J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Fakta Seputar Sistem Operasi Hongmeng Besutan Huawei, Bisakah Menggantikan Android?

              7 Fakta Seputar Sistem Operasi Hongmeng Besutan Huawei, Bisakah Menggantikan Android?

              00
              Senin, 24 Jun 2019, 10:00 WIB
              Seperti apakah nanti sistem operasi HongMeng yang akan menggantikan Android di smartphone besutan Huawei? Simak fakta-fakta mengenai calon pengganti Android dalam artikel berikut.

              Pada bulan Maret 2019 kemarin, sempat viral berita mengenai Amerika Serikat yang melarang perusahaan-perusahaan teknologi dalam negeri untuk bekerja sama dengan Huawei.

              Hal ini lantaran terjadi karena Amerika Serikat mencurigai bahwa Huawei mencuri rahasia dagang, memata-matai, dan melakukan penipuan terhadap negara tersebut.

              Huawei menyangkal tuduhan tersebut dan menganggap bahwa ini merupakan salah satu usaha US untuk menghentikan dominasi produk China di negaranya.

              Meskipun demikian, beberapa perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat, termasuk Google, menghentikan kerjasamanya dengan Huawei dengan mencabut lisensi Android milik Huawei.

              Lantas, bagaimanakah nasib Huawei selanjutnya?

              Fakta Seputar Sistem Operasi Hongmeng

              Pemblokiran ini tentu berdampak sangat besar terhadap Huawei, geng. Bagaimana tidak, Huawei merupakan brand smartphone dengan penjualan tertinggi di US setelah iPhone dan Samsung.

              Pastinya orang-orang juga akhirnya mikir dua kali untuk beli produk Huawei. Orang yang baru membeli smartphone Huawei P30 Pro juga pastinya akan merasa dirugikan dengan keputusan ini.

              Untuk mengatasi hal tersebut, Richard Yu, CEO Bisnis Konsumen Huawei mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan sistem operasi baru sebagai upaya terakhir apabila Huawei tidak diperkenankan menggunakan Android.

              Huawei menamai sistem operasi yang mereka kembangkan sebagai Hongmeng OS. Penasaran mengenai fakta-fakta seputar sistem operasi Hongmeng milik Huawei? Simak penjelasan Jaka ya, geng.

              1. Telah Dikembangkan Sejak 2012

              Fakta Seputar HongMeng 1 1de4b

              Tahukah kamu bahwa sistem operasi Hongmeng telah dikembangkan oleh Huawei semenjak tahun 2012?

              Pengembangan sistem operasi Hongmeng oleh Huawei berbarengan dengan keluarnya laporan kongres Amerika Serikat mengenai dugaan spionase oleh Huawei.

              Sebuah media bernama Huawei Central melaporkan berita pengembangan Hongmeng sejak tahun 2012 tersebut. Namun media tersebut tidak dapat memastikan apakah Hongmeng yang dimaksud adalah nama OS tersebut ataukah sekadar kode.

              Selain itu, Huawei Central juga menduga bahwa selama ini Huawei telah menyelipkan sistem operasi Hongmeng ini secara diam-diam dalam smartphone produksinya.

              2. Dipatenkan di Eropa dengan Nama Ark OS

              Fakta Seputar HongMeng 2 8afe8

              Ketika pertama kali mendengar nama Hongmeng, kalian pasti merasa aneh karena namanya terkesan tidak universal. Tapi jangan khawatir, geng. Huawei akan menggunakan merk dagang Ark untuk pasar Eropa dan luar negeri.

              Pemilihan nama Ark yang universal ini juga diharapkan mampu mendongkrak penjualan smartphone Huawei meskipun secara tidak langsung.

              3. Akan Segera Launching Pada Musim Gugur

              Fakta Seputar Hongmeng 3 Da89c

              Berdasarkan wawancara eksklusif Global Times (Media Berbahasa Mandarin milik Amerika Serikat) dengan Richard Yu, Hongmeng atau Ark OS kemungkinan akan dirilis paling cepat di musim gugur ini.

              Richard Yu memperkirakan sistem operasi ini akan dirilis paling cepat pada bulan September 2019 dan paling lambat di akhir bulan Mei 2020.

              Kita tunggu saja ya, geng.

              4. Belum Bisa Move On?

              Fakta Seputar Hongmeng 4 344f9

              Meskipun sudah dalam tahap mengembangkan sistem operasi buatan sendiri, nampaknya Huawei masih belum bisa move on dari sistem operasi Android besutan Google.

              Menurut laporan, saat ini Huawei masih berusaha keras untuk mendapatkan kembali izin menggunakan sistem operasi Android di smartphone produksinya.

              Huawei juga membidik Microsoft sebagai alternatif apabila Google tetap mencabut izin penggunaan Android.

              5. Dapat Digunakan di Berbagai Produk Gadget Huawei Lainnya

              Fakta Seputar Hongmeng 5 F467b

              Nggak seperti Apple dan Google yang memiliki sistem operasi berbeda untuk tiap produknya, Huawei menciptakan sistem operasi yang bisa disematkan di semua gadget produksinya.

              Apple menggunakan iOS untuk iPhone dan MacOS untuk Komputernya. Sedangkan Google menggunakan sistem operasi Android untuk smartphone dan Chrome OS untuk Chromebook-nya.

              Huawei sepertinya terinspirasi dari sistem operasi Windows yang bisa digunakan baik di smartphone maupun di desktop. Hmm.., bisa jadi, geng.

              6. Mengalami Kesulitan dalam Membangun Ekosistem

              Fakta Seputar Hongmeng 6 Abd9c

              Menurut Ren Zhengfei, founder dari Huawei, membuat sistem operasi sendiri bukanlah hal yang sulit. Kesulitan utama dari mengembangkan sistem operasi secara mandiri adalah membangun ekosistem.

              Ren Zhengfei menambahkan bahwa butuh bertahun-tahun lamanya untuk membangun kepercayaan dan keyakinan di antara para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi khusus sistem operasi Hongmeng.

              Selain itu, butuh waktu bertahun-tahun juga untuk membiasakan user menggunakan aplikasi yang didesain khusus untuk sistem operasi Hongmeng.

              Wah, sulit juga ya ternyata.

              7. App Store Huawei yang Sudah Tersedia

              Fakta Seputar Hongmeng 7 F04d6

              Lama sebelum Amerika Serikat memutuskan untuk memblokir jalur dagang dengan Huawei, ternyata Huawei sudah terlebih dahulu menyiapkan App Store khusus smartphone Huawei.

              Huawei AppGallery merupakan sebuah aplikasi toko aplikasi resmi dari Huawei yang dapat digunakan untuk men-download ratusan aplikasi Android.

              Huawei terus mendesak para pengembang aplikasi untuk menyesuaikan aplikasi buatan mereka dengan aplikasi Huawei AppGallery tersebut.

              Berdasarkan laporan Bloomberg, Huawei telah bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Eropa untuk membagi keuntungan yang didapat apabila smartphone produksi mereka di-install aplikasi bawaan dari AppGallery.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai fakta seputar sistem operasi Hongmeng buatan Huawei. Menurut kalian, apakah Huawei dengan sistem operasi Hongmeng sudah siap menggantikan Android milik Google?

              Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya, geng!

              Baca juga artikel seputar Android & iOS atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal