fitur modular?

Smartphone pada umumnya hanya memiliki ciri khas sendiri yang tidak bisa diubah. Namun, berbeda dengan model HP modular yang dibuat secara khusus agar bisa dipasangkan sejumlah aksesoris.

Begitu juga dengan Project Ara yang dibuat dengan konsep untuk menciptakan sebuah HP yang bisa diupgrade per bagian. Tadinya, HP ini akan dijual dengan harga dasar 100 USD atau Rp1,4 juta.

Sayangnya, proyek yang ingin dirilis secara komersil pada 2017 ini dibatalkan dengan penyebab yang tidak diketahui. Sehingga Project Ara adalah salah satu proyek Google kece yang gagal.

6. Nexus Q

Gadget Buatan Google Yang Gagal 6 645d7

Selanjutnya adalah Nexus Q yang dikembangkan oleh Google sebagai perangkat digital media player yang dilengkapi dengan fitur canggih seperti NFC dan Android Beam untuk mengontrolnya.

Nexus Q pertama kali dirilis pada 2012 dan dijual pertama kali dengan harga yang sangat tinggi hingga 300 USD atau Rp4,2 jutaan. tentu banyak orang yang mengecam karena harganya.

Entah apa alasan resminya, Nexus Q mengalami delay pada launching pertamanya. Tak hanya itu, perangkat ini juga hilang dari daftar produk di website Google Play. Mengenaskan!

7. Nexus Player

Gadget Buatan Google Yang Gagal 7 C766d

Melihat kegagalan dari seri Nexus Q, produk yang satu ini memiliki sedikit nyawa di pasar digital media player. Produk ini pertama kali dirilis pada 2014 dan berjalan dalam OS Android 5.0.

Kali ini, Google memasang harga yang jauh lebih terjangkau pada produknya. Walau begitu, Nexus Player kembali gagal untuk bersaing dan akhirnya dihentikan penjualannya pada 2016.

Setelah dua kali gagal dalam memproduksi dan memasarkan sebuah produk digital media player, apakah Google masih berani untuk membuat produk baru lainnya?

8. Google Allo

Google Allo 1d954

Setelah beroperasi sejak tahun 2016 silam, Google akhirnya secara resmi menutup aplikasi chatting buatannya yaitu Google Allo pada bulan Maret lalu.

Kegagalan Google Allo sendiri dikarenakan aplikasi ini nggak mampu memenuhi harapan pengguna serta minimnya sambutan yang mereka dapatkan.

Di samping itu semua, kemunculan Google Allo juga sempat menuai kritik pedas dari mantan pegawai NSA, Edward Snowden yang mengatakan bahwa aplikasi ini merekam semua pesan dan riwayat percakapan penggunanya.

9. Project Tango

Project Tango 33d64

Diperkenalkan pada 2014 lalu sebagai penyedia solusi Augmented Reality (AR) bagi perangkat smartphone atau tablet, Project Tango sayangnya harus dihentikan oleh Google pada Maret 2018.

Keputusan Google untuk menghentikan Project Tango di tengah tren AR yang sedang berkembang tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya saat itu Google sedang mempersiapkan dan berfokus pada suksesor Project Tango, ARCore.

Smartphone dengan kemampuan Tango sendiri memungkinkan perangkat tersebut menampilkan citra 3D dalam layar, mirip seperti kemampuan yang dimiliki oleh peranti HoloLens yang dikembangkan Microsoft.

10. Google Spaces

Google Spaces 24ff8

Dilucurkan pada tahun 2016 lalu, Google Speces merupakan salah satu aplikasi pesan buatan Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat grup chat pribadi untuk berbagi link foto dan video.

Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga menawarkan fitur integrasi langsung dengan YouTube, Chrome, dan mesin pencari Google yang menjadi salah satu nilai jual utamanya.

Sayang, aplikasi ini kemudian harus ditutup pada April 2017 karena kurang mendapatkan respon baik dari pengguna.

11. Google Buzz

Google Buzz B13e9

Digadang-gadang hadir untuk menyaingi media sosial Facebook dan Twitter, siapa sangka kalau ternyata nasib Google Buzz justru berakhir menyedihkan.

Diluncurkan pada tahun 2010, Google Buzz adalah platform jejaring sosial yang terintegrasi dengan layanan Gmail dan memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto, video, link, dan konten lainnya kepada pengguna lain yang ada di kontak Gmail.

Sayangnya, karena permasalahan privasi pengguna yang sulit diselesaikan dan ketidakmampuannya untuk bersaing dengan platform media sosial lain, Google Buzz akhirnya ditutup pada Oktober 2011 lalu.

12. Google Plus

Google Plus 2aad1

Setelah Google Buzz gagal di pasaran, Google pun kemudian merilis aplikasi Google Plus di tahun yang sama, 2011.

Masih dengan niat yang sama yaitu untuk menciptakan media sosial yang mampu menyaingi Facebook, sayangnya hal itu kembali gagal dilakukannya.

Seiring dengan bermunculannya aplikasi maupun fitur baru yang ditawarkan oleh media sosial lain, hal itu membuat Google Plus jadi sepi peminat.

Alhasil, pada April 2019 lalu Google akhirnya mengumumkan untuk mengentikan penggunaan Google Plus karena rendahnya jumlah pengguna. Ditutupnya aplikasi Google Plus ini pun semakin menambah ramai daftar aplikasi paling gagal yang pernah dirilis.

13. Google Compare

Google Compare 7ced6

Sesuai dengan namanya, Google Compare adalah sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan berbagai hal seperti situs belanja online, asuransi mobil, kartu kredit, dan hal serupa lainnya.

Meskipun menawarkan fitur yang sangat bermanfaat, tapi Google justru memutuskan untuk mengehentukan layanan Google Compare pada Maret 2016 lalu.

Penutupan Google Compare sendiri terpaksa dilakukan karena kabarnya layanan ini tidak cukup berhasil menarik minat pengguna dan pendapatan yang dihasilkannya pun sangat minim.

14. Hangouts on Air

Hangouts On Air 9a5f9

Pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2012 silam, layanan live streaming milik Google yaitu Hangouts On Air akhirnya harus dihentikan pada September 2016.

Keputusan Google untuk menutup layanan Hangouts on Air sendiri kabarnya dikarenakan jumlah streamer yang menggunakan layanan YouTube Live jauh lebih pesat dibandingkan dengan Hangouts on Air.

Layanan Hangouts on Air sendiri sempat populer dan bahkan pernah digunakan oleh orang penting sekelas Barack Obama dan Pope Farncis.

15. Picasa

Picasa 3abfe

Diakusisi oleh Google pada tahun 2004 silam, Picasa berhasil menjadi salah satu aplikasi fotografi yang paling banyak digunakan saat itu.

Menawarkan fasilitas edit foto dan video yang praktis dan mudah digunakan, menjadi salah satu alasan kenapa aplikasi ini begitu menarik di mata penggunanya.

Sayang, keberhasilan yang diraih oleh Picasa ini nggak berlangsung lama/ Pada tahun 2016 Google akhirnya resmi menutup aplikasi ini dan menyarankan pengguna untuk bermigrasi ke aplikasi Google Photos.

Kegagalan Picasa sendiri kabarnya karena kalah saing dengan aplikasi edit foto dan video dari pengembang lain.

16. MyTracks

MyTracks 54c87

Dirilis pada tahun 2009, My Tracks merupakan aplikasi tracking GPS yang memungkinkan pengguna untuk merekam kecepatan, jarak, jalur, dan elevasi penggunanya secara real-time.

Tak hanya itu, data tersebut juga bisa dibagikan ke jejaring sosial atau mensinkronisasikannya dengan sensor bio-metrik pihak ketiga.

Namun, aplikasi ini kemudian terpaksa ditutup oleh Google pada April 2016 lalu tanpa alasan yang jelas.

17. Panoramio

Panoramio 37e9b

Buat kamu yang mungkin masih asing dengan produk Google satu ini, Panoramio merupakan layanan untuk berbagi foto yang terintegrasi dengan aplikasi Google Maps dan Google Earth.

Sayang, produk Google satu ini harus ditutup pada tahun November 2016 tanpa alasan yang belum jelas kenapa.

Google Panoramio sendiri pertama kali dirilis pada Oktober 2005 silam dan cukup memiliki banyak penggemar.

18. Google Wave

Google Wave 2c22b

Sempat digadang-gadang akan mampu menggantikan email, nyatanya Google Wave justru menjadi salah satu produk buatan Google yang mengalami kegagalan.

Kegagalan tersebut diakibatkan oleh penggunaannya yang dinilai cukup membingungkan bagi sebagian besar pengguna.

Akhirnya, setelah diluncurkan pada tahun 2009 lalu, penggunaan layanan Google Wave resmi dihentikan di tahun berikutnya.

Google Wave sendiri menawarkan fungsi yang hampir mirip dengan aplikasi Hangout, di mana aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim pesan dan bahkan mengedit dokumen.

Akhir Kata

Itu dia gadget buatan Google yang gagal dan tidak laku di pasaran, kamu pernah memiliki salah satu produk yang ada dalam daftar, geng?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT
Sistem Operasi Yang Gagal Cdaec

10 Sistem Operasi HP yang Gagal Total, Hongmeng Termasuk?

Gadget Keren Yang Gagal Di Pasaran

15 Gadget Keren yang Anehnya Malah Gagal Diterima Pasar

Hp Gagal Dan Mengecewakan 804c3

7 HP Gagal dan Mengecewakan dari Berbagai Merek, No. 3 Bisa Jadi Bom!

Merek Hp China Yang Kini Bangkrut 89945

5 Merek HP China yang Gagal dan Gak Laku di Indonesia | Gara-Gara Xiaomi?

7 Kamera Dengan Desain Paling Aneh Di Dunia Ada Yang Berbentuk Senapan 5496c

7 Kamera dengan Desain Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Senapan!

Konsol Asal Jepang Yang Nggak Masuk Pasar Amerika A5c00

7 Konsol Game Asal Jepang Ini Gagal Tembus Pasar Amerika Serikat, Kalah Saing?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Produk Virtual Google yang Dipaksa Pensiun | Padahal Laku Keras!

10 Produk Virtual Google yang Dipaksa Pensiun | Padahal Laku Keras!

6 Fitur & Produk Baru yang Diluncurkan oleh Google, Bikin Hidup Makin Mudah!

6 Fitur & Produk Baru yang Diluncurkan oleh Google, Bikin Hidup Makin Mudah!

7 Produk Google Paling Sukses Saat Ini | Gak Ada yang Bisa Ngalahin!

7 Produk Google Paling Sukses Saat Ini | Gak Ada yang Bisa Ngalahin!

7 Kasus Hukum yang Pernah Menjerat Google, No. 3 Sampai Dituntut Triliunan!

7 Kasus Hukum yang Pernah Menjerat Google, No. 3 Sampai Dituntut Triliunan!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal