J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Fakta Menarik Seputar DuckDuckGo, Pesaing Berat Google di Masa Depan?

              5 Fakta Menarik Seputar DuckDuckGo, Pesaing Berat Google di Masa Depan?

              00
              Minggu, 14 Jul 2019, 20:00 WIB
              Dibekali dengan berbagai fitur yang mengunggulkan soal keamanan penggunanya, berikut adalah fakta-fakta menarik seputar DuckDuckGo.

              Tak bisa dipungkiri lagi kalau dari sekian banyak mesin pencari yang hadir di tengah masyarakat saat ini, Google merupakan salah satu yang paling populer dan banyak dipilih oleh pengguna internet.

              Setelah sebelumnya Google sempat terancam dengan sistem operasi Hongmeng milik Huawei, kini Google sepertinya harus bersiap-siap kembali karena hadir mesin pencari baru bernama DuckDuckGo yang konon katanya lebih aman.

              Dengan segala kelebihan yang ditawarkan DuckDuckGo kepada penggunanya, maka besar kemungkinan jika mesin pencari ini bakal menjadi pesaing berat Google di masa depan, geng.

              Sebenarnya apa, sih, yang membuat situs pencari yang satu ini berpotensi menjadi pesaing berat Google? Yuk, simak artikel selengkapnya mengenai fakta menarik seputar DuckDuckGo berikut ini.

              Apa Itu DuckDuckGo?

              Duckduck Go 9b3dd

              Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang belum mengenal dengan DuckDuckGo, ya, geng?

              DuckDuckGo atau DDG adalah mesin pencari internet yang menggunakan informasi dari berbagai sumber, seperti Wikipedia, Yandex, Yahoo, Bing, dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasilnya.

              Pada dasarnya, DuckDuckGo adalah sebuah mesin pencari pada umumnya seperti Google, hanya saja lebih berfokus ke masalah privasi pengguna, geng.

              Mesin pencari DuckDuckGo sendiri diciptakan oleh seorang pria bernama Gabriel Weinberg dan resmi diluncurkan pada 25 September 2008 lalu.

              Menariknya, sejak pertama kali diluncurkan hingga sekarang ini, pertumbuhan DDG tergolong stabil lho, geng.

              Hal itu terbukti ketika DDG mampu meraih total pencarian harian rata-rata sebanyak 79.000 pada 2010 dan meningkat menjadi 38.8 juta dan hingga kini meraih 31 miliar pada Juni 2019.

              Fakta Menarik Mesin Pencari DuckDuckGo

              Dengan total pencarian rata-rata yang meningkat begitu stabil, sebenarnya apa, sih, yang membuat mesin pencari satu ini mampu menarik minat penggunanya?

              Berikut adalah fakta menarik seputar mesin pencari DuckDuckGo yang berpotensi menjadi pesaing berat Google di masa depan, geng.

              1. Melindungi Privasi Pengguna Secara Ketat

              Duckduckgo Tidak Menyimpan Ip Pengguna 6fc52

              Privasi pengguna merupakan salah satu hal yang seharusnya sangat dijaga oleh perusahaan teknologi saat ini.

              Namun, kenyataannya banyak perusahaan teknologi di luar sana yang nggak mampu menjaga data pribadi penggunanya dengan aman, geng.

              Bahkan, perusahaan teknologi raksasa sekelas Facebook saja pernah menjual data-data penggunanya ke pihak tak bertanggung jawab.

              Seolah hadir dengan membawa solusi keamanan bagi pengguna internet, DuckDuckGo mengklaim bahwa mereka tidak akan pernah menyimpan alamat IP dan data-data pribadi para penggunanya, geng.

              Nggak cuma itu saja, DuckDuckGo juga kabarnya menggunakan metode untuk mencegah kebocoran pencarian sehingga situs yang kamu kunjungi tidak akan terlacak, geng.

              Sayangnya, dengan adanya fitur keamanan tersebut kamu jadi nggak bisa melihat riwayat pencarian seperti yang disediakan di mesin pencarian lainnya.

              2. DuckDuckGo Tidak Sengaja Diciptakan

              Duckduckgo Tidak Sengaja Diciptakan 347a7

              Jika biasanya sebuah penemuan terjadi atas dasar kesengajaan yang sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang, maka hal tersebut nggak berlaku untuk DuckDuckGo, geng.

              Weinberg awalnya tidak sedang berencana membangun sebuah mesin pencari melainkan sedang mengeksplorasi beberapa ide baru dan berfokus pada struktur data, Quora - situs Q&A, dan pemrograman untuk mengatasi spam.

              Dari situlah DuckDuckGo akhirnya lahir sebagai sebuah mesin pencari yang memberikan jawaban langsung dari setiap pertanyaan orang-orang, geng.

              3. Punya Fitur Tersembunyi

              Duckduckgo Memiliki Fitur Tersembunyi 599fa

              Fakta menarik selanjutnya mengenai mesin pencari DuckDuckGo ini adalah hadirnya beberapa fitur tersembunyi yang cukup menarik, geng.

              Salah satu yang paling menarik adalah fitur perintah yang disebut dengan istilah "!Bang" yang memberikan pengguna kemampuan untuk mengarahkan pencarian ke situs-situs tertentu.

              Seperti misalnya kamu mengetik "!a" pada kolom pencarian mesin pencari DuckDuckGo, maka kamu akan dibawa ke halaman situs Amazon.

              Sementara, kalau kamu mengetik perintah "!yt", maka DuckDuckGo akan membawa kamu ke halaman situs streaming video, YouTube, geng. Menarik, kan?

              Selain fitur perintah "!Bang", ada juga fitur tersembunyi lainnya yang nggak kalah keren lho, geng.

              Fitur tersebut adalah fitur stopwatch yang akan secara otomatis muncul ketika kamu mengetikkan kata "stopwatch" di kolom pencarian mesin pencari DuckDuckGo.

              4. Bisa Mengecek Apakah Situs Sedang Down

              Bisa Mengecek Apakah Website Down 82406

              Ketika kamu tidak bisa mengakses sebuah website tertentu, mungkin kamu akan bertanya-tanya apakah web tersebut sedang down atau justru gadget kamu yang bermasalah.

              Menariknya hal tersebut bisa kamu cari tahu dengan mudah lewat mesin pencari DuckDuckGo ini, geng.

              Untuk melakukan hal itu, caranya kamu hanya perlu mengetikkan keyword seperti "is JalanTikus.com down" di kolom pencarian DuckDuckGo.

              Nah, dengan begitu kamu juga bisa cek apakah situs populer seperti Instagram cs sedang down atau tidak, geng.

              5. Menawarkan Apa yang Google Tidak Bisa Lakukan

              Menawarkan Apa Yang Google Tidak Bisa Lakukan 9052b

              Nggak mengherankan jika banyak orang yang menganggap kalau mesin pencari DuckDuckGo ini berpotensi menyaingi Google di masa depan, geng.

              Soalnya selain unggul dalam hal keamanan pengguna, DuckDuckGo juga menawarkan banyak sekali fitur-fitur menarik yang bahkan nggak ada dan nggak bisa dilakukan oleh Google.

              Oleh karena itulah akhirnya banyak anggapan jika DuckDuckGo memang benar-benar mampu menyaingi mesin pencari populer, Google.

              Akhir Kata

              Itulah tadi fakta menarik seputar mesin pencari DukcDuckGo yang kabarnya berpotensi menjadi pesaing berat Google di masa depan, geng.

              Menurut kamu, dengan segala kelebihan dan pencapaian yang sudah diraih DuckDuckGo hingga saat ini, bisa nggak, sih, kalau mesin pencari ini menyaingi Google? Tulis jawabannya di kolom komentar bawah, ya!

              Baca juga artikel seputar DuckDuckGo atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal