• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Game | FHD, 4K, atau 8K?

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Game | FHD, 4K, atau 8K?

Jumat, 21 Jun 2019, 20:00 WIB
Apakah kamu membutuhkan layar TV dengan resolusi tinggi? Simak penjelasan selengkapnya agar kamu tahu resolusi apa yang paling sesuai untukmu!

Saat main game, resolusi apa yang kamu gunakan?

Bermain game konsol perlu menggunakan TV yang mendukung. TV saat ini pun semakin berkembang dan memiliki teknologi canggih dengan resolusi layar yang semakin besar.

Resolusi layar menjadi patokan seberapa tajam gambar yang dihasilkan. Semakin besar resolusi layar, maka semakin detail gambar yang ditampilkan.

Namun, apakah kamu membutuhkan layar dengan resolusi besar? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Kamu

Resolusi layar merupakan jumlah pixel yang ada pada tiap dimensi layar. Biasanya diukur dalam lebar kali tinggi dengan satuan pixel.

Untuk kamu yang gemar nonton atau main game di TV, resolusi layar penting untuk diperhatikan. Semakin besar resolusi, maka semakin tajam hasil gambar pada layar.

Resolusi layar sendiri dibedakan menjadi berbagai jenis. Mulai dari CGA hingga 8K yang belakangan ini sedang ramai dibincangkan.

Tak hanya itu, rasio layar pun berbeda-beda. Aspek rasio layar yang banyak dipasarkan adalah 16:9 dan 4:3.

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Kamu Rasio Layar 9b96b

Rasio 4:3 merupakan bentuk layar yang hampir mengotak dan digunakan pada layar TV dan monitor klasik.

Sedangkan untuk rasio 16:9 lebih sering digunakan pada TV dan monitor terbaru. Tak jarang juga yang menggunakan rasio 16:10 untuk layar widescreen.

Tipe resolusi layar yang paling terkenal saat ini merupakan FHD, 4K, dan 8K. Lalu, manakah resolusi layar yang paling cocok untuk kamu?

Resolusi Full High Definition

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Kamu 1 97cac

Pertama adalah Full High Definition dengan resolusi 1080 pixel yang sudah umum ada pada layar TV atau monitor PC gaming.

Jenis resolusi layar satu ini sangat terkenal di zamannya dengan ketajaman yang cukup. Resolusi FHD memiliki rasio aspek layar lebar 16:9.

FHD juga sudah menjadi standar bagi sejumlah siaran televisi Indonesia dan internasional. Layar jenis ini sangat cocok untuk ukuran layar medium.

Apakah layar dengan resolusi FHD cocok untuk kebutuhan gaming?

Iya, jika kamu menggunakan jenis resolusi ini untuk kegiatan main game konsol atau menonton drama Korea, maka jenis layar dengan resolusi FHD cocok untuk kamu.

Untuk game sendiri, resolusi FHD memang masih jadi primadona. Karena meringankan kerja perangkat (PC atau konsol) untuk merender grafis, sehingga jumlah fps pun stabil.

Resolusi FHD ini sangat cocok jika kamu menggunakan layar berukuran 17 hingga 32 inci. Kualitas gambar tajam dan bisa diterima oleh mata.

Namun, jika kamu menggunakan jenis layar yang lebih lebar, gambar akan terasa sedikit buram dan ketajaman gambar akan berkurang.

Resolusi 4K

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Kamu 2 6464a

Berbeda dengan FHD, layar 4K memiliki resolusi 4000 pixel atau 4 kali lebih tajam dari FHD. Tipe resolusi ini pertama kali diperkenalkan pada 2003.

Namun, tipe resolusi ini belum begitu ramai pada pengenalannya. Tipe resolusi ini baru terkenal pada tahun 2010 saat YouTube mulai mendukung video 4K.

Resolusi ini menjadi primadona hingga saat ini dan selalu menjadi pilihan resolusi untuk perangkat high-end.

Sebut saja HP Sony tipe Xperia Z5 Premium yang mendukung layar 4K. Namun, tidak begitu laku di pasaran karena resolusi ini hanya bisa digunakan dalam keadaan tertentu.

Resolusi 4K bisa juga disebut dengan Ultra High Definition atau UHD. Ketajaman yang dihasilkan oleh layar dengan resolusi ini sangat impresif.

Walaupun kamu mendekati layar, gambar tidak terlihat begitu pecah. Berbeda dengan resolusi FHD yang akan memudar jika kamu melihat layar dari jarak yang sangat dekat.

Apakah kamu membutuhkan layar 4K?

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Kamu 4k 3f3c3

Film dan game saat ini sudah mulai mendukung resolusi layar 4K untuk pengalaman bermain yang lebih impresif dari segi grafis.

Jika kamu bermain game petualangan, maka resolusi layar 4K bisa jadi pilihan kamu. Dengan catatan, layar yang kamu gunakan cukup lebar.

Jika kamu menggunakan layar 15 atau 17 inci seperti pada laptop, maka layar 4K tidak jauh berbeda dengan FHD.

Namun, jika kamu menggunakan layar dengan ukuran 32 inci atau lebih, maka resolusi 4K baru terlihat berbeda dari segi detail dan tekstur gambar.

Tak hanya itu, TV dan monitor dengan resolusi 4K saat ini dijual dengan fitur HDR atau High Dynamic Range. Sehingga warna dan kecerahan yang dihasilkan oleh layar lebih baik.

Penggunaan resolusi besar hingga 4K juga memengaruhi kinerja kartu grafis konsol atau PC yang kamu gunakan.

Jadi, penting untuk menyesuaikan kapasitas perangkat jika kamu ingin menikmati grafis yang tajam dan detail.

Resolusi 8K

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Kamu 3 Bbf01

Terakhir adalah layar dengan resolusi 8K atau 8000 pixel. Layar jenis ini 4 kali lebih tajam dibandingkan dengan resolusi 4K.

Jika layar 4K saja sudah tajam, maka resolusi 8K ini bakal lebih tajam dan detail lagi. Kamu tidak akan menemukan gambar buram pada gambar.

Resolusi 8K pertama digunakan sebagai layar publik pada Winter Olympics dan FIFA World Cup 2014. Namun, belum ada layar TV atau monitor yang dijual secara publik saat ini.

Namun, diperkirakan layar TV dan monitor dengan resolusi 8K mulai hadir pada tahun 2019 atau 2020. Tentunya dijual dengan harga yang sangat mahal.

Apakah layar dengan resolusi 8K worth it?

Resolusi Layar Paling Cocok Untuk Kamu 8k Ef57e

Jaka sendiri tidak begitu yakin apakah 8K akan memberikan perbedaan signifikan dibandingkan dengan layar 4K jika digunakan pada TV berukuran 40 inci ke bawah.

Apalagi dengan adanya layar 4K yang sangat detail dan jernih walaupun kamu melihatnya dari jarak dekat.

Penggunaannya pada bidang game dan film pun belum sepenuhnya didukung. Video yang mendukung resolusi 8K pun masih tergolong langka.

Tentu, kegunaan layar dengan resolusi 8K tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari. Apalagi untuk nonton sinetron Indonesia.

Namun, jika layar ini digunakan jenis layar ini untuk kegiatan profesional seperti editing film, layar 8K bisa jadi pertimbangan.

Kamu tertarik untuk memiliki resolusi layar super tajam ini, geng?

Akhir Kata

Resolusi apapun yang kamu gunakan, pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari maka lebih cocok menggunakan resolusi FHD.

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Layar atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT
Hp Paling Tidak Gampang Rusak E7234

HP Paling Tidak Gampang Rusak dengan Spek Keren di Tahun 2019

Rekomendas Smartwatch Murah Realme Band Banner 8c9fc

16 Smartwatch Murah Terbaik di 2020, Harga Mulai Rp90 Ribuan!

Gadget Spesifikasi Aneh Banner Eb874

4 Gadget dengan Spesifikasi Lebay dan Aneh, Cuma Buat Cari Sensasi?

Tips Beli Hp Dengan Thr Banner Cdd81

6 Tips Beli HP Murah Berkualitas dengan Uang THR, Anti Tertipu!

Tips Mengenali Hp Ori Atau Kw Saat Beli Hp Secara Online 0dac8

4 Tips Mengenali HP Ori atau KW Saat Beli di Online | Anti Ketipu!

Wwdc Apple 2019 Banner B3ae0

Semua yang Baru dari Apple Pada Acara WWDC19, Mac Pro Baru Mirip Parutan Keju?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal