J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Hacker Zaman Dulu yang Super Jenius | Pendiri Apple Ternyata Hacker!

8 Hacker Zaman Dulu yang Super Jenius | Pendiri Apple Ternyata Hacker!

Minggu, 28 Jul 2019, 12:00 WIB
Kata siapa hacker baru ada di zaman yang serba canggih ini saja? Buktinya 8 hacker zaman dulu ini punya kemampuan yang nggak kalah jenius lho!

Di zaman serba teknologi ini rasanya sudah nggak aneh kalau banyak hacker baru bermunculan yang mengambil keuntungan dari kecanggihan yang ada saat ini.

Tapi ternyata, sebelum teknologi secanggih seperti sekarang ini, keberadaan hacker juga rupanya sudah ada sejak zaman dahulu lho, geng.

Bagi sebagian orang mungkin hal ini terdengar hoax mengingat di zaman dahulu keberadaan teknologi seperti PC atau HP saja masih sangat minim.

Masih nggak percaya? Kalau gitu simak saja artikel Jaka selengkapnya mengenai hacker zaman dulu yang nggak kalah jenius dengan hacker zaman now berikut ini.

Hacker Zaman Dulu yang Nggak Kalah Jenius

Meskipun keberadaanya ada di zaman yang mana teknologi belum secanggih seperti sekarang ini, tapi para hacker berikut ini nggak kalah jenius lho.

1. Nevil Maskelyne

Nevil Maskelyne Custom Cecf6

Nevil Maskelyne merupakan hacker pertama dalam sejarah yang melakukan aksi peretasan di tahun 1903 silam, geng.

Hal yang menakjubkan adalah Nevil meretas telegraf nirkabel yang bahkan belum dijual ke pasaran.

Kala itu Guglielmo Marconi yang merupakan pembuat dari telegraf nirkabel ini sedang mendemonstrasikan perangkat buatannya ke publik yang diklaim sebagai alat komunikasi paling aman dan privat.

Namun ketika demonstrasi tengah berjalan, telegraf nirkabel tersebut secara tiba-tiba menerima pesan berbunyi "Rats" atau pengerat serta pantun jenaka yang mempermalukan Marconi di depan publik.

2. Rene Carmille

Rene Carmille Custom B71da

Rene Carmille merupakan seorang anggota perlawanan terhadap Nazi di Perancis yang berkat aksi pertesanannya dia berhasil menyelamatkan ribuan nyawa Yahudi.

Carmille sendiri adalah ahli komputer punch-card sekaligus pemilik mesin yang digunakan oleh pemerintah Perancis untuk memperoleh informasi.

Mengetahui bahwa Nazi mengambil alih mesin tersebut untuk melacak orang Yahudi, dia secara sukarela memberikan mesinnya tersebut.

Tidak lantas memberikannya begitu saja, Carmille meretas terlebih dahulu mesinnya tersebut sehingga Nazi tidak akan menemukan label Yahudi pada file informasi data pribadi masyarakat Perancis.

Namun, hal tersebut rupanya disdari oleh kelompok Nazi yang akhirnya membunuh Carmille pada 1944.

3. David Condon

David Condon Custom 1 Af14a

Sumber foto: listverse

Pada tahun '60-an dan '70-an, banyak orang yang mencoba meretas ke dalam jaringan telepon yang menyebut dirinya sebagai "phone phreak".

Mereka menyadari kalau hanya dengan memutar suara yang tepat ke telepon, maka mereka dapat terhubung ke bagian jaringan telepon mana pun sehingga dapat membuat panggilan telepon gratis.

Hingga akhirnya pada 1955, David Condon menjadi orang pertama yang berhasil meretas jaringan telepon untuk membuat panggilan gratis.

Dia melakukannya dengan menggunakan peluit Davy Crockett dan Canary Bird dalam panggilan teleponnya. Suara ini pun kemudian diidentifikasi oleh jaringan sebagai pesan rahasia.

4. Joybubbles

Joybubbles Custom C6556

David Condon memang menjadi orang pertama yang berhasil meretas jaringan telepon sehingga dirinya bisa bebas membuat panggilan dengan gratis, geng.

Tapi ternyata ada hacker lain yang bisa melakukan hal serupa, dialah Joe Engressia atau dikenal dengan julukan Joybubbles.

Jika, David masih memerlukan alat bantuan untuk menghasilkan suara khusus tersebut, maka Joybubbles hanya perlu menyiulkan nada menggunakan mulutnya sendiri, geng.

Alhasil, dirinya bisa membuat panggilan apapun secara gratis bahkan ke interlokal.

Dengan kemampuan yang dimilikinya ini, Joy seringkali memasang tarif bagi siapapun yang meminta tolong untuk melakukan panggilan telepon gratis.

Hacker Zaman Dulu Lainnya...

5. Allan Scherr

Allan Scherr Custom 2c8b6

Jika kamu penasaran siapa hacker pertama yang berhasil meretas password pada komputer, maka Allan Scherr lah jawabannya, geng.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) memiliki beberapa perangkat komputer yang bisa digunakan oleh mahasiswanya secara bergantian menggunakan akun mereka dengan batas waktu empat jam sehari.

Dengan tujuan untuk melindungi privasi akun para mahasiswanya, pada tahun 1965 MIT menjadi pelopor pertama yang berhasil menciptakan password pada komputer.

Allan Scher yang merupakan mahasiswa di kampus tersebut merasa tidak cukup dengan durasi waktu penggunaan komputer yang sudah ditetapkan.

Akhirnya dia membuat punch-card (kartu IBM) untuk menyalin semua password dan kemudian menggunakannya untuk login sebagai orang lain setiap kali durasi waktunya habis, geng.

6. Ray Tomlinson Dan Bob Thomas

Ray Tomlinson Dan Bob Thomas Custom 98be2

Sumber foto: listverse

Beredarnya sejumlah virus di internet yang seringkali kamu temukan saat ini ternyata pertama kali dipelopori oleh Ray Tomlinson, geng.

Ray yang juga dikenal sebagai penemu e-mail, diketahui menjadi orang pertama yang berhasil mengirimkan virus melalui e-mail.

Sementara, Bob Thomas yang merupakan teman dari Ray adalah orang di balik terciptanya virus ini, geng.

Awalnya, virus yang diberi nama Creeper ini merupakan virus tidak berbahaya yang hanya akan menampilkan pesan singkat di monitor pengguna dan akan secara otomatis terhapus ketika pesan tersebut hilang.

Namun, Tomlinson memodifikasinya sehingga virus ini nantinya tidak dapat hilang dengan sendirinya dan justru akan membuat komputer korbannya berhenti bekerja.

Dengan begitu, setiap kali pengguna mendapatkan virus ini lewat email, maka virus ini akan bekerja sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh pembuatnya atau yang dikenal dengan istilah serangan phishing, geng.

7. Steve Jobs Dan Steve Wozniak

Steve Jobs Dan Steve Wozniak Custom 7746c

Sebelum meraih popularitasnya lewat perusahaan teknologi Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak rupanya merupakan seorang hacker lho, geng.

Awalnya Wozniak belajar mengenai bagaimana cara meretas sistem jaringan telepon hingga akhirnya dia berhasil membuat sebuah perangkat bernama Blue Box yang dirancang untuk memudahkan siapapun ketika meretas.

Alat ini mampu menghasilkan nada yang bisa digunakan untuk meretas jaringan telepon agar bisa membuat panggilan gratis.

Dengan begitu orang biasa yang tidak memiliki kemampuan seperti Joybubbles pun tetap bisa menelpon dengan gratis.

Ketika Wozniak memberi tahu Jobs mengenai alat yang dibuatnya tersebut, Jobs menyadari kalau alat itu bisa mendatangkan uang bagi mereka.

Akhirnya mereka memproduksi Blue Box secara masal dan menjualnya ke teman sekelas, di mana Jobs bertanggung jawab atas teknologi tersebut dan Wozniak bertanggung jawab atas penjualan, geng.

8. John Walker

John Walker Custom A4092

Sumber foto: listverse

John Walker merupakan orang pertama yang berhasil mengelabui orang untuk menginstall virus di komputer mereka.

Hal itu bermula dari game berjudul Animal buatannya yang menarik perhatian teman-teman Walker sehingga banyak dari mereka yang meminta salinan game tersebut.

Karena merasa hal tersebut memerlukan waktu yang lama, akhirnya Walker memodifikasi game buatannya itu.

Nantinya ketika dimainkan dalam sebuah komputer, game ini mampu menyalin dengan dirinya sendiri ke setiap direktori pengguna lain yang memasukkan pita magnetik ke komputer tersebut, geng.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 8 hacker zaman dulu yang nggak kalah jenius dengan hacker di zaman sekarang, geng.

Meskipun teknologi dulu belum secanggih sekarang, tapi hal itu nggak lantas membatasi kreativitas mereka, geng.

Baca juga artikel seputar Hacker atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Apa Itu Phishing 449de

Apa Itu Phishing dan Tips untuk Menghindarinya | Nggak Akan Ketipu Lagi!

Aplikasi Hacker Android Terbaik 2020 Banner 01 F097e

15 Aplikasi Hacker Android Terbaik 2020, Sering Digunakan Hacker!

Rekomendasi Monitor Gaming 4k Hdr Terbaik Banner 682fc 8f9fe

Rekomendasi Monitor Gaming 4K HDR Terbaik (2019) - BenQ EW3270U 4K Monitor

Ciri Kecanduan Game Online 08243

8 Ciri-Ciri Penyakit Kecanduan Game Online, Apakah Kamu Termasuk?

Website Download Font Banner 5d0a3

10 Website Download Font Terbaik dan Gratis, Bisa Buat Logo!

Bahaya Aplikasi Faceapp Banner 8e133

Bahaya FaceApp, Aplikasi Wajah Tua yang Tengah Viral | Benarkah Ada Pencurian Data?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Fakta Mengerikan yang Dibongkar Oleh Hacker, No.6 Gak Masuk Akal?

7 Fakta Mengerikan yang Dibongkar Oleh Hacker, No.6 Gak Masuk Akal?

5 Bos Perusahaan Teknologi yang Pernah Kena Hack | Mark Zuckerberg Paling Parah!

5 Bos Perusahaan Teknologi yang Pernah Kena Hack | Mark Zuckerberg Paling Parah!

7 Perusahaan Teknologi Raksasa yang Kena Hack | No. 5 Perusahaan Indonesia!

7 Perusahaan Teknologi Raksasa yang Kena Hack | No. 5 Perusahaan Indonesia!

Ciri-Ciri Hacker Gadungan yang Bikin Kesel, Padahal Modal Copas!

Ciri-Ciri Hacker Gadungan yang Bikin Kesel, Padahal Modal Copas!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal